TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Memperbaiki Hubungan Pertemanan Ketika Bertengkar

Bermusuhan itu gak boleh lebih dari 3 hari, lho~

popsugar.com

Dalam suatu hubungan gak akan pernah ada yang mulus-mulus saja, begitu pun dalam pertemanan. Pertengkaran, adu argumentasi, gak memiliki pemikiran yang senada pasti pernah dialami siapapun.

Di suatu sisi, kamu harus sadar bahwa bertengkar dan bermusuhan itu bukan hal yang baik. Oleh sebab itu, mulailah perbaiki kembali hubungan pertemanan kalian dengan menerapkan 5 tips ini.

1. Telusuri akar permasalahannya

hochyvseznat.ru

Dalam hati kecil kamu, pasti merasa canggung deh saat bertengkar itu, terlebih bertengkar sama teman yang bertemu setiap hari. Coba telusuri dulu penyebab kalian bertengkar itu apa. Jangan sampai gara-gara hal sepele kamu menjadi sangat marah dan gelap mata padanya.

Baca Juga: 5 Pertengkaran Antar Saudara Perempuan yang Membuatmu Makin Dewasa

2. Gak semua tentang diri teman kamu itu buruk kok

unsplash/Christian Fregnan

Coba deh kamu ingat-ingat lagi sisi lain dari teman kamu itu. Jangan sampai karena saking kesal dan bencinya, kamu membohongi diri sendiri, jika sebenarnya temanmu itu pernah melakukan kebaikan atau bahkan sangat berjasa dalam hidup kamu.

Kamu harus sadar bahwa semua orang pasti pernah melakukan kesalahan, termasuk kamu juga kan?

3. Bukalah hati untuk menerima kata 'maaf'

mercurynews.com

Kamu pasti tahu kan jika melakukan kesalahan harus meminta maaf? Begitupun sebaliknya, harus bisa memaafkan. Nah, maaf-memaafkan inipun harus kamu terapkan ya. Meskipun bukan kamu yang melakukan kesalahan, gak ada salahnya kok minta maaf duluan, gak usah gengsi.

4. Memutus silaturahmi itu bukan hal yang baik, lho

unsplash/Jenelle Hayes

Saat kecil kamu pasti pernah mendengar kata-kata "gak boleh musuhan lebih dari 3 hari", kayanya kata-kata ini harus kamu terapin deh. Sebisa mungkin, kamu harus menjalin kembali hubungan baik dengan siapapun, terlebih dengan teman kamu sendiri.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Perlu Tahu Lingkaran Pertemanan Orang yang Mendekatimu

Verified Writer

Ineu Nursetiawati

Menulis adalah bekerja untuk keabadian بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya