TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Minta Tolong Sama Teman 

Minta tolong juga ada caranya lho!

en.yibada.com

Sebagai sesama manusia tentu kita memiliki kewajiban untuk saling tolong menolong. Dari lahir hingga mati, manusia ditakdirkan untuk membutuhkan bantuan orang lain. Apalagi saat terdesak sesuatu, kadang kita terpaksa sedikit 'merepotkan' teman.

Namun perlu diingat, hal-hal sepele di bawah ini pun perlu kamu perhatikan saat minta tolong lho!

1. Terkesan memerintah, padahal kamu yang butuh

coub.com

Hal ini yan mungkin paling sering terjadi diantara kita. Tanpa sadar, saat kamu meminta tolong sesuatu kepada teman, kamu malah terkesan menyuruhnya. Padahal, kenyataannya kamu yang butuh bantuan, malah kamu yang 'bossy'. Hindari sikap seperti ini lagi ya.

2. Memaksakan permintaan, sehingga temanmu harus mengorbankan kepentingannya

youtube.com

Duh, kalau yang satu ini jangan sampai kamu lakukan ya. Mungkin saja temanmu akan menuruti permintaan tolongmu karena ia merasa tidak enak atau ia memang menyayangimu, tapi kamu juga harus tetap mengutamakan kepentingannya. Jika situasi sangat mendesak, kamu bisa jelaskan secara detail dengan baik, dan kamu berusaha membantunya menyelesaikan kepentingannya juga nantinya.

Baca Juga: Kenapa Gak Mungkin? Ini 5 Tips Berteman Sama Mantan Tanpa Baper

3. Bersikap manis saat kamu meminta tolong, menghilang setelahnya

aminoapps.com

Jangan pernah memperlakukan orang lain seolah kamu memiliki level yang lebih tinggi darinya. Temanmu bukan benda yang setelah kamu memanfaatkannya lalu membuangnya. Kamu sangat jahat bila melakukan hal ini, hati-hati pikiran manipulatifmu itu sangat salah lho.

4. Permintaan tolongmu membuat kesalahpahaman

kpop.asiachan.com

Hal ini sering terjadi bila kamu minta tolong kepada teman lawan jenis. Kalau dia tidak punya pasangan, jaga agar nggak baper ya, nanti kamu dikira memberi harapan palsu dan hanya ingin memanfaatkan kebaikannya saja.

Sedangkan kalau ia punya pasangan, jaga perasaan pasangannya. Kamu bisa juga menjelaskan pada pasangannya kalau kamu benar-benar hanya minta tolong suatu keperluan. Jangan sampai karena salah paham kecil, kamu merusak hubungan orang lain.

Baca Juga: Hindari 6 Hal Ini Saat Berteman dengan Cewek Golongan Darah A

Verified Writer

Kim

An INTJ-A

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya