Comscore Tracker

5 Risiko jika Enggan Menjalin Persahabatan dengan Pasangan

Sama pasangan sendiri, kok, serius sekali?

Banyak orang yang mengaku gak bisa menikmati hubungan yang dijalani. Seolah-olah semuanya begitu kaku dan gak ada harmonis ataupun sisi humorisnya. Meskipun saling mencintai, nyatanya kamu juga tetap perlu menjalin persahabatan dengan pasangan

Pasalnya, jika gak mau bersahabat dengan pasangan sendiri, rasa cinta pun akan hambar dan gak ada menarik-menariknya. Terlebih jika isinya hanya soal romantisasi belaka, siapa pun jelas akan cepat bosan. Belum lagi, lima risiko berikut harus siap kamu hadapi. 

1. Komunikasi jadi terbatas dan gak bebas

5 Risiko jika Enggan Menjalin Persahabatan dengan Pasanganilustrasi pasangan mengobrol (Pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOV

Tanpa persahabatan dalam sebuah hubungan asmara, komunikasi hanya akan berkisar soal hal yang itu-itu saja. Setiap hari mengungkapkan cinta juga akan membuat seseorang muak dan jengah.

Sementara, jika ada persahabatan di dalamnya, kalian bisa bebas membicarakan apa pun. Seperti ketika bersama dengan sahabat, kamu bisa menceritakan apa saja bahkan hal yang remeh dan gak mengandung manfaat. Semua dilakukan hanya karena kamu merasa nyaman untuk membicarakan segalanya. Pasti menyenangkan berada dalam hubungan semacam ini, kan? 

2. Susah bekerja sama dalam banyak hal

5 Risiko jika Enggan Menjalin Persahabatan dengan Pasanganilustrasi pasangan saling membantu (freepik.com/wayhomestudio)

Tanpa adanya rasa persahabatan antara kamu dan si dia, akan susah untuk melakukan kerja sama dalam bentuk apa pun. Misalnya, bagi yang sudah menikah, urusan membersihkan rumah, mengurus anak, menyiapkan makanan, semuanya jelas membutuhkan kerja sama.

Apa jadinya jika itu semua hilang? Pasti hubungan akan timpang sebelah. Alhasil, hanya ada satu pihak yang berjuang sendirian. Melakukan semuanya sendiri sementara kamu jelas-jelas sudah punya pasangan tentu akan membuat hati kesal. 

Baca Juga: 5 Bahasa Tubuh yang Bikin Pasangan Salah Paham, Bisa Picu Konflik

3. Gak saling memahami dan mengerti

5 Risiko jika Enggan Menjalin Persahabatan dengan Pasanganilustrasi kecewa pada pasangan (pexels.com/RODNAE Production

Cinta mungkin bisa membuat kamu bertahan dalam sebuah hubungan. Namun, tanpa adanya rasa persahabatan, keinginan untuk saling mengerti dan memahami jelas akan sangat minim. Apalagi jika yang dominan adalah keinginan untuk dihargai. 

Hubungan yang hanya berisi tentang keegoisan semacam ini pastinya sangat gak nyaman. Kamu jadi terus memberi tanpa pernah merasa menerima apa-apa, selain ungkapan cinta yang gak ada bentuknya. 

4. Gak mau jujur dan terbuka

5 Risiko jika Enggan Menjalin Persahabatan dengan Pasanganilustrasi pasangan curiga (pexels.com/Budgeron Bach)

Bersahabat dengan seseorang akan membuat kamu merasa bebas untuk mengungkapkan apa pun yang dirasakan. Kamu bisa jujur dan terbuka dengan seseorang yang dianggap sahabat. Namun, ketika pasangan bukanlah seseorang yang bisa dicap sebagai sahabat, bagaimana kamu bisa terbuka dengannya?

Alih-alih menceritakan banyak hal, kamu justru memilih untuk menyembunyikan berbagai cerita. Alhasil, hubungan jadi semakin renggang dan rentan terhadap konflik. 

5. Hubungan pun jadi kurang seru dan gak menyenangkan

5 Risiko jika Enggan Menjalin Persahabatan dengan Pasanganilustrasi pasangan saling diam (pexels.com/Alex Green)

Menjalani hubungan asmara dengan sahabat sendiri adalah hal yang sangat menyenangkan. Jika sebelumnya dia bukan sahabatmu, maka setelah bersama jadikanlah dia sebagai sahabat. Sebab, tanpa adanya persahabatan dalam hubungan, yang tersisa hanyalah sikap dingin dan perasaan sendirian. 

Sebaliknya, jika kalian menciptakan vibes persahabatan, maka hubungan akan terisi dengan banyak hal menarik. Berbagai kenangan dan kebersamaan jadi bisa tercipta begitu saja. 

Cinta mungkin membuat kamu dan dia bisa bersama. Namun, ingatlah bahwa ada hal-hal lain yang perlu ditumbuhkan demi menjaga kelanggengan hubungan. Salah satunya yaitu rasa persahabatan yang perlu dibina. Sudahkah kamu bersahabat dengan pasanganmu? 

Baca Juga: 5 Dampak yang Akan Dirasakan jika Sering Mengomel kepada Pasangan

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya