TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tipe Teman yang akan Merusak Mentalmu Jika Terus Dipertahankan

Lebih baik kamu tinggalkan saja!

Pexels.com/Anna Shvets

Memiliki banyak teman memang salah satu bentuk anugerah yang layak kamu syukuri. Teman juga dianggap mampu berperan penting dalam memengaruhi kepribadian seseorang. Harus dipilah dan dipilih, tak jarang seorang teman justru membawa efek negatif untuk dirimu.  

Berteman dengan seseorang yang salah dan toksik tentu membuat hidupmu terasa kurang menyenangkan. Harus kamu ketahui, berikut adalah lima tipe teman yang akan merusak mentalmu jika terus dipertahankan. Keep reading, ya!

1. Teman yang tidak nyaman dengan apa adanya dirimu

Pexels.com/Elijah O'Donnell

Menjadi kamu yang apa adanya adalah hakmu. Jika ada teman yang merasa terganggu bahkan berniat mengubahmu padahal kamu tak melakukan kesalahan apa-apa, maka meninggalkan mereka bukanlah sebuah keputusan yang buruk.

Teman yang menginginkanmu berubah demi mereka hanya akan membuatmu seperti dipaksa menjadi orang yang berbeda. Alih-alih berdampak baik, hal tersebut justru berpotensi membuatmu kehilangan kepercayaan diri.

Baca Juga: 5 Pertanyaan yang Bisa Bikin Temanmu Canggung Saat Datang Reunian

2. Teman yang mencarimu hanya saat ada perlunya saja

Pexels.com/Polina Zimmerman

Yang namanya teman memang tidak akan selalu ada. Kamu pun harus memahami bahwa temanmu juga memiliki dunia lain selain kamu. Namun, bukan berarti mereka hanya datang saat perlu bantuan atau tengah berduka saja. 

Seorang teman yang baik sudah selayaknya meluangkan sedikit waktu untuk saling menjaga keakraban satu sama lainnya. Tetap berteman dengan orang yang gemar minta tolong tetapi enggan dimintai pertolongan balik hanya akan membuatmu tampak seperti boneka yang dipermainkan.

3. Teman yang tidak mampu mengendalikan amarah dan gemar bertingkah emosional

Pexels.com/Anna Shvets

Tipe teman selanjutnya yang harus kamu tinggalkan adalah mereka yang gampang tersulut emosi dan tidak bisa mengendalikan amarahnya. Siapa yang tidak terganggu bila berteman dengan orang yang memiliki temperamen tinggi?

Mudah merusak suasana hatimu, tipe teman yang satu ini biasanya juga sepaket dengan sifatnya yang mudah tersinggung dan terlalu sensitif. Gak apa-apa ditinggalkan, memelihara teman yang emosional hanya akan membuatmu sering mengalami tekanan batin. 

4. Teman yang kerap mempersoalkan derajat maupun pangkat dalam kesehariannya

Pexels.com/Streetwindy

Kamu gak perlu pikir panjang untuk meninggalkan teman yang menjadikan derajat dan pangkat sebagai acuan penting dalam bergaul. Sesungguhnya kaya dan miskin itu bukan hal yang valid untuk mengukur kepribadian seseorang. Daripada kehadirannya semakin menambah beban hidupmu, ada baiknya kamu mundur pelan-pelan dari tipe teman yang satu ini. 

Baca Juga: 5 Tipe Teman Ngobrol yang Bikin Percakapan Terasa Membosankan

Verified Writer

Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya