TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Biar Makin Mantap, Pertimbangkan 5 Hal Ini Dulu Sebelum Putus Cinta

Biar putusnya gak nyesal

Ilustrasi melamun. (Pexels.com/Chinmay Singh)

Siapa bilang hidup bahagia pasca putus itu mustahil? Justru saat putuslah kamu akan merasa kebahagiaan yang sesungguhnya karena kamu bebas menjadi orang yang diinginkan. Gak ada kekangan, apalagi larangan dari pihak mana pun. Percaya atau gak, putus cinta itu cuma masalah siap dan berani saja. 

Agar semakin mantap untuk putus cinta, pertimbangkan 5 hal ini dulu, yuk! Kalau sudah siap, tinggal laksanakan saja!

1. Kamu sudah yakin bisa hidup tanpa dia 

pexels.com/Wictor Cardoso

Ketika kamu yakin dia bukan sosok yang dicari, maka putus cinta tidak akan semenyakitkan itu. Awalnya mungkin terasa sakit karena kamu kehilangan sosok yang selama ini ada di dekatmu, tapi lama-kelamaan akan menjadi biasa saja. 

Lagipula, mempertahankan pun gak ada gunanya karena kamu tahu kalau hubunganmu akan berakhir dalam cepat maupun lambat. Kamu hanya perlu kesiapan dan keberanian saja untuk melakukannya.

2. Yakin bisa mendapatkan yang lebih baik daripada dia

pexels.com/Jake Ryan

Sebelum mengatakan putus, yakinkan dulu dirimu kalau kamu siap kehilangan dia. Juga yakinkan diri kalau kamu akan mendapatkan sosok yang jauh lebih baik. Dengan kepercayaan inilah, kamu akan semakin kuat untuk menjalani momen jomlo.

Dalam proses menjomlo, kamu bisa cari aktivitas menarik agar bisa lupa dengan status asmaramu saat ini. Bisa dengan hangout, traveling, atau menggeluti hobi. Apa pun itu supaya pikiranmu sibuk. 

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Batas Kedekatanmu dengan Mantan, Biar Gak CLBK!

3. Kamu mempunyai hal yang harus diprioritaskan daripada cinta 

pexels.com/Karolina Grabowska

Karier, misalnya, dimana kesempatan untuk berada di posisi itu gak datang dua kali. Sementara kesempatan untuk mencintai dan dicintai bisa datang kapan saja asal kamu mau membuka diri, bergaul dengan banyak orang, dan pastinya mau berubah menjadi yang terbaik versi diri sendiri.

Intinya, kamu harus tahu dulu apa yang mesti diprioritaskan supaya hari-harimu gak kosong begitu saja. Ketika kamu sibuk mengurusi hal yang menurutmu penting, kamu gak akan kepikiran sama namanya cinta. Jadi, kamu bisa bebas dari rasa sedih karena status jomlo.

4. Kamu perlu membereskan hubungan lain yang gak kalah penting

pexels.com/Karabo Lengwadi

Hal lain yang dimaksud di sini bisa berupa hubunganmu yang sempat renggang, baik itu dengan keluarga atau sahabat ketika kamu memutuskan untuk pacaran. Kamu boleh putus kalau merasa doi lah yang menjadi biang keladi atas jauhnya kamu dengan orang-orang tersayang.

Jika memang benar adanya, kamu pasti gak terlalu sedih apalagi menyesal. Justru bersyukur karena berakhirnya hubunganmu dan doi dapat mengembalikan orang-orang yang selama ini jauh. Lagipula kehilangan satu orang yang kamu cinta gak separah kehilangan banyak orang sekaligus.

Baca Juga: Bukan karena Diputusin, Ini 5 Alasan Kamu Sangat Membenci Mantan

Verified Writer

Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya