TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Surah Al-Qur'an yang Dibaca Saat Akad Nikah, Artinya Indah nan Syahdu

#IDNTimesLife Lantunan doa penuh makna

Ilustrasi akad nikah (@bagusjepret via instagram.com/nabilrach)

Umumnya, di dalam sesi akad nikah, akan ada pembacaan Al-Qur'an untuk membuka acara. Ada dua surah Al-Qur'an yang mengandung arti baik bagi pernikahan serta jodoh dan sering dibacakan pada momen tersebut.

Ingin tahu seperti apa potongan surahnya dan makna yang terkandung di dalamnya? Simak baik-baik surat dan ayat Al-Qur'an yang dibaca saat akad nikah berikut.

1. Pembacaan surah ini menjadi doa baik untuk kedua pasangan

Nurul Hikmah Febriany (instagram.com/nurulhikmahfebriany)

Pernikahan adalah momen penting dan berharga. Gak hanya untuk kedua calon suami-istri, tetapi juga untuk keluarga mereka. Karena itu, sangat penting untuk mengawali prosesi pernikahan dengan mengucapkan doa-doa yang baik.

Hal ini juga bisa dilakukan dengan melantunkan dua surah Al-Qur'an di dalam acara akad nikah. Surah itu adalah An-Nisa ayat 1 dan Ar-Rum ayat 21.

Baca Juga: Dear Jomblo, Ini 6 Hadis tentang Jodoh yang Perlu Kamu Ketahui

2. An-Nisa ayat 1

Helmi Nursifah (@megrashyphoto & @nesnumoto via instagram.com/helminursifah)

Pelaksanaan ijab kabul biasanya meliputi berbagai rangkaian acara. Salah satunya adalah dibuka dengan pembacaan Al-Qur'an.

Surah yang sering dibaca pada prosesi tersebut adalah An-Nisa ayat 1. Potongan ayat suci ini membahas tentang pernikahan dan kehidupan berumah tangga. Ayat tersebut berbunyi sebagai berikut:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ ٱتَّقُوا۟ رَبَّكُمُ ٱلَّذِى خَلَقَكُم مِّن نَّفْسٍ وَٰحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَآءً ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ٱلَّذِى تَسَآءَلُونَ بِهِۦ وَٱلْأَرْحَامَ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

Yā ayyuhan-nāsuttaqụ rabbakumullażī khalaqakum min nafsiw wāḥidatiw wa khalaqa min-hā zaujahā wa baṡṡa min-humā rijālang kaṡīraw wa nisā`ā, wattaqullāhallażī tasā`alụna bihī wal-ar-ḥām, innallāha kāna 'alaikum raqībā

Artinya:

"Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan istrinya; dan dari pada keduanya Allah mengembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahmi. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu."

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya