Comscore Tracker

5 Ciri Teman yang Gak Tahu Berterima Kasih, Jauh-jauh, deh!

Sudah ditolong malah menusuk dari belakang

Sebagai sesama teman sudah sewajarnya kalian saling tolong-menolong, jika salah satu ada yang mengalami kesulitan. Hal ini pula yang selalu kamu lakukan kepada teman-temanmu. Kalau gak bisa membantu secara materi atau tenaga, paling tidak kamu mau memberikan suntikan moral. Supaya dia tetap tegar dan semangat menyelesaikan masalahnya.

Tapi sayangnya, gak semua temanmu itu tahu diri, lho. Jelas-jelas sudah dibantu, eh malah menusuk dari belakang. Makanya, kamu juga perlu lihat-lihat dulu sebelum menolong teman. Berikut lima ciri teman yang gak tahu terima kasih. Cek daftarnya satu per satu, yuk! Siapa tahu ciri-ciri ini bisa mengingatkanmu pada satu nama.

1. Sering merepotkanmu, tapi giliran dimintai tolong gak pernah mau

5 Ciri Teman yang Gak Tahu Berterima Kasih, Jauh-jauh, deh!ilustrasi jaga jarak (pexels.com/Crina Doltu)

Seperti sudah jadi semacam ritual wajib baginya, tiap kali punya masalah temanmu ini selalu saja datang minta tolong. Sampai-sampai pasang tampang melas sembari bercucuran air mata. Siapa juga yang tega menolak permintaannya itu? Kalau kamu sanggup pasti langsung dibantu, kok. 

Tetapi giliran kamu yang butuh bantuan, eh doi malah angkat tangan. Parahnya lagi belum juga kamu bilang perlunya apa sudah ditolak duluan. Misalnya, temanmu ini sengaja menjauh begitu tahu kamu lagi terlibat masalah. Masa iya dia lupa, dulu sewaktu dirinya kesulitan, cuma kamu yang berdiri di garda terdepan, suka rela memberinya bantuan.

2. Suka curhat panjang lebar, tapi kalau dinasihati malah gak terima

5 Ciri Teman yang Gak Tahu Berterima Kasih, Jauh-jauh, deh!ilustrasi teman curhat (pexels.com/Armin Rimoldi)

Bukan sekali dua kali dia datang padamu untuk curhat. Masih mending kalau curhatnya cuma satu sampai dua jam, nah ini seharian, lho! Bahkan kamu harus merelakan waktu istirahatmu demi menemani dirinya yang tengah galau. Gak mungkin juga, dong selama sesi curhat itu kamu cuma diam saja? Nanti dikiri tidak menyimak dengan baik, lagi.

Makanya, sebisa mungkin kamu mencoba untuk memberikan sedikit masukan serta nasihat padanya. Siapa tahu, nih kata-katamu ada benarnya dan bisa membantu si dia dalam mencari jalan keluar untuk masalahnya ini. Tapi bukannya berterima kasih, eh doi malah marah-marah gak jelas. Bahkan kamu sempat dibilang suka ikut campur. Apa gak tepuk jidat, tuh!

3. Sudah dibantuin supaya masalahnya lekas kelar, eh malah kamu yang disalahkan

5 Ciri Teman yang Gak Tahu Berterima Kasih, Jauh-jauh, deh!ilustrasi dimarahi teman (pexels.com/Liza Summer)

Temanmu, sih mau-mau saja, ya menerima masukan dan nasihat darimu. Bahkan idemu itu dipakai olehnya sebagai jalan keluar untuk masalahnya ini. Sebagai sahabat kamu tentu merasa senang, karena secara tidak langsung bisa membantu temanmu menyelesaikan masalahnya. Tapi ternyata, cara ini belum sukses menuntaskan persoalan yang ada. Malah jadi makin runyam, nih.

Pasti kamu jadi merasa bersalah banget, dong. Terlepas yang salah itu saranmu atau eksekusi yang dilakukan kawanmu itu. Bukannya sama-sama introspeksi diri, eh temanmu ini malah melimpahkan kesalahan padamu. Dia bilang, karena ikut-ikutan idemu semua malah jadi berantakan. Duh, yang sabar, ya! 

Baca Juga: Waspada 5 Trik Manipulatif dalam Pertemanan, Hati-hati Terjebak!

4. Malah marah-marah ketika utangnya ditagih

5 Ciri Teman yang Gak Tahu Berterima Kasih, Jauh-jauh, deh!ilustrasi menghubungi teman (pexels.com/Joanna Bogacz)

Siapa, nih yang punya pengalaman meminjamkan uang ke teman sendiri, tapi giliran ditagih malah lebih galak si dia? Kalau kamu pernah mengalaminya, pasti sudah pusing sekaligus kesal melihat tingkahnya ini, ya. Dikira kamu gak perlu uang juga apa? Masa saban kali diminta mengembalikan uang, doi malah bilang kamu terlalu tega sama teman.

Uang gak seberapa, kok masih ditagih terus. Nah, kalau doi bisa bilang nominal pinjamannya tidak seberapa, kenapa susah sekali mengembalikannya? Harusnya dari kemarin-kemarin utangnya itu sudah lunas, dong. Ini, kok malah cari-cari alasan terus. Memangnya lupa, ya? Waktu meminjam uang dulu dia sampai memohon sama kamu, lho. 

5. Ketahuan membocorkan rahasiamu padahal kamu sudah percaya banget sama doi

5 Ciri Teman yang Gak Tahu Berterima Kasih, Jauh-jauh, deh!ilustrasi ketahuan bergosip (pexels.com/Keira Burton)

Tak cuma dia yang doyan curhat sama kamu tiap kali ada uneg-uneg di dalam hatinya. Kamu pun sering menceritakan masalah pribadimu ke dia, nih. Bukan tanpa alasan, lho kamu bisa sangat terbuka sama kawanmu ini. Sebab menurut kacamatamu, doi itu termasuk teman yang bisa dipercaya, kok. Sayang seribu sayang, ternyata penilaianmu itu salah. 

Buktinya, tahu-tahu permasalahanmu yang cuma diketahui oleh dia dan keluargamu itu bisa menyebar ke mana-mana, sampai menjadi gosip panas. Usut punya usut, ternyata temanmu ini dalangnya. Pantas saja, akhir-akhir ini doi selalu minta di-update tentang perkembangan masalahmu itu. Oh, lagi cari bahan gibah rupanya.

Menolong teman adalah perbuatan yang terpuji, tapi gak ada salahnya kamu juga berpikir logis dan lebih berhati-hati lagi. Lihat dulu sifat temanmu ini seperti apa. Jika memang dia dikenal sebagai kacang yang lupa sama kukitnya, ya gak usah memaksakan diri untuk membantunya. Daripada ujung-ujungnya kamu kesal sendiri, mending bantu doa saja dari jauh. Itu sudah lebih dari cukup, kok.

Baca Juga: 5 Penyebab Kandasnya Hubungan Pertemanan, Mengalaminya?

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya