TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kiat Jitu Menghadapi Teman yang Ada Saat Butuhnya Saja

Saat aku butuh, kamu kemana?

Pixabay.com/Free-Photos

Karena sifat manusia sangat beragam, maka kamu juga pasti menemukan banyak karakter teman yang berbeda satu sama lain. Tak selalu baik, ada juga tipe teman yang ketika dibutuhkan menghilang, namun ketika membutuhkan bantuan orang ia tiba-tiba ‘nongol’ di hadapan. Meski awalnya tak terlalu berdampak, lama-lama kamu pasti merasa eneg juga memiliki tipe teman seperti ini.

Nah, berikut ini beberapa kiat sederhana bagaimana cara menghadapi tipe teman yang ‘ada saat butuhnya saja’.

1. Sibukkan dirimu dengan banyak aktivitas padat

Pixabay.com/sasint

Ketika kamu menemukan tipe teman yang hanya ada pas butuhnya saja, sibukkan diri dengan banyak kegiatan. Aktivitas yang padat akan membuatmu lebih sibuk dengan urusanmu sendiri. Saat kamu berjibaku dengan kegiatan utamamu, maka tipe teman yang ada pas butuhnya saja tentu saja akan segan meminta bantuanmu.

2. Jalin pertemanan dengan banyak orang selainnya

Pixabay.com/jarmoluk

Karena temanmu bukan hanya ‘tok’ dia saja, maka kamu perlu menjalin hubungan sosial dengan teman-teman yang lainnya. Ketika kamu sedang sibuk bersama teman-temanmu, tipe teman yang ‘ada pas butuhnya saja’ akan merasa sungkan meminta bantuanmu. Meski kamu tak menolak memberikan bantuan, tipe teman seperti ini akan berpikir ulang saat ingin mengutarakan keinginannya.

Baca Juga: Sering Jadi Korban Utang Teman-Teman? Belum Pakai 5 Cara Ini Sih! 

3. Lakukan tes kesetiaan dengan banyak meminta bantuannya

Pixabay.com/Free-Photos

Jika kamu sudah paham tentang karakter aslinya yang hanya ada pas sedang butuhnya saja, coba sesekali putarbalikkan keadaan. Kamu bisa melakukan tes kesetiaan dengan balik meminta bantuannya sering-sering. Jika ia selalu menyempatkan diri meluangkan waktu untuk menolongmu, maka kamu patut mempertahankan pertemanan dengannya. Namun, jika ia selalu menghindar ketika kamu membutuhkannya, lebih baik pikir-pikir lagi untuk memberikan bantuan kepadanya di lain hari.

4. Sesekali ‘menghilang’ saat ia membutuhkanmu

Pixabay.com/SnapwireSnaps

Agar tak menjadi kebiasaan, sesekali kamu perlu ‘menghilang’ ketika ia membutuhkan pertolonganmu. Kamu bisa mulai menghindari komunikasi di media sosial, nomor WA, ponsel dan lainnya. Tentu saja hal ini bukan berniat memutuskan tali silaturahim, namun hanya memberikan pelajaran kepadanya bahwa ia harus bisa mengandalkan kemampuannya sendiri tanpa bantuan orang lain.

Baca Juga: Kenapa Gak Mungkin? Ini 5 Tips Berteman Sama Mantan Tanpa Baper

Verified Writer

Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya