Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Ini Saat Mengunjungi Teman yang Sakit, Yuk Berbuat Baik!

Hibur hatinya! 

Jika temanmu menderita sakit, maka sudah selayaknya kamu menjenguknya. Sebab menjenguk orang sakit merupakan kebaikan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan setiap manusia. Namun demikian, sebelum kamu menjenguk sahabatmu, ada baiknya kamu mengetahui sejumlah hal mengenai etika dalam melakukan kunjungan.

Berikut ini lima hal yang bisa kamu lakukan saat mengunjungi teman yang sedang sakit. Yuk disimak! 

1. Membawa buah tangan atau hadiah saat menjenguk temanmu 

Lakukan 5 Hal Ini Saat Mengunjungi Teman yang Sakit, Yuk Berbuat Baik!Pixabay/Free-Photos

Perilaku ini merupakan wujud kepedulian kamu terhadap temanmu yang sakit. Kamu bisa membawa hadiah sederhana yang dapat berkesan untuk sang teman. Bahkan kamu juga bisa memasak makanan tertentu yang menyehatkan untuk kemudian kamu berikan kepada temanmu yang sakit. Ini juga merupakan hadiah sederhana yang bisa kamu bagikan pada temanmu. Ingatlah, dengan berbuat demikian, kamu dapat membuat sahabatmu tersenyum.

2. Hibur hatinya dan beri dorongan semangat agar temanmu tidak putus asa dengan penyakitnya 

Lakukan 5 Hal Ini Saat Mengunjungi Teman yang Sakit, Yuk Berbuat Baik!youqueen.com

Bisa saja sakit yang ia derita, membuat kondisi fisik maupun mentalnya tertekan di waktu bersamaan.Untuk itu jangan ragu menoreh kebahagiaan sederhana saat menjenguk temanmu. Beri ia semangat agar tidak menyerah dan senantiasa bersabar dalam menghadapi ujian sakit tersebut. Katakan pada temanmu, bahwa sakit yang ia derita akan mengangkat derajatnya di mata Ilahi. Jadilah teman yang baik dan perhatian saat temanmu sedang sakit. Hal ini akan membuat suasana hati temanmu akan berangsur membaik.

Baca Juga: 6 Manfaat Menjenguk Orang Sakit, Dapat Banyak Pelajaran Hidup, lho

3. Berbicara dengan sopan dan tidak menyakiti perasaan temanmu yang sedang sakit 

Lakukan 5 Hal Ini Saat Mengunjungi Teman yang Sakit, Yuk Berbuat Baik!Pixabay.com/gigieffe

Dalam menjenguk orang yang sakit, tentu kamu tidak boleh sembarangan dalam bersikap. Sebab, jika sembarangan bersikap,  maka hal tersebut akan sangat mengganggu sang teman. Jadi, ketika kamu menjenguk teman, maka berbicaralah dengan kata-kata yang sopan.

Hindari bersuara nyaring karena tentu akan sangat mengganggu temanmu.
Ucapkan kalimat-kalimat yang baik dan positif pada temanmu, dan berusahalah untuk tidak mengeluarkan kata atau kalimat yang akan membuat suasana hati sang teman semakin sendu, bahkan sampai terluka karena kalimat yang mungkin tidak sengaja kamu lontarkan.

4. Doakan dengan tulus ikhlas agar temanmu bisa sembuh

Lakukan 5 Hal Ini Saat Mengunjungi Teman yang Sakit, Yuk Berbuat Baik!Unsplash.com/Thom Holmes

Jangan lupa untuk mendoakan temanmu agar diberi kesembuhan oleh Sang Maha Kuasa. Berdoalah dengan tulus ikhlas. Semoga Sang Khalik segera mengangkat sakit yang diderita oleh temanmu sesegera mungkin. Ingatlah, mendoakan teman yang sakit adalah ciri manusia berakhlak mulia, dan hal ini merupakan salah satu kebaikan sederhana yang bisa dilakukan setiap manusia terhadap satu sama lain. Jadi, berdoalah terus dan jangan pernah jemu merayu Sang Pencipta agar memberi kesembuhan pada temanmu.

5. Bila memungkinkan, kamu dapat menjenguk temanmu sesering mungkin  

Lakukan 5 Hal Ini Saat Mengunjungi Teman yang Sakit, Yuk Berbuat Baik!rawpixel.com/Felix

Apabila kamu memiliki waktu luang, kamu dapat mengunjungi temanmu yang sedang sakit sesering mungkin. Dengan kehadiranmu, temanmu dapat merasa terhibur. Namun ingat, meskipun kamu dapat mengunjungi temanmu yang sakit kapan saja, tetap jangan lupa memperhatikan durasi kunjungan. Usahakan untuk tidak berlama-lama saat sedang menjenguk teman, sebab hal ini bisa saja mengganggu waktu istirahatnya.

Ketahuilah, mengunjungi teman yang sedang sakit adalah bentuk kebaikan sederhana yang bisa dilakukan siapa saja. Mungkin hal ini terkesan sepele, namun bisa jadi dengan kehadiran kamu menjenguk sang teman dapat membuat kondisinya kian membaik dan dapat membuat ia bisa ceria kembali.

Baca Juga: 6 Tips Saat Menjenguk Orang Sakit, Biar Gak Ketularan Sakit!

Anggita Amelia Photo Verified Writer Anggita Amelia

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya