Comscore Tracker

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Ketika Berdiskusi dengan Teman

#IDNTimesLife Jangan ujung-ujungnya malah bermusuhan, ya!

Banyak hal menarik yang bisa dilakukan bareng teman. Tidak hanya berupa aktivitas hiburan semata. Seperti makan bareng di cafe atau nonton konser beramai-ramai, tapi juga kegiatan yang berbobot dan serius seperti berdiskusi. Memang sekilas diskusi gak jauh beda dengan ngobrol biasa. Tapi bisa jadi awal bencana kalau kamu gak hati-hati membawa diri, lho. 

Sebab sering kali ketika berdiskusi kalian bakal saling melontarkan opini yang gak seragam. Kalau tidak mampu mengontrol emosi, bisa-bisa hubungan pertemananmu yang jadi korbannya. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan lima hal di bawah ini ketika kamu sedang terlibat diskusi dengan teman-temanmu, ya. Yuk, simak baik-baik kelima poinnya. 

1. Lakukan diskusi dengan serius tapi santai

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Ketika Berdiskusi dengan Temanilustrasi diskusi santai (pexels.com/Tim Douglas)

Melakukan diskusi dengan serius memang penting. Itu artinya kamu menghargai lawan bicaramu dan gak menganggap remeh topik yang lagi dibahas. Apalagi ini menyangkut tugas kuliah yang dilakukan secara kelompok. Mesti dikerjakan dengan benar dan gak boleh banyak bercanda. 

Meskipun serius, bukan berarti suasananya mesti kaku juga, ya. Bikin santai saja. Sekali-kali selingi dengan obrolan ringan di luar topik utama. Supaya kepala kalian gak cepat panas dan gampang terpancing emosi. 

2. Kamu harus sadar bahwa tak selamanya kalian satu pendapat

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Ketika Berdiskusi dengan Temanilustrasi kegiatan diskusi (pexels.com/fauxels)

Sebelum mulai berdiskusi kamu harus sadar dan mengakui dulu, bahwa kalian tuh gak bisa selalu satu suara. Memang persahabatan kalian bukan lagi satu dua tahun. Bahkan sudah lebih dari satu dekade kamu bersahabat dengan mereka. Tentunya, karakter masing-masing temanmu telah kamu kenal dengan baik, dong. 

Namun bukan berati itu bisa jadi jaminan kalau kalian bakal punya pemikiran yang sama terus, lho. Mungkin saja saat diskusi nanti kamu berseberangan ide dengan salah satu temanmu. Ya, gak masalah terima saja sebagai keberagaman pikiran. Bukan berarti persahabatan kalian gak solid, kan?

Baca Juga: 5 Cara Mengadakan Diskusi dengan Baik dan Saling Kooperatif

3. Di antara kalian gak ada yang paling benar dan paling salah, semua bebas berpendapat, kok

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Ketika Berdiskusi dengan Temanilustrasi diskusi di kelas (pexels.com/Monstera)

Walaupun masing-masing peserta diskusi punya sudut pandang yang berbeda-beda, tapi ingat gak ada yang paling benar atau paling salah. Bisa jadi, kalian semua benar hanya penyampaiannya saja yang berbeda. Kalau kamu bisa berpikir jernih sejak awal, pasti bisa melihat benang merahnya, kok. 

Kalian semua bebas berpendapat, bukan untuk mencari siapa yang paling unggul. Tetapi mengumpulkan ide-ide positif dari setiap anggota diskusi ini. Sehingga diperoleh kesimpulan, yang pada akhirnya disetujui oleh semua orang. Jadi, gak perlu saling menjatuhkan segala, kan?

4. Kamu gak perlu menentang atau menuruti pemikiran temanmu. Kalian tetap boleh memegang prinsip masing-masing

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Ketika Berdiskusi dengan Temanilustrasi kelompok diskusi (pexels.com/fauxels)

Kamu pasti sempat berpikiran bahwa pendapatmu ini yang paling benar. Bahkan rasanya ingin mendebat habis-habisan omongan temanmu yang dianggap mengada-ada itu. Tenang, pikirkan dulu matang-matang. Sebenarnya kamu gak perlu capek-capek menentang atau terpaksa nurut sama mereka, kok. Begitu pula sebaliknya. 

Kalian boleh berpendapat, tapi gak bisa saling memaksakan pandangan masing-masing. Jadi sama-sama enak, kan? Dijamin diskusi ini bakal berjalan seru dan minim drama, deh.  

5. Diskusi itu untuk saling mengisi dan menginspirasi jangan malah adu otot dan berakhir musuhan, ya!

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Ketika Berdiskusi dengan Temanilustrasi kegiatan diskusi (pexels.com/Thirdman)

Tak jarang kamu mendengar, ada orang yang bermusuhan sama temannya hanya gara-gara beda pendapat dalam forum diskusi. Padahal sejatinya, kegiatan diskusi ini dilakukan untuk saling mengisi dan menginspirasi. Mungkin saja pemikiran salah satu temanmu itu ada benarnya. Dimana kamu justru melihat dari perspektif yang berbeda. 

Gak usah gengsi mengakui kalau temanmu punya ide yang out of the box, sehingga bisa melengkapi pendapatmu yang sebelumnya. Bukannya malah ngotot jadi yang paling benar dan menantang yang lain untuk adu otot. Masa setelah selesai diskusi kalian malah jadi musuhan, sih?

Sejatinya kegiatan berdiskusi itu sangat menyenangkan. Selain tukar pikiran, kalian juga bisa saling belajar dari sudut pandang dan pengalaman orang lain. Tapi diskusi juga bisa jadi malapetaka, jika kamu gak pandai membawa diri. Maka gak ada salahnya untuk memperhatikan kelima hal tadi saat hendak berdiskusi lagi, ya. 

Baca Juga: 5 Jenis Teman yang Bikin Kamu Cepat Sukses, Wajib Punya!

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya