Comscore Tracker

Selain Wajib Lapor, Inilah 5 Tanda Pasangan Mencoba Mengendalikanmu

Pahami tandanya, supaya kamu gak terus dikekang

Setiap orang punya cara sendiri untuk menunjukkan rasa cintanya pada pasangan. Saking sayangnya pada pasangan, bahkan ada yang memberikan perhatian berlebihan hingga berujung pada posesif.

Melarang pasanganya untuk melakukan berbagai hal sampai mewajibkan untuk membuat laporan kegiatan harian, menjadi salah satu pertanda jika mereka telah mengekang pasangan.

Ini bukan cinta, tapi ambisi untuk memiliki pasangan secara utuh, tanpa mau tahu isi hati pasangan yang sesungguhnya. Apa dia suka atau tidak, apa dia tertekan atau tidak, itu bukan jadi urusan.

Inilah 5 tanda yang menunjukkan, jika pasanganmu sedang mencoba mengendalikan hidupmu. Sadarlah, kamu yang lebih berhak atas dirimu. Secinta apa pun kamu pada pasangan, jangan sampai hidupmu dikendalikan oleh si dia.

1. Wajib lapor tentang semua yang kamu lakukan

Selain Wajib Lapor, Inilah 5 Tanda Pasangan Mencoba Mengendalikanmuilustrasi kegiatan harian (unsplash.com/airfocus)

Jika pasangan mewajibkanmu untuk memberikan laporan tentang semua yang kamu lakukan, ini sudah menunjukkan jika dirinya mencoba mengendalikan hidupmu. Mau tahu semuanya, ini sudah dibatas normal. Bukan cinta namanya, tapi posesif.

Dengan mengetahui semua yang kamu lakukan akan memudahkannya untuk mengendalikan hidupmu. Beri ketegasan, jika cara yang dilakukannya ini salah.

Jika dia mencintaimu, maka dia juga harus percaya dan tidak perlu membuatmu untuk memberikan "laporan harian" untuk memuaskan rasa penasarannya pada sesuatu yang sedang kamu kerjakan.

2. Ikut nimbrung saat kamu sedang ngobrol bersama sahabatmu

Selain Wajib Lapor, Inilah 5 Tanda Pasangan Mencoba Mengendalikanmuilustrasi pertemanan (unsplash.com/Alexis)

Tanda pasangan mencoba mengendalikan hidupmu, yaitu mereka mulai ikut nimbrung saat kalian sedang ngobrol bareng sahabat. Terkadang, bahkan si dia tak segan untuk ikut berargumen.

Tentunya hal ini sudah keterlaluan, bukan? Si dia ingin ikut campur tentang semua urusanmu, sampai pada hubunganmu bersama sahabat juga ingin mereka ketahui.

Berkenalan dengan lingkungan pertemanamu tentu bukan masalah. Namun, ada baiknya untuk tidak terus menerut ikut campur tentang semuanya.

Baca Juga: 6 Suka Duka Punya Pacar yang Posesif, Gak Selalu Buruk

3. Membuntuti mu kemanapun kamu pergi

Selain Wajib Lapor, Inilah 5 Tanda Pasangan Mencoba Mengendalikanmuilustrasi pasangan (unsplash.com/rayul)

Ditemani pasangan saat kamu berpergian, pasti menyenangkan. Namun, jika mereka terus membuntutimu kemanapun kamu pergi, hal ini justru akan sangat menggangu. Rasanya sulit memberimu waktu, bahkan untuk sekedar me time. Si dia justru selalu ada di sekitarmu dan mengikutimu.

Kamu harus bisa melayangkan protes atau coba berbicara baik-baik dengan pasanganmu. Beri dia pengertian, kalau kamu juga ingin menikmati waktu sendiri, tanpa harus diikuti dengannya.

4. Suka mengkritik penampilanmu

Selain Wajib Lapor, Inilah 5 Tanda Pasangan Mencoba Mengendalikanmuilustrasi menghadiri pesta (unsplash.com/vidar)

Inilah tanda nyata pasangan mencoba mengendalikan hidupmu, yaitu dengan lebih sering mengkritik penampilanmu. Penampilan menjadi hal yang gampang dikritik. Contohnya, si dia akan menyuruhmu berpakaian sesuai dengan seleranya.

Padahal kamu kan punya gaya yang berbeda dari seleranya. Maka dari itu, buatlah dirimu nyaman dengan apa yang kamu kenakan, jangan mau dikendalikan oleh pasangamu lagi.

5. Mengintimidasi dalam membuat keputusan

Selain Wajib Lapor, Inilah 5 Tanda Pasangan Mencoba Mengendalikanmuilustrasi pasangan (unsplash.com/ radu)

Memberikan saran saat kamu berada dalam pilihan yang sulit. Ini adalah hal baik yang dilakukan pasangan. Namun saat semuanya berubah, dirinya terlalu mengintimidasi saat kami menentukan pilihan.

Hal ini juga menunjukan jika mereka ini sedang mencoba mengendalikan hidupmu. Kamu berhak memilih pilihan apa pun yang kamu sukai. Bukannya malah pasangamu yang seenaknya mengambil keputusan, tanpa menanyakan persetujuanmu.

Jika pasanganmu menunjukan 5 tanda di atas, ada baiknya buatlah ketegasan kepadanya. Dengan begitu mereka akan coba lebih menghargai dirimu dalam hubungan yang sedang dijallin bersama.

Baca Juga: Menguasai Hubungan! 5 Bahaya Tetap Bertahan dengan Pasangan Posesif

Andri Wiyatno Photo Verified Writer Andri Wiyatno

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya