Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Boleh Menerima Cinta Seseorang hanya Karena Kasihan

Lebih baik jujur saja, deh!

Ketika seseorang mencintaimu dan cintanya bertepuk sebelah tangan, kadang kala ada rasa kasihan dan simpati yang membuat kamu menerima cintanya dengan dalih tidak ingin menyakiti perasaannya.

Namun hal itu bukanlah tindakan yang tepat, karena sedikitnya ada lima alasan kamu gak boleh menerima cinta seseorang hanya karena merasa kasihan. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Kamu sama saja menginjak harga diri seseorang

5 Alasan Kamu Gak Boleh Menerima Cinta Seseorang hanya Karena KasihanPexels.com/Văn Thắng

Ketika kamu menerima cinta seseorang, pandangan dia terhadap dirinya sendiri sudah melebihi ekspektasi. Apa yang dia miliki ternyata bisa membuat seseorang membalas kembali cintanya.

Namun lain cerita ketika kamu menerima cinta seseorang hanya karena kasihan, kamu sama saja menginjak harga dirinya, bahkan dia bisa berpikiran bahwa dirinya sendiri sangat tidak berdaya sampai-sampai dalam hubungan asmara pun harus dikasihani.

2. Kamu memberikan sebuah pengharapan yang kenyataannya tipu-tipu

5 Alasan Kamu Gak Boleh Menerima Cinta Seseorang hanya Karena KasihanPexels.com/Dương Nhân

Ketika kamu menerima cinta seseorang, siapapun akan mengira bahwa kamu juga sangat mencintainya. Penerimaan cinta bisa menjadi harapan yang sangat besar dan berarti dalam menjalin suatu hubungan.

Namun, akan sangat berbeda hasilnya ketika kamu pura-pura membalas cintanya hanya karena kasihan. Pengharapan yang selama ini dia yakini ternyata hanya sebatas tipu-tipu, bukan sebuah kenyataan manis yang menghampiri dirinya.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Gak Perlu Meratapi Cinta Sesaat, Yuk Bangkit!

3. Niat baikmu tidak akan pernah diapresiasi dan bahkan berakhir kebencian

5 Alasan Kamu Gak Boleh Menerima Cinta Seseorang hanya Karena KasihanPexels.com/Trinity Kubassek

Ketika seseorang tahu bahwa cintanya dibalas hanya karena kasihan, apakah dia akan sangat mengapresiasi tindakan tersebut? Tentu saja tidak, bahkan dia akan mulai membencimu dan pergi menjauh.

Jangan pernah mengharapkan adanya apresiasi, apalagi sampai memaksanya untuk melakukannya. Membalas cinta karena kasihan merupakan tindakan yang dilakukan bukan pada tempat yang semestinya, perasaan tidak sesederhana yang kamu bayangkan.

4. Hubunganmu tidak akan bertahan lama karena menyulitkan diri sendiri

5 Alasan Kamu Gak Boleh Menerima Cinta Seseorang hanya Karena KasihanPexels.com/Pixabay

Cinta yang palsu sudah dipastikan tidak akan bertahan lama, apalagi kamu menerima cinta seseorang atas dasar kemanusiaan atau kasihan. Tidak ada pegangan untuk kamu dalam mempertahankan hubungan tersebut.

Pada akhirnya, dia menjadi satu-satunya orang yang tersakiti. Tanpa sadar, kamu hanya menyakiti perasaannya karena dari awal sudah tahu bahwa hubungan tersebut tidak akan pernah berjalan dengan baik.

5. Sudah seharusnya kamu berkata jujur dan tegas jika berhubungan dengan perasaan

5 Alasan Kamu Gak Boleh Menerima Cinta Seseorang hanya Karena KasihanPexels.com/Polina Zimmerman

Setiap orang lebih menghargai kejujuran dibanding kebohongan, sekalipun itu sangat menyakiti perasaan. Apa yang menjadi perasaanmu harus dikatakan dengan jujur, bukan tipu-tipu belaka.

Apalagi kamu sampai menerima cinta seseorang atas dasar rasa kasihan, perasaan tidak akan pernah bisa dibohongi dan sudah sepantasnya kamu berkata jujur jika sudah menyangkut perasaan seseorang.

Itu dia deretan alasan kamu gak boleh menerima cinta seseorang hanya karena rasa kasihan. Meski sama-sama menimbulkan patah hati, setidaknya dia tidak merasa dibohongi atau bahkan dikasihani.

Baca Juga: 5 Tipe Orang saat Mengetahui Sahabatnya Patah Hati, Kamu yang Mana?

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Blogger Brebes Selatan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya