Comscore Tracker

5 Risiko Mau Menjalani Hubungan Asmara Tanpa Kejelasan, Hati-hati

Pokoknya jalani saja dulu!

Meskipun masih sebatas pacaran, namun hubungan asmaramu ini harus tetap dijalani dengan serius. Salah satunya mesti ada kejelasan rencana masa depan di antara kalian berdua.

Jangan sampai kamu rela pacaran dengannya, sementara doi selalu bilang 'kita jalani saja dulu, ya?'. Nah, mau jalan sampai mana, kan gak jelas tujuannya. 

Kalau kamu masih nekat menjalin hubungan asmara yang gak pasti begini, siap-siap menanggung kelima risiko berikut ya. Simak baik-baik tiap poinnya, supaya kamu bisa bertindak tegas dan berani mengambil keputusan yang tepat. 

1. Hubungan kalian akan terasa monoton dan membosankan

5 Risiko Mau Menjalani Hubungan Asmara Tanpa Kejelasan, Hati-hatiilustrasi pasangan kekasih (pexels.com/Budgeron Bach)

Karena tidak tahu tujuan selanjutnya apa, otomatis hubungan asmaramu dengannya bakal terasa membosankan. Aktivitas kalian juga cuma berkutat seputar itu-itu saja. Tiap malam minggu berkencan, sekali-kali pergi makan atau nonton film di luar hari sabtu, saling berbalas pesan dan lain-lain. 

Jujur pasti kamu merasa jenuh sama rutinitas ini, kan? Seolah-olah gak ada hal lain yang bisa kalian kerjakan bersama. Beda cerita jika hubungan ini punya tujuan yang pasti. Kalian bisa ngobrol soal pernikahan impianmu itu seperti apa. Bagaimana kalian akan mendidik anak-anak kelak dan lain sebagainya. Gimana, jauh lebih asyik, kan?

2. Dia gak benar-benar mau berusaha berkorban demi kamu

5 Risiko Mau Menjalani Hubungan Asmara Tanpa Kejelasan, Hati-hatiilustrasi orang berpelukan (pexels.com/Alex Green)

Merasa kamu sudah cukup puas dengan hubungan yang monoton ini, membuat doi kurang peka sama keinginanmu yang sebenarnya. Alhasil, doi gak pernah sama sekali punya inisiatif untuk sedikit berkorban buatmu.

Misalnya, meluangkan waktunya di hari ulang tahunmu. Meskipun itu bukan tanggal merah. Sementara kamu dengan polosnya terus berjuang supaya hubungan ini lebih berwarna.

Seperti sering mengirimkan bekal makan siang ke kantornya sebagai kejutan. Tapi tetap saja, usahamu ini gak dapat respon yang baik darinya dan cuma dianggap sebagai sikap yang lumrah saja. 

Baca Juga: 5 Risiko yang Dialami jika Jalin Hubungan dengan Teman Sekantor

3. Sewaktu-waktu kamu bisa ditinggalkan olehnya begitu saja

5 Risiko Mau Menjalani Hubungan Asmara Tanpa Kejelasan, Hati-hatiilustrasi orang menangis (pexels.com/Karolina Grabowska)

Tidak menutup kemungkinan, lho dia bisa memutuskanmu sewaktu-waktu. Apa lagi alasannya, kalau bukan karena kalian tidak punya komitmen buat serius pacaran sejak awal. Ibarat kalau sudah bosan sama mainan A, dia bakal cari mainan B. Kejam juga, ya? 

Sedangkan dalam hati, kamu masih berharap bisa langgeng sama doi. Mulai, deh, kamu yang harus mati-matian mempertahankan hubungan kalian. Menuruti semua maunya dia, asalkan tidak pernah ada kata putus yang keluar dari mulutnya. 

4. Tanpa sadar kalian sudah menghabiskan banyak waktu bersama tapi tidak ada kemajuan apa-apa

5 Risiko Mau Menjalani Hubungan Asmara Tanpa Kejelasan, Hati-hatiilustrasi pasangan kekasih (pexels.com/SHVETS production)

Jika ditilik dari segi lamanya umur jadian, kalian termasuk pasangan senior yang sudah melewati waktu bersama dalam waktu lama. Tentu saja itu bukanlah waktu yang singkat, dong. Wajar jika orang lain berpikir kalian sudah sama-sama serius sama hubungan ini. Pokoknya tinggal tunggu waktu saja, deh, buat meresmikannya ke jenjang yang lebih serius. 

Namun kenyataannya, selama ini bisa dibilang kalian cuma buang-buang waktu saja. Tidak ada bedanya, di awal jadian sampai sekarang. Masih saja sering ribut karena masalah yang sama.

Di mana kamu ingin dia menunjukkan keseriusannya. Sementara doi tetap teguh sama pendiriannya, yakni 'jalani saja dulu apa yang ada'. Mohon maaf, ini hubungan sudah jalan lama, lho. 

5. Berkali-kali melewatkan kesempatan untuk mendapatkan yang lebih baik

5 Risiko Mau Menjalani Hubungan Asmara Tanpa Kejelasan, Hati-hatiilustrasi membalas pesan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Hubungan percintaanmu ini memang terasa melelahkan. Berjalan tanpa ada arah dan tujuan. Namun gak bisa dimungkiri bila kamu masih begitu sayang padanya. Ditambah lagi, kalian sudah menghabiskan terlalu banyak waktu bersama. Tentu saja memori yang ada di kepalamu tentang dia gak bisa dihilangkan begitu saja. Jika kalian benar-benar berpisah. 

Tanpa disadari, keputusan untuk bertahan ini membuatmu mengabaikan kesempatan untuk mendapatkan pasangan yang lebih baik. Gak sedikit, lho, lawan jenis yang mendekat bahkan terang-terangan mengaku naksir sama kamu. Tapi semua terpaksa ditolak, hanya karena kamu percaya hubungan asmaramu yang sekarang masih ada harapan. 



Jangan pernah sepelekan komitmen dalam hubungan. Apalagi soal asmara. Gak mau, dong, pengorbananmu selama ini sia-sia? Di mana kamu telah mati-matian menjaga hubungan kalian supaya tetap berjalan baik. Sementara doi gak pernah mau memberikan kepastian. Mending kamu berhenti sekarang juga, deh. Sadar, dirimu terlalu berharga untuk bersama orang sepertinya. 

Baca Juga: 5 Risiko Menjalin Hubungan tanpa Proses PDKT yang Cukup

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya