TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pemikiran Toksik Setelah Putus yang Bikin Kamu Gagal Move On

"Coba aja aku bisa balik sama dia..."

unsplash.com/Arif Riyanto

Menjalani proses putusnya hubungan cinta memang bukan hal yang mudah. Ketika kamu gak bisa menerimanya, proses sakit hatimu malah akan berjalan semakin panjang. Nantinya, bukan hanya akan sedih sendiri, tapi kamu juga bakalan gagal move on darinya.

Makanya, setelah putus, jangan sampai punya lima pemikiran salah di bawah ini. Semua yang terjadi gak bisa kamu ubah lagi. Jadi, hadapilah dengan berani.

1. "Aku memang pengecut"

unsplash.com/Ethan Sykes

Kalaupun memang alasan kalian putus karena salahmu, menyalahkan diri gak akan mengembalikan keadaan. Kamu dan dia sudah sepakat untuk berpisah dan kesalahanmu seharusnya bisa membuatmu lebih bijaksana. Mengutuk diri sendiri hanya membuang waktu percuma.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Hubungan Asmaramu Tidak Membosankan!

2. "Aku gak akan dapetin cinta lagi setelah ini"

unsplash.com/Riccardo Mion

Berkubang dalam lubang mengasihani diri sendiri gak akan membuat keadaanmu lebih baik. Sebaliknya, kamu jadi lebih murung dan pesimis setiap waktu. Bukannya mendapatkan keinginan untuk bangkit, hari-harimu malah jadi makin kelabu.

3. "Orang lain bisa lebih membahagiakannya dibanding aku"

unsplash.com/Clay Banks

Boleh jadi demikian, tapi apakah memiliki pemikiran ini akan membuatmu jadi lebih baik atau jadi lebih sakit hati? Kalau niatmu memang move on, jangan menyimpulkan apa pun yang sedang dia lakukan atau rasakan. Sampai kapan pun, kamu gak akan bisa mengukur kedalaman hati seseorang.

4. "Kalau berubah, aku pasti bisa dapetin dia lagi"

unsplash.com/Eric Ward

Paling gak enak kalau harus berubah demi orang lain. Kalau kamu salah sehingga hubungan kalian berakhir, yang benar ialah berubah demi diri sendiri, bukan demi dia. Ada hal-hal di dunia yang gak bisa selalu kamu kontrol, termasuk perasaannya. Hubungan kalian yang sudah berakhir seharusnya memberikanmu pelajaran berharga.

Baca Juga: Hindari! Ini 5 Polemik yang Bikin Hubungan Rusak di 1 Tahun Hubungan

Verified Writer

Stella Azasya

A chronic daydreamer || IG: @stellaazasya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya