Comscore Tracker

5 Harapan Gak Realistis dalam Hubungan Asmara, Buang Jauh-jauh! 

Jangan menaruh ekspektasi terlalu tinggi, guys!

Dalam menjalin hubungan, kadang kita menaruh harapan-harapan besar yang ingin direalisasikan bersama pasangan. Namun, dalam harapan tersebut seharusnya kita juga bisa membedakan mana yang bisa diwujudkan dan mana yang dirasa kurang realistis.

Memaksakan harapan dalam sebuah hubungan bila diterus-teruskan juga akan berdampak pada kelangsungan hubunganmu dengan pasangan, lho. Karenanya, sebelum kamu terjerumus dalam ekspektasi yang gak realistis.

Coba cari tahu dulu bersama, yuk, apa saja, sih, harapan paling gak realistis dalam hubungan asmara? Just keep on reading!

1. Berharap agar pasangan bisa berubah atau merubah pasangan 

5 Harapan Gak Realistis dalam Hubungan Asmara, Buang Jauh-jauh! ilustrasi pasangan sedang berdebat (pexels.com/Keira Burton)

Sebagai manusia kita pasti dibekali kelebihan dan kekurangan, bukan? Berada dalam sebuah hubungan asmara, tentunya kita wajib untuk menerima kedua hal tersebut. Namun, gak sedikit, lho yang kerap berharap agar pasangannya bisa berubah atau bahkan dengan sangat percaya diri bisa merubah pasangan.

Satu hal yang wajib kamu ketahui dan pegang teguh sampai kapapun, kedua hal tersebut adalah hal yang gak realistis dan mustahil. Pasanganmu gak akan berubah dan kamu pun gak akan pernah bisa merubahnya kecuali niat itu datang dari dirinya sendiri.

Mau seberapa kerasa usahamu, kalau kesadaran itu tidak muncul dari dalam diri pasanganmu gak akan pernah berhasil, lho. Alangkah lebih baiknya, untuk sama-sama berdamai dengan kekurangan masing-masing.

2. Berharap akan hubungan romantis setiap saat 

5 Harapan Gak Realistis dalam Hubungan Asmara, Buang Jauh-jauh! ilustrasi pasangan romantis (pexels.com/Vlada Karpovich)

Setidaknya sekali seumur hidup, kamu pasti pernah bertanya tentang kenapa pasanganmu sudah tidak seromantis saat masa PDKT dulu. Meski intensitas romantisnya berkurang, bukan lantas dia sudah gak cinta dengan kamu lagi, kok. Sebaiknya, kamu kubur dulu harapan bahwa kalian akan selalu berada dalam hubungan romantis setiap saat.

Berhenti melihat unggahan relationship goals publik figur atau selebritas dan berharap agar pasanganmu bisa seperti mereka. Mereka juga pasti mengalami fase-fase yang kamu rasakan, hanya saja memang tidak dipertontonkan ke khalayak.

Siapapun itu couple goals favoritmu juga pasti merasakan bahwa pasangannya tak bisa romantis setiap saat. Jadi, mari lebih realistis, ya jangan berharap adegan di drama atau film yang kamu tonton bisa terus menerus terjadi dalam hidupmu.

Baca Juga: 5 Bahasa Tubuh Pertanda Hubungan Asmara Kuat, Merasakan?

3. Berharap pasanganmu harus terus setuju dengan pendapatmu 

5 Harapan Gak Realistis dalam Hubungan Asmara, Buang Jauh-jauh! ilustrasi pasangan sedang berdebat (pexels.com/Polina Zimmerman)

Selain dengan sahabat, kadang dengan pasanganlah kita kerap mengutarakan pendapat. Namun, kamu juga harus realistis, nih. Jangan tuntut atau bahkan berharap kalau pasanganmu harus terus setuju dengan pendapatmu.

Misal kamu punya opini A sedangkan dia punya opini lain, coba, deh terima opini itu. Jangan malah ngambek dan menuduh yang bukan-bukan. Buka pikiran dan terima opini yang ia lontarkan sebagai sudut pandang lain untuk kamu renungkan.

Kalau dia berselisih paham denganmu tentang sesuatu coba untuk mengerti itu, kalau kamu merasa masih belum sependapat juga, coba kemukakan sudut pandangmu. Dari sana nanti akan terbit sebuah diskusi dan kalian akan menemukan jalan tengah untuk permasalahan tersebut. Kadang, hubungan asmara itu sederhana tapi, kita yang menjalanilah yang kerap membuatnya rumit.

4. Berharap semua orang akan menerima pasanganmu 

5 Harapan Gak Realistis dalam Hubungan Asmara, Buang Jauh-jauh! ilustrasi memperkenalkan pacar kepada teman (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Mengenalkan pasangan kepada orang terdekat adalah salah satu cara untuk membuatnya di terima oleh sekelilingmu. Namun, kamu gak boleh menaruh ekspektasi yang tinggi bahwa semua orang terdekatmu akan menerima pasanganmu begitu saja. Entah apapun alasannya pasti akan ada satu atau dua orang yang kurang bisa menerima kehadiran pasangamu.

Entah diungkapkan secara langsung kepadamu atau tidak, sebaiknya jangan pernah berharap bahwa semua orang akan menerima dia begitu saja. Seiring berjalannya waktu, mereka juga akan melihat sendiri, kok bagaimana pasangamu. Bisa jadi, apa yang mereka pikirkan tidak sesuai dengan kenyataannya.

Jadi, gak perlu terlalu diambil hati, ya. Meski akan lain cerita jika yang kurang bisa menerima adalah orang tua kamu, sih. Tapi walau begitu, cobalah beri pengertian secara perlahan, ya!

5. Berharap kamu akan menjalin hubungan tanpa perselisihan 

5 Harapan Gak Realistis dalam Hubungan Asmara, Buang Jauh-jauh! ilustrasi pria dan wanita sedang memilih buah (pexels.com/Jack Sparrow)

Hubungan yang sempurna bukanlah hubungan yang tak memiliki perselisihan sama sekali, lho. Kalau kamu sempat berharap seperti itu lebih baik kamu buang jauh-jauh pemikiran itu, deh! Gak realistis sama sekali, lho. Sesempurna apapun sosok pasangan di mata kamu, tetap saja yang namanya perselisishan akan datang menghampiri hubungan.

Selagi tidak terjadi setiap saat, manfaatkan perselisihan ini untuk mengerti satu sama lain dalam proses mendewasakan hubungan. Dengan siapapun orangnya, sebuah hubungan pasti akan diwarnai peselisihan, kok. Tugas kalian berdualah agar bisa menyelesaikannya dan menemukan jalan keluar bersama agar hubungan asmara tidak kandas begitu saja.

Setelah tahu beberapa harapan gak realistis di atas, semoga kamu bisa membuang ekspektasi tersebut jauh-jauh, ya! Karena kalau nekat hidup dalam harapan yang ada kamu akan kaget apabila kenyataan hubunganmu dan pasangan gak seindah bayanganmu.

Baca Juga: 6 Cara Menghormati Pasangan agar Tercipta Hubungan Asmara yang Sehat

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya