Comscore Tracker

5 Cara Bijak Membantu Meringankan Beban Teman yang Baru Kena PHK

Jangan sampai niat baikmu justru terkesan merendahkan

Saat tahu ada teman yang baru saja jadi korban pemutusan hubungan kerja atau PHK, tentu kamu merasa iba padanya. Sebagai teman dekat, pasti ada keinginan untuk membantu meringankan beban yang sedang ditanggungnya saat ini. Apalagi dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini, mendadak tidak memiliki pekerjaan bakal menjadi pukulan yang cukup telak baginya.

Niat sudah bulat mau membantu, tapi kamu bingung harus menolong dengan cara apa. Jangan sampai, dong maksud hati mau meringankan beban teman eh, jatuhnya malah terkesan merendahkan dia. Tenang, kamu bisa mencoba lima cara bijak di bawah ini kok. Niscaya temanmu akan merasa sangat tertolong dan berterima kasih padamu. 

1. Tidak perlu bertanya apa sebab dia kena PHK, kalau diam berarti dia memang enggan membahasnya

5 Cara Bijak Membantu Meringankan Beban Teman yang Baru Kena PHKpexels/Sam Lion

Mula-mula kamu gak perlu bertanya apa sebab yang membuat dia kena PHK. Ya, walaupun topik itu membuatmu sangat kepo, tapi coba tahan diri. Kalau memang nyaman dibahas, toh temanmu juga bakal speak up dengan sendirinya, kok. Saat ini dia diam karena memang masih terguncang dan merasa trauma dengan kejadian yang baru saja dialaminya. Dengan tidak bertanya dan mengorek informasi tentang masalahnya saja sudah membantunya untuk bangkit dan tidak terus-terusan merasa terpuruk, lho. 

2. Daripada langsung memberikan uang tunai, lebih baik belikan barang-barang yang sekiranya berguna baginya

5 Cara Bijak Membantu Meringankan Beban Teman yang Baru Kena PHKpexels/Polina Tankilevitch

Sempat kepikiran, dong mau memberinya sejumlah uang bahkan sampai menggalang dana bersama teman-teman yang lain segala. Tapi coba pikirkan lagi deh, daripada kasih uang tunai akan lebih sopan kalau kamu mengasih dalam bentuk barang. Misalnya saja sembako atau keperluan bayi untuk anaknya. Sebab jika bantuannya berwujud uang, takutnya temanmu akan merasa tersinggung. Lagian dia juga gak pernah minta pinjaman uang sama sekali, kan? Nanti temanmu bisa berpikir kalau kamu menganggap dia gak punya uang sama sekali dan terlihat menyedihkan.  

Baca Juga: Benarkah Curhat Bisa Meringankan Beban Kita? Begini Penjelasannya

3. Sediakan diri untuk mendengarkan keluh kesahnya dan bantu dia menemukan pencerahan

5 Cara Bijak Membantu Meringankan Beban Teman yang Baru Kena PHKpexels/Budgeron Bach

Kalau kamu belum bisa membantunya secara materi, gak masalah. Kamu bisa menyediakan diri sebagai tempat curhatnya kapan pun dia butuh. Baru saja kehilangan pekerjaan yang menjadi sumber penghidupan satu-satunya tentu saja membuatnya cukup terpuruk. Sebagai teman, ini waktunya kamu menunjukkan rasa setia kawan. Dengarkan keluh kesahnya dan bantu dia memikirkan jalan keluar yang paling tepat. Maklum, saat sedang terpuruk begini biasanya orang jadi sulit berpikir jernih apalagi menemukan solusi. 

4. Tetap ajak dia kumpul bersama geng kalian, jangan sampai temanmu ini merasa diasingkan mentang-mentang pengangguran

5 Cara Bijak Membantu Meringankan Beban Teman yang Baru Kena PHKpexels/Ketut Subiyanto

Tidak menutup kemungkinan temanmu ini akan perlahan-lahan menarik diri dari lingkungan sosialnya. Termasuk menjauh dari kalian teman-teman terdekatnya. Ini disebabkan karena dia merasa malu dan rendah diri, melihat kalian yang sukses dengan bidang pekerjaannya masing-masing, sementara dia menganggur. Tunjukkan ke dia kalau pemikirannya itu salah. Ajak temanmu ini keluar dan nongkrong bareng kawan-kawan yang lain seperti biasa. Soal uang gak perlu dipikirkan, deh. Pasti kalian juga gak keberatan mentraktir teman sendiri, kan? 

5. Bantu dia mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuannya

5 Cara Bijak Membantu Meringankan Beban Teman yang Baru Kena PHKpexels/Ketut Subiyanto

Setelah kondisi mentalnya mulai tenang lagi, bantu dia untuk mendapatkan pekerjaan yang baru. Tentunya kamu tahu, dong keahlian yang dimiliki temanmu ini apa saja. Nah, coba hubungi kawan-kawanmu yang lain. Siapa tahu mereka punya lowongan kerja yang sesuai dengannya. Kalau pun dalam waktu dekat belum ada pekerjaan yang cocok, kamu juga bisa mengarahkannya untuk mencoba bidang pekerjaan lain. Asalkan masih bisa diusahakan gak masalah, kok. Paling penting ada pemasukan dan dia bisa bangkit lagi. 

Membantu teman merupakan tindakan yang mulia. Meskipun begitu perlu diingat supaya kamu gak salah langkah dan jatuhnya malah terkesan merendahkan kondisinya. Walaupun memang kamu sama sekali gak berniat demikian, ya. Tapi namanya juga sedang pusing masalah ekonomi gara-gara kena PHK, maklumi kalau dia jadi agak sensitif.

Paling penting niatmu baik dan gak ada maksud tersembunyi di belakangnya. Semoga apa yang kamu berikan ke dia bisa berguna dan meringankan beban yang sedang dia tanggung, ya. 

Baca Juga: 5 Solusi untuk Atasi Keuangan yang Terbatas usai Kena PHK

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya