TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Menghormati Perbedaan Karakter dalam Hubungan, Bikin Tenang

Jangan berantem terus

pexels.com/Darwis Alwan

Tidak ada pasangan yang sempurna ketika menjalin hubungan. Setiap kekurangan dan perbedaan karakter pasti selalu ada. Adanya perbedaan karakter dalam hubungan sering kali menimbulkan berbagai macam masalah hingga pertengkaran. 

Oleh karena itu, penting untukmu menghormati setiap perbedaan yang ada dalam hubungan. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menerima perbedaan antara kamu dan pasanganmu, seperti beberapa cara di bawah ini. 

1. Menerima segala bentuk kekurangan diri pasangan

unsplash.com/Andrik Langfield

Setiap orang pasti memiliki kekurangannya masing-masing. Dari kekurangan tersebutlah timbul perbedaan antara kamu dan pasanganmu. 

Agar tidak banyak masalah yang timbul akibat banyaknya perbedaan, penting bagimu untuk menerima kekurangan dan kelebihan dalam diri pasangan. Ketika kamu bisa menerima kekurangan, bererti kamu juga bisa menerima segala masalah yang nantinya akan timbul dalam hubungan. 

2. Selalu bersikap positif di setiap langkahmu

pexels.com/Emma Bauso

Daripada memikirkan perbedaan yang banyak dalam hubungan, akan lebih baik jika kamu memikirkan hal lain yang lebih positif. Anggaplah setiap perbedaan yang ada adalah sebuah kelebihan dalam hubungan. 

Kamu bisa melengkapi perbedaan tersebut dengan saling mencintai dan menyayangi satu sama lain. Hal tersebut jauh lebih indah dan bahagia daripada saling kesal karena perbedaan yang hadir. 

Baca Juga: Hindari! Ini 5 Polemik yang Bikin Hubungan Rusak di 1 Tahun Hubungan

3. Menerima segala bentuk masukan dari pasangan

pexels.com/Ajay Donga

Adanya perbedaan, bukan berarti kamu merasa dirimu paling unggul dan menolak segala masukan dari pasanganmu. Sebaliknya, dengan adanya perbedaan jadilah sosok yang bisa toleransi akan banyaknya perbedaan yang ada.

Terimalah segala bentuk masukan dari pasanganmu. Hargai dirinya dan apresiasi masukan yang dia berikan padamu, sebab seseorang yang bisa memberikan masukan pada dirimu adalah sosok yang sangat peduli akan hidupmu. Dengan hal itu, mestinya kamu bersyukur memiliki pasangan seperti dirinya. 

4. Menghargai pendapat saat ada selisih paham

pexels.com/Andre Furtado

Tidak hanya masukan saja yang harus kamu hargai, tapi pendapat yang dia berikan ketika mencari solusi hubungan harus kamu dengarkan dan hargai semuanya. Pendapatnya sangat berharga bagi kelangsungan hubunganmu, sebab hubungan yang dijalani adalah tentang dua orang, bukan hanya ada kamu saja. 

Baca Juga: 5 Ciri Komunikasimu Sudah Berlebihan dalam Hubungan, Stop Deh!

Verified Writer

P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya