TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Temanmu Lakukan 5 Hal Ini? Awas Tanda Red Flags dalam Pertemanan

Hati-hati dan waspada, ya

ilustrasi pertemanan (pexels.com/@Andrea Piacquadio)

Siapa bilang red flags hanya dikaitkan dalam hubungan percintaan? Ternyata, red flags bisa terjadi dalam hubungan pertemanan, lho. Nah, kita kan sudah sering mendengar istilah tersebut, jadi apa sih sebenarnya red flags itu?

Red flags merupakan sikap atau perilaku manusia yang menjadi pertanda awal bahwa seseorang tersebut tidak mampu menjalin hubungan yang sehat, yang mana itu bisa merugikan orang di sekelilingnya. Maka jika temanmu melakukan lima hal ini, awas bertanda red flags yang harus segera dihindari.  

1. Bersikap manipulatif

wanita sedang bercerita (pexels.com/@SHVETS production)

Tanda pertama red flags dalam hubungan pertemanan yaitu, bersikap manipulatif. Di depan nampak baik dan kelihatan mendukung apa yang kamu lakukan, namun di belakang ia diam-diam senang melihatmu menderita.

Selain itu, ia kerap membuatmu merasa bersalah, suka mempengaruhi pada hal yang buruk, dan kerap membuatmu membenci diri sendiri karena ucapannya. Sikap manipulatif yang seolah-olah ia terlihat baik di depanmu inilah yang sangat membahayakan dalam hubungan pertemanan. 

Baca Juga: 5 Tanda Red Flag dalam Pergaulan, Memilih Teman Itu Perlu 

2. Suka berbohong

wanita sedang bercerita (pexels.com/@rodnae production)

Hayo, siapa nih yang suka berbohong? Aduh kebiasaan berbohong entah itu pada hal kecil ini harus dihindari ya. Nah suka berbohong inilah yang jadi salah satu tanda red flags dalam hubungan pertemanan. Hari ini bilang apa besok bilang apa, tidak bisa dipegang omongannya, hingga berbohong sudah menjadi kebiasaan.

Meski sudah kamu tegur berkali-kali dan sudah dinasihati tapi kalau ia gak bisa mengubah sikapnya lebih baik pikir ulang apakah masih mau berteman dengannya atau tidak. Karena jika kebohongan sudah sering ia lakukan, itu sangat susah untuk dihilangkan

3. Menghambatmu untuk sukses

Teman ngobrol (pexels.com/george milton)

Ngomongin pertemanan, setiap orang pasti ingin punya sahabat yang bisa mendukung satu sama lain dan saling support terhadap impian masing-masing. Namun kalau kamu punya teman yang suka menjatuhkan mental, tidak mendukung cita-citamu, kamu ingin maju tapi dia selalu menghambat usahamu, pertanda itu sebuah red flags dalam pertemanan. 

Nah jika temanmu menunjukkan tanda di atas, harus kamu waspadai ya. Akan lebih baik jika kalian jaga jarak terlebih dahulu, karena ini menyangkut masa depanmu. 

4. Suka menjelek-jelekkan teman yang lain di belakang

Rekan kerja (pexels.com/@mart production)

Tanda selanjutnya red flags dalam pertemanan yaitu, suka menjelek-jelekkan teman lain di belakang. Kalau lagi kumpul tapi temanmu satunya gak ikut ia suka gosipin dia, jelek-jelekin, membicarakan keburukan, membuka aib, dan lainnya. Nah, tipe teman seperti ini biasanya kalau kamu gak ada, giliran dirimu yang dibicarakan.

Ya memang sih kita sendiri kadang pernah bergosip, namun kalau terlalu sering dan setiap kali kumpul bahasnya cuma menjelek-jelekkan orang lain itu sangat berbahaya. 

Baca Juga: 5 Financial Red Flag pada Gebetan, Pengeluarannya Berlebihan

Verified Writer

Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya