TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ini 5 Tanda Nyata Bahwa Kamu Alami Kekerasan Finansial oleh Pasangan!

Sadari sebelum terlambat!

pexels/Vera Arsic

Biasanya kita sudah merasa tak asing dengan kekerasan fisik dalam rumah tangga oleh pasangan. Namun kita masih saja asing dengan kekerasan finansial yang pasangan lakukan pada kita. Padahal hal ini juga sama-sama bentuk ketidakadilan yang tidak boleh dibiarkan.

Berikut 5 tanda kamu sedang mengalami kekerasan finansial oleh pasangan, mau tahu apa saja?

1. Memaksamu untuk berhenti dari pekerjaan

Pexels/Vera Arsic

Seorang suami sudah sepatutnya mau berjuang bersama dalam rumah tangga dan tidak membatasi impian sang istri. Mau suami bergaji besar atau tidak sepatutnya seorang suami tidak membatasi ruang gerak istrinya apalagi menyuruhnya berhenti kerja. Bisa saja seorang istri bekerja bukan semata-mata untuk mencari uang, tetapi untuk eksistensinya dalam karier.

Baca Juga: 6 Tanda Pacar Priamu Hanya Memanfaatkanmu Secara Finansial

2. Memberikan nominal uang yang terbatas untuk biaya bulanan

Pexels/Pixabay

Tanda lainnya kamu sedang mengalami kekerasan finansial oleh pasangan adalah dia memberikanmu uang belanja yang terbatas bahkan jumlahnya tidak mencukupi namun dia menuntutmu untuk memasak makanan enak.

Padahal jika seorang suami saja tidak mengerti kebutuhan dapur, harusnya dia tidak menuntut apapun untuk makan enak apalagi nominal uang yang dia berikan hanya sedikit.

3. Mesti memberikan laporan sekecil apapun uang yang dibelanjakan

Pexels/Acharaporn

Seorang suami yang melakukan kekerasan finansial kepada istri biasanya bertindak tidak adil. Dia akan menyuruhmu membuat laporan sekecil apapun uang yang kamu gunakan. Ini adalah tindakan yang semena-mena dan kamu tidak boleh diam saja.

Jika dia sebagai suami sudah perhitungan padamu, tentunya bukan gak mungkin hal kecil lainnya pun dia permasalahkan.

4. Keuangan rumah tangga diatur oleh dirinya saja

Pexels/Pixabay

Dia merasa kamu gak berhak mengatur keuangan rumah tangga karena dia merasa yang mencari nafkah adalah dirinya. Dia bertindak monopoli dan mengatur semuanya oleh dirinya sendiri tanpa melibatkan dirimu.

Kondisi ini jelas jika kamu sedang mengalami kekerasan finansial dan kamu gak boleh hanya diam saja. Karena jika dia sudah bersedia menikahimu, otomatis kamu pun menjadi tanggungan hidupnya dan keuangan mesti diatur bersama-sama.

Baca Juga: Pelaku Kekerasan di Korea Selatan Dilarang Nikahi Perempuan Asing

Verified Writer

Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya