Comscore Tracker

5 Cara agar Bisa Ikhlas Menerima Masa Lalu Buruk Pacar

Berhenti menengok ke belakang!

Tentu saja kamu setuju, bahwa setiap orang pasti punya masa lalu. Begitu pula kamu dan pacarmu sekarang. Sebelum jadian denganmu, lebih dulu dia pernah punya cerita kelam di masa lalu. Tidak mudah, lho terbuka sama pacar sendiri tentang 'sejarah' kelam itu. Pasti banyak pertimbangan kenapa, kok doi pada akhirnya mau membeberkan aib tersebut. 

Sebagai kekasihnya, seharusnya kamu bisa menerima kenyataan itu dengan lapang dada. Meskipun berat, sih terlihat baik-baik saja ketika tahu doi dulu pernah berbuat kesalahan yang keji. Lantas bagaimana supaya bisa ikhlas menerima masa lalu kelam pasangan? Berikut lima cara yang mungkin bisa kamu coba.

1. Menyadari kenyataan bahwa tiap orang punya masa lalu

5 Cara agar Bisa Ikhlas Menerima Masa Lalu Buruk Pacarilustrasi pasangan kekasih (pexels.com/Samson Katt)

Pertama-tama kamu harus sadar kalau tiap orang punya masa lalu. Gak cuma sampai di situ saja, pikirkan ketika kamu gak jadian sama doi. Belum tentu pacarmu yang sekarang, punya masa lalu yang lebih baik darinya. Bisa saja malah lebih kacau lagi. Nah, apakah kamu sanggup menerimanya? 

Ketika kamu sudah ditakdirkan bertemu dan menjalin hubungan asmara dengannya sekarang, itu artinya kamu dianggap bisa menerima doi sepaket dengan kisah kelamnya di masa yang lampau. Dulu kamu juga pernah melakukan kesalahan, kan? Ya, meskipun gak sefatal tindakannya itu, sih. Tapi gak ada salahnya mencoba menerima si dia dengan tulus dan ikhlas, seperti dia mau menerimamu.

2. Membatasi diri untuk tahu sedikit saja tentang masa lalunya dan berhenti menggali lebih dalam lagi

5 Cara agar Bisa Ikhlas Menerima Masa Lalu Buruk Pacarilustrasi pasangan kekasih (pexels.com/Vanessa Garcia)

Setelah doi bersusah payah mengumpulkan keberanian untuk membuka kisah kelamnya itu, lebih baik kamu gak mencari tahu lebih jauh lagi, deh. Apalagi di benakmu masih sulit menerima kenyataan ini. Daripada apa yang kamu temukan nanti justru menimbulkan rasa kecewa, lebih baik menutup mata sekalian. 

Toh, secara garis besar, kamu sudah tahu tentang dirinya yang dulu, kan? Untuk selanjutnya mending fokus ke masa depan hubungan kalian saja, deh. Sembari melihat apakah sikapnya menjadi lebih baik atau tidak. Dari situ kamu bisa menilai, niat doi untuk membuang sisi buruknya benar-benar ada apa tidak.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Mau Memberi Kesan Baik saat Putus dengan Pacar

3. Kamu juga harus terbuka soal masa lalumu padanya, supaya adil

5 Cara agar Bisa Ikhlas Menerima Masa Lalu Buruk Pacarilustrasi sepasang kekasih (pexels.com/Gustavo Fring)

Rasanya kurang fair kalau cuma si dia saja yang didesak untuk membuka cerita masa lalunya. Kamu juga harus berani mengungkapkan hal serupa, dong. Tindakan seperti ini selain membuat doi merasa dihargai dan dipercaya olehmu, juga sebagai bukti kalau kamu gak berniat merendahkannya sama sekali. 

Nyatanya, kisah masa lalumu juga gak kalah kelamnya, kok. Bahkan kamu sempat ingin melukai diri sendiri hanya karena ditinggal menikah oleh mantan pacarmu. Dengan saling berbagi pengalaman hidup seperti ini, diharapkan kalian bisa menguatkan dan makin menyayangi satu sama lain.

4. Ingat seburuk apa pun masa lalu doi, itu sudah lama berlalu dan dia layak mendapatkan kesempatan baru

5 Cara agar Bisa Ikhlas Menerima Masa Lalu Buruk Pacarilustrasi menyayangi pacar (pexels.com/Jonathan Borba)

Menyakitkan memang mendengar masa lalu pacar yang selama ini kamu anggap baik-baik saja. Ternyata doi pernah melakukan kesalahan fatal di masa lalunya. Tentu ini sempat membuat perasaanmu padanya luntur. Tapi selama apa yang dia perbuat di masa lampau gak berpengaruh pada hubungan kalian, ya gak usah dibikin panjang. 

Ingat, mau seburuk apa masa lalu doi, itu sudah lama terlewati. Bahkan jauh sebelum kalian saling mengenal, kan? Sekarang saatnya kamu bersikap dewasa dengan memberinya kesempatan untuk menjadi versi terbaik dari dirinya. 

5. Menyibukkan diri untuk menata masa depan bersama, ketimbang fokus ke masa lalu saja

5 Cara agar Bisa Ikhlas Menerima Masa Lalu Buruk Pacarilustrasi orang berkencan (pexels.com/Trần Long)

The last but not least, daripada mengungkit terus tentang masa lalunya, mending segera move on. Biar itu menjadi sekadar cerita antara kalian berdua, gak usah dijadikan bagian dari hubungan kalian yang sekarang. Mending kamu mulai menyibukkan diri untuk menata masa depan. Memperbaiki kinerjamu di kantor, juga mengajak doi untuk mulai menabung dan berinvestasi.

Niscaya, dengan melakukan berbagai kegiatan positif bersama, itu bisa mengembalikan kepercayaan dan harapanmu padanya yang sempat memudar. Siapa tahu, berkat dukungan darimu dia bisa menjadi sosok pasangan yang lebih baik dari sebelumnya. 

Menerima masa lalu buruk pasangan dengan ikhlas memang gak bisa langsung dilakukan saat itu juga. Butuh proses dan juga usaha yang gak pasti kapan akan membuahkan hasil. Paling penting kamu mau mempraktikkan kelima cara tadi dulu. Supaya masalah masa lalu pacar ini gak sampai berlarut-larut dan membuat hubungan kalian malah jadi kurang harmonis.

Baca Juga: 6 Gelagat Pacar yang Punya Niat Selingkuh sejak Awal Jadian

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya