TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal yang Membuat Seseorang Enteng Saja Berselingkuh

#IDNTimesLife Apa pun sebabnya, lukanya tetap sama

Ilustrasi pasangan mesra (unsplash.com/holliver)

Kamu pasti merasa heran sekaligus gemas bila mengetahui ada orang yang seperti gak pernah kapok berselingkuh. Tega menyakiti perasaan pasangan resminya berkali-kali demi orang lain yang gak lebih baik darinya.

Bukan cuma pasangan resminya yang terluka. Bila sudah ada anak, tentu mereka juga ikut menanggung rasa sakit dan malu memiliki orangtua yang gemar berselingkuh. Kira-kira kenapa ya, ada orang yang separah ini kelakuannya? Berikut penjelasannya untukmu.

1. Memang gak bisa menghargai perasaan pasangan

Unsplash.com/timonrets

Hati-hati bila kamu didekati orang yang perasaannya seperti kurang peka. Dia kurang bisa membayangkan dirinya berada di posisi orang lain. Tipe begini akan lebih mudah melakukan hal-hal yang menyakiti orang lain.

Termasuk pada pasangan, salah satunya dengan berselingkuh. Dia mungkin tahu karena diberi tahu langsung oleh pasangannya bawa hatinya sangat sakit mengetahui perselingkuhan itu. Akan tetapi karena dia sendiri gak bisa berempati, dia akan bersikap masa bodoh dan tetap saja berselingkuh.

2. Merasa dirinya layak mendapatkan lebih banyak kesenangan

Unsplash.com/brenndencolbert

Mungkin dia punya banyak uang sehingga merasa bisa membeli apa pun, tak terkecuali cinta sesaat. Mungkin dia merasa sudah terlalu lelah membanting tulang untuk keluarga sehingga layak menghibur diri.

Menghibur diri tentu kebutuhan semua orang. Hanya saja, seharusnya dilakukan dengan cara-cara yang baik. Bukan malah merugikan atau menyakiti orang lain. Apalagi menyakiti pasangan sendiri yang telah setia mendampingi dalam senang maupun susah.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan saat Melihat Pacar Temanmu Selingkuh

3. Terlalu merasa dirinya mengagumkan

Unsplash.com/zinco

Kepercayaan dirinya berlebihan sehingga berbahaya. Dia merasa semua mata tertuju padanya dan dirinya layak dicintai semua orang. Sampai-sampai dia sering gak sadar bila yang mendekatinya dan mau menjadi selingkuhannya tak lebih dari orang-orang yang hanya ingin memanfaatkannya.

Dia terbuai oleh rasa senang dikagumi oleh siapa pun, terutama lawan jenis. Dia rela merogoh kocek lebih dalam demi menjaga kekaguman orang-orang padanya. Kadang-kadang, ia akhirnya sadar hanya dimanfaatkan orang. Namun sukar berhenti karena di sisi lain, itu memberinya kepuasan.

4. Dendam pada pasangan yang terlebih dahulu berselingkuh

Unsplash.com/spanic

Didorong oleh rasa sangat marah dan tersakiti, beberapa orang bisa nekat membalas dengan cara yang sama. Diselingkuhi pasangan, ya ganti berselingkuh. Niatnya cuma satu, biar pasangannya paham benar seperti apa rasa sakit akibat dikhianati.

Namun karena perselingkuhan ini hanya didorong oleh emosi, saat kemarahannya telah reda, biasanya dia akan menyesal. Barangkali bukan menyesal karena telah ganti melukai hati pasangannya, tetapi lebih pada menyesali kebobrokan dirinya sendiri.

Dia tahu itu perbuatan yang buruk dan gak layak dilakukan apa pun alasannya. Bahkan dia sebenarnya sudah merasa tertekan saat berselingkuh. Bukannya bahagia, dia malah hanya akan makin menderita setelah berselingkuh. Apalagi bila pasangan resminya bersikap gak peduli.

Baca Juga: 5 Sifat yang Hanya Dimiliki oleh Tukang Selingkuh, Kenali Tandanya!

Verified Writer

Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya