TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Jangan Dibawa Tegang saat Main Game Bareng Teman

Bisa timbul pertengkaran, lho!

ilustrasi bermain game (pexels.com/jeshoots.com)

Kebiasaan orang saat bermain game bareng teman memang beda-beda. Ada yang menganggapnya sebatas bersenang-senang, tetapi banyak pula yang terbawa suasana karena terlalu tegang. Sebenarnya momen seperti ini sebaiknya bisa kamu manfaatkan untuk mempererat persahabatan.

Kumpul bersama jadi makin asyik ketika main game, tetapi tidak perlu serius atau terbawa suasana, ya, apalagi timbul marah. Ingin tahu alasannya? Simak alasan jangan dibawa tegang saat main game bareng teman.

 

1. Bisa menimbulkan pertengkaran

ilustrasi bertengkar (pexels.com/keiraburton)

Kadang saking seriusnya main game bareng teman, orang bisa saja terbawa suasana hingga bisa menimbulkan pertengkaran. Saat main game online, misalnya, kadang dari awalnya meledek bisa berujung emosi dan marah-marah yang berlebihan. Hal ini sebisa mungkin harus dikontrol karena bisa saja merusak pertemanan yang selama ini terjalin.

Banyak ruginya jika bertengkar hanya karena bermain game, lho. Persahabatan yang seharusnya bisa terjalin harmonis bisa saja hancur. Sayang jika harus kehilangan teman. Mencari teman yang asyik itu susah, lho.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Persahabatan Tetap Awet, Jadilah Teman yang Baik!

2. Lupa waktu

ilustrasi jam tangan (pexels.com/erikmclean)

Bermain game bersama teman juga sering kali bikin orang lupa waktu. Bahkan, kita juga suka lupa kalau kita harus istirahat atau melakukan aktivitas lainnya. Banyak juga yang pada akhirnya memilih untuk bergadang karena belum merasa puas bermain game bersama.

Jangan dianggap terlalu serius, ya. Masih ada hari esok, lho. Asyik memang ngumpul bareng teman, tetapi perhatikan juga kesehatanmu. Main game sampai lupa waktu itu tidak bijak, lho.

3. Kadang ada yang baper

ilustrasi pria (pexels.com/alexandrpodvalny)

Ketika seseorang terlalu serius main game bareng, ada pula yang pada akhirnya terbawa perasaan, apalagi kalau melibatkan hinaan atau celaan. Belum lagi kalau ada banyak masalah, emosi bisa mudah sekali tersulut.

Untuk itu, main game perlu sewajarnya, ya. Tak perlu melibatkan kata-kata kotor dan celaan.

4. Kecanduan

ilustrasi bermain game (pexels.com/rodnaeproduction

Terlalu serius saat bermain game bareng juga bisa bikin kamu kecanduan. Pada akhirnya, kamu akan mengesampingkan aktivitas penting lainnya demi bermain game bareng teman. Bahkan, tak jarang pula kamu bangun kesiangan.

Kalau kamu atau temanmu adalah sosok yang sudah kecanduan game, ada baiknya buat batasan dalam diri. Kalau kamu terus menuruti kemauanmu, bukan tidak mungkin kamu akan terus kecanduan.

Baca Juga: 5 Risiko jika Enggan Menjalin Persahabatan dengan Pasangan

Verified Writer

Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya