Comscore Tracker

5 Penyebab Gebetan Pilih Menjauh Setelah Menolak Cintamu

Ingin membantumu lekas move on

Ditolak setelah menyatakan cinta ke gebetan itu memang menyakitkan. Padahal sebelumnya kamu sudah sangat yakin bakal diterima dan jadian sama doi. Buktinya, akhir-akhir ini gebetanmu sudah gak jutek lagi, kok. Bahkan beberapa kali dia sempat mengajakmu jalan duluan. Bukankah itu pertanda lampu hijau mulai menyala? Ya, belum tentu juga, dong!

Bisa saja si dia bersikap demikian karena sudah mulai merasa nyaman denganmu sebagai teman. Sayangnya, penderitaanmu gak berhenti sampai di situ. Setelah menolak cintamu, eh mendadak doi justru menjauh dan menghilang tanpa kabar. Kira-kira ada apa, ya? Mungkin salah satu dari lima sebab di bawah ini adalah jawabannya. Yuk, cari tahu supaya kamu bisa tidur nyenyak malam ini.

1. Merasa sungkan kalau harus tetap berteman akrab denganmu

5 Penyebab Gebetan Pilih Menjauh Setelah Menolak Cintamuilustrasi orang menyendiri (pexels.com/Ron Lach)

Siapa yang gak patah hati habis ditolak cintanya? Tentu saja kamu juga sempat merasa kacau beberapa hari, dong. Tapi jujur, dirimu juga masih mau berteman baik dengannya, kok. Gak ada, tuh rasa dendam karena tidak bisa jadian sama dia. Tapi ternyata gebetanmu malah berpikir sebaliknya. Dia merasa sungkan kalau harus tetap menjalin hubungan akrab denganmu setelah kejadian tersebut. 

Pikirnya, bakal awkward banget pertemuan kalian nanti. Jadi daripada merasa gak enak terus tiap kali bersinggungan denganmu, dia memilih mundur sekalian dari hidupmu. Bukan lantaran gak suka berteman sama kamu, ya. Alasan doi memang benar-benar murni karena merasa gak enak saja, kok. Mungkin dia butuh waktu sejenak, sampai pada akhirnya nanti kalian bisa berteman lagi.  

2. Gak mau dibilang kasih harapan palsu, bila sikapnya padamu gak berubah

5 Penyebab Gebetan Pilih Menjauh Setelah Menolak Cintamuilustrasi dicuekin gebetan (pexels.com/cottonbro)

Lagi-lagi dia memikirkan dampak buruknya, jika kalian masih dekat, padahal jelas-jelas kamu sudah ditolak olehnya. Apalagi kalau bukan omongan orang yang menilai bahwa si dia lagi kasih harapan palsu, nih sama kamu. Ketakutan ini bisa saja menghantuinya, lho. Ditambah lagi, gebetanmu itu adalah tipe orang yang baper-an. 

Jadi mending maklumi dan terima saja, deh keputusannya ini. Ketimbang kamu maksa mendekatinya sebagai teman, tapi malah bikin dia gak nyaman. Siapa tahu, nanti setelah beberapa bulan ke depan hatinya jadi luluh dan kalian bisa mulai saling sapa lagi. 

3. Sejak awal memang dia gak suka kamu dekat-dekat dirinya

5 Penyebab Gebetan Pilih Menjauh Setelah Menolak Cintamuilustrasi makan sendirian (pexels.com/Daria Sannikova)

Pasti selama ini kamu terlalu berpikiran positif tentang gebetanmu itu. Bahkan timbul keyakinan dalam dirimu, bahwa sebenarnya dia juga punya rasa yang sama denganmu. Untuk itu, kamu pada akhirnya memberanikan diri menyatakan cinta ke dia. Eh, bukannya resmi jadian, kamu malah ditolak olehnya.

Ibarat sudah jatuh tertimpa tangga lagi. Selepas peristiwa itu, doi malah langsung menutup akses komunikasi di antara kalian. Usut punya usut, kamu dengar ini dikarenakan ternyata selama PDKT kemarin doi merasa risi kamu dekat-dekat terus dengannya. Nah, setelah menolak cintamu, dia jadi punya kesempatan untuk jaga jarak sekalian, deh. Duh, yang sabar, ya.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Buru-buru Bilang I Love You ke Gebetan

4. Diam-diam ada perasaan seseorang yang harus dia jaga

5 Penyebab Gebetan Pilih Menjauh Setelah Menolak Cintamuilustrasi tatapan naksir (pexels.com/cottonbro)

Kamu mungkin tidak tahu-menahu, bahwa sebenarnya gebetanmu ini punya seseorang yang dia suka. Karena doi juga gak pernah terbuka akan hal itu, apalagi menceritakan soal sosok yang dia taksir selama ini. Itu dilakukan semata-mata karena dia sadar, kamu punya rasa lebih untuknya dan gebetanmu ini gak sampai hati membuatmu terluka. 

Niatnya bagus, sih tapi mau ditutupi seperti apa pun juga, kebenaran tetap bakal terungkap, kok. Setelah menolak cintamu, dia langsung mengambil langkah mundur dan menjauhimu. Ini karena baginya, ada hati yang harus dijaga. Meskipun mungkin mereka belum tentu jadian. Namun kehadiranmu bisa saja menjadi penghalang baginya, untuk bisa mendapatkan cinta yang dia dambakan itu. 

5. Ini adalah cara dia untuk membantumu lekas move on darinya

5 Penyebab Gebetan Pilih Menjauh Setelah Menolak Cintamuilustrasi orang menelepon (pexels.com/RODNAE Productions)

Sebagai orang yang pernah ditolak cintanya, gebetanmu ini tahu betul bagaimana rasanya berada di posisimu sekarang. Untuk itulah, dia berniat membantumu supaya lekas move on.

Caranya adalah dengan menjaga jarak denganmu, bahkan menghentikan komunikasi di antara kalian. Memang terkesan kejam, tapi cara ini terbukti ampuh membuatmu cepat melupakannya, lho. 

Tak selamanya, aksi gebetan yang mendadak menghilang setelah menolakmu, dikarenakan punya niat buruk. Buktinya, ada pula penyebab yang didasari karena rasa peduli pada perasaanmu, kok. Jadi jangan buru-buru berpikir negatif, ya. Cari tahu dulu, deh kebenarannya. So, kira-kira sebab yang mana, nih yang mendekati situasimu saat ini?

Baca Juga: Tanpa Sadar, 5 Sikap Eleganmu Ini Bikin Gebetan makin Tertarik

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya