Comscore Tracker

Dear Jomblo, Ini 6 Hadis tentang Jodoh yang Perlu Kamu Ketahui

Jodoh pasti bertemu

Jodoh merupakan salah satu takdir yang telah tertulis untuk setiap manusia. Tentunya, setiap orang mengharapkan yang terbaik datang dari calon pasangan. Dalam ajaran Islam sendiri, terdapat beberapa riwayat hadis yang membahas perihal jodoh secara khusus.

Mau tahu seperti apa? Simak artikel di bawah ini untuk tahu lebih lanjut!

1. Kriteria pasangan yang paling penting itu adalah seberapa luas ilmu agamanya

Dear Jomblo, Ini 6 Hadis tentang Jodoh yang Perlu Kamu Ketahuipexels.com/@jack-sparrow

Setiap orang tentunya punya gambaran ideal tentang calon pasangan mereka. Akan tetapi, sebenarnya ada kriteria wajib bagi calon pasangan dalam Islam, lho! Kriteria itu adalah seberapa luas wawasan agamanya dan ini berlaku untuk perempuan dan laki-laki.

Berikut bunyi hadisnya:

تنكح المرأة لأربع: لمالها ولحسبها وجمالها ولدينها، فاظفر بذات الدين تربت يداك

Artinya:

“Wanita biasanya dinikahi karena empat hal: karena hartanya, karena kedudukannya, karena parasnya dan karena agamanya. Maka hendaklah kamu pilih karena agamanya (keislamannya), sebab kalau tidak demikian, niscaya kamu akan merugi.” (HR. Bukhari-Muslim)

2. Gak usah khawatir, jodoh pasti bertemu kok!

Dear Jomblo, Ini 6 Hadis tentang Jodoh yang Perlu Kamu Ketahuipexels.com/@jack-sparrow

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, tertulis bahwa jodoh merupakan cerminan dari diri kita. Oleh karena itu, takdir ini gak bisa kita hindari. Kalau sampai saat ini kamu belum bertemu jodohmu, sabar saja ya! Hadisnya berbunyi sebagai berikut:

الْأَرْوَاحُ جُنُودٌ مُجَنَّدَةٌ فَمَا تَعَارَفَ مِنْهَا ائْتَلَفَ وَمَا تَنَاكَرَ مِنْهَا اخْتَلَفَ

Artinya:

“Ruh-ruh itu diibaratkan seperti tentara yang saling berpasangan, yang saling mengenal sebelumnya akan menyatu dan yang saling mengingkari akan berselisih”. (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Salah satu takdir yang gak bisa dihindari adalah siapa jodoh kita

Dear Jomblo, Ini 6 Hadis tentang Jodoh yang Perlu Kamu Ketahuipexels.com/@andiravsanjani

Terdapat beberapa takdir yang telah ditetapkan sejak awal. Salah satunya adalah jodoh yang menjadi salah satu kebahagiaan manusia. Berikut adalah bunyi hadis tersebut:


ثُمَّ يُرْسَلُ إِلَيْهِ الْمَلَكُ فَيَنْفُخُ فِيْهِ الرُّوْحَ، وَيُؤْمَرُ بِأَرْبَعِ كَلِمَاتٍ: بِكَتْبِ رِزْقِهِ وَأَجَلِهِ وَعَمَلِهِ وَشَقِيٌّ أَوْ سَعِيْدٌ

Artinya:

"Kemudian diutus kepadanya seorang malaikat lalu ditiupkan padanya ruh dan dia diperintahkan untuk menetapkan empat perkara: menetapkan rizkinya, ajalnya, amalnya dan kecelakaan atau kebahagiaannya". (HR. Bukhari dan Muslim)

Baca Juga: Perilaku yang Menghambat Doa Minta Jodoh, Jadi Sulit Terkabul!

4. Jodoh adalah hal yang menjadi suratan takdir, bahkan sudah ada sebelum manusia hadir di muka bumi

Dear Jomblo, Ini 6 Hadis tentang Jodoh yang Perlu Kamu Ketahuipexels.com/@jack-sparrow

Selanjutnya, ada juga hadis yang menyebutkan tentang takdir manusia termasuk jodoh. Takdir ini telah ditetapkan oleh Allah SWT, bahkan sebelum manusia menjadi penduduk bumi. Berikut riwayat hadisnya:

كَتَبَ اللَّهُ مَقَادِيرَ الْخَلاَئِقِ قَبْلَ أَنْ يَخْلُقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ بِخَمْسِينَ أَلْفَ سَنَةٍ

Artinya:

“Allah mencatat takdir setiap makhluk 50.000 tahun sebelum penciptaan langit dan bumi”. (HR. Muslim)

5. Salah satu sunah dalam ajaran agama Islam adalah menikah

Dear Jomblo, Ini 6 Hadis tentang Jodoh yang Perlu Kamu Ketahuipexels.com/@shvetsa

Menikah merupakan sebuah momen berharga bagi pasangan mana pun. Hal ini juga tertulis dalam hadis yang berbunyi sebagai berikut:

Rasulullah saw bersabda:

“Siapa yang menyukai fitrahku hedaknya ia bersunah dengan sunahku, dan termasuk sunahku adalah menikah.” (HR. Abu Ya’la – Husain Salim Asad)

6. Kalau saat ini kamu masih melajang, berpuasa menjadi salah satu anjuran agar kamu dapat menahan diri sebelum bertemu jodohmu

Dear Jomblo, Ini 6 Hadis tentang Jodoh yang Perlu Kamu Ketahuipexels.com/@ruly-yachvin-rambe-2865070

Terakhir, ada juga hadis khusus bagi kamu yang saat ini masih melajang. Tentunya, rasa penasaran dan keinginan untuk bertemu jodohmu menjadi hal yang patutnya kamu rasakan. Akan tetapi, Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Wahai para pemuda, siapa-siapa di antara kalian yang mampu ba’ah (memberi tempat tinggal) hendaknya ia menikah, sungguh nikah itu lebih menundukkan pandangan dan lebih menjaga kemaluan. Dan siapa-siapa yang belum mampu ba’ah maka hendaknya ia berpuasa, sungguh puasa itu akan menjadi perisai baginya”. (Muttafaq ‘Alayh – lafazh milik Muslim)

Itu dia beberapa hadis yang membahas tentang jodoh dan pernikahan. Semoga membantu, ya!

Baca Juga: Jomblo Tak Perlu Galau, Ini 5 Doa Meminta Jodoh 

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya