TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tanda Pasangan Berperilaku Negging, Mentalmu Diciutkan

Kamu menjadi seseorang yang kehilangan kepercayaan diri

ilustrasi pasangan (pexels.com/Hamann La)

Negging adalah bentuk manipulasi emosional saat seseorang memberi pujian kepada lawan bicaranya dengan tujuan untuk mengurangi tingkat kepercayaan diri. Dalam hal ini, pujian yang dilontarkan tidak benar-benar tulus, melainkan bermaksud menghina atau mengejek.

Dilansir halaman Marriage, berikut adalah tanda pasangan yang melakukan negging padamu. Mari simak agar kamu paham.

1. Pasangan melontarkan pertanyaan dengan kedok menghina

ilustrasi pasangan (pexels.com/Vera Arsic)

Jika tidak teliti, kamu mungkin tidak akan menyadari hal ini. Beberapa orang kerap meremehkan orang lain melalui pertanyaan yang mereka lontarkan. Sekilas terdengar sebagai pertanyaan biasa, tetapi secara tidak langsung sebenarnya mereka sedang mengejek.

Misalnya, kamu berhasil membuat masakan enak. Lalu, pasanganmu bertanya, siapa yang membantumu memasak, atau di mana sebenarnya kamu membeli makanan tersebut. Ini jelas menandakan bahwa dia meragukan kemampuanmu.

2. Jika kamu menyadarinya, dia lalu mengaku sedang bercanda

ilustrasi pasangan sedang mengobrol (pixabay.com/Sasint)

Saat kamu mengetahui bahwa sebenarnya pasanganmu sedang memberikan ejekan, dia akan beralasan bahwa ia hanya bercanda. Hal ini sengaja dilakukan agar kamu tidak keberatan dengan ucapannya dan merasa enggan untuk marah.

Apakah pasanganmu pernah melakukan hal tersebut? Ini adalah bentuk manipulasi yang harusnya kamu sadari. Jika terus dibiarkan, ini akan berdampak buruk pada kondisi psikologimu.

Baca Juga: 10 Tanda Pasangan Menganggapmu Sosok yang Istimewa, Cepat Dicek!

3. Saat bersamanya, kamu sering menyesal karena telah menyuarakan pendapatmu

ilustrasi pasangan sedang adu argumen (pexels.com/Keira Burton)

Salah satu ciri pasangan yang berperilaku negging adalah dia tidak akan memberimu ruang untuk berpendapat. Saat kamu mengutarakan pendapat, dia akan berusaha membuatmu seolah-olah telah melakukan kesalahan. Apapun opini yang kamu sampaikan akan berujung pada penyangkalan.

Tindakan manipulatif ini akan membuatmu mempertanyakan kebenaran dari ucapanmu sendiri. Mungkin, kamu akan merasa enggan berbicara karena takut disalahkan terus-menerus.

4. Pasangan lebih sering membicarakan dirinya sendiri

ilustrasi berbicara (pexels.com/Mentatdgt)

Jika pasanganmu terus membicarakan dirinya sendiri, bahkan menjelekkan orang lain agar membuat dirinya terlihat lebih baik, ini adalah salah satu perilaku negging. Saat bertemu, dia akan terus membicarakan dirinya sendiri, tanpa mempedulikan urusanmu.

Mungkin kamu akan berpikir bahwa dia adalah seseorang yang sangat terbuka. Tetapi, pada kenyataannya dia hanya tertarik pada diri sendiri dan selalu mengabaikan orang lain. Pasanganmu mungkin akan beralasan bahwa dia ingin kamu dapat mengambil pelajaran dari hidupnya, tetapi hal ini tidaklah benar.

Baca Juga: 5 Tanda Pasangan Tak Hargai Privasi, Hobi Kepoin Medsos-mu!

Verified Writer

Lula Lula

you can reach me on my IG @lulumaryamah23

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya