Comscore Tracker

5 Tips Move On Bagi Kamu yang Masih Terbayang Sama Mantan

Masih banyak ikan di lautan, lho

Kandasnya sebuah hubungan memang menyisakan kepahitan bahkan sulitnya beranjak dari seseorang tersebut secara berkelanjutan. Jika kamu tengah berada dalam fase seperti ini berarti kamu bisa dibilang belum move on. Pasti semua orang pernah berada di fase yang bisa dibilang menyebalkan ini.

Pasalnya move on bisa berlangsung selama hitungan bulan bahkan bertahun-tahun. Nah, bagi kamu, nih yang masih saja terbayang sosok mantan, yuk simak 5 tips move on berikut ini.

1. Maafkanlah dirimu sendiri atas segala hal yang terjadi

5 Tips Move On Bagi Kamu yang Masih Terbayang Sama MantanUnsplash.com/William Farlow

Meski sulit, tapi kamu harus segera memaafkan dirimu atas apa yang telah terjadi. Bukan sepenuhnya salahmu. Bukan sepenuhnya seluruh perasaan bersalah itu harus kamu yang menanggung sendiri.

Belum tentu juga, kok kandasnya hubungan kalian sepenuhnya karena kamu. Yuk, belajar dari kesalahan itu dan menjadikannya pelajaran ke depan agar jangan sampai apa yang menjadi karamnya hubungan kalian terulang lagi.

2. Ayo mulai menerima keadaan

5 Tips Move On Bagi Kamu yang Masih Terbayang Sama MantanUnsplash.com/Frank Mc Kenna

Ketika kamu sudah mulai memaafkan dirimu sendiri, segeralah berdamai dengan keadaan. Menerima kenyataan bahwa ini merupakan lembaran baru yang harus kamu jalani. Kamu dan dia telah memutuskan untuk berjalan di jalan kalian masing-masing. Tanpa dia, kamu juga bisa bahagia, kok.

Baca Juga: 7 Tanda Mantan Gak Mau Balikan Lagi Sama Kamu, Mending Move On Deh!

3. Buang segala hal yang berkaitan tentang mantan

5 Tips Move On Bagi Kamu yang Masih Terbayang Sama MantanUnsplash.com/Christopher Flynn

Tidak ada yang salah, lho jika kamu mulai menyingkirkan segala hal yang berkaitan dengan mantan. Jika memang hal itu membuatmu lebih baik lakukan saja. Simpan semua barang pemberian darinya simpan rapi ke dalam sebuah kotak dan letakkan di tempat yang sekiranya tak akan kamu buka lagi atau buang saja sekalian.

4. Cintai lagi dirimu sendiri, dirimu yang pernah hilang

5 Tips Move On Bagi Kamu yang Masih Terbayang Sama MantanUnsplash.com/John Sting

Tak jarang seseorang kehilangan dirinya saat tengah jatuh cinta. Alih-alih ingin membahagiakan si dia justru malah membuat diri kita kehilangan jati diri. Yuk, mulai cintai diri sendiri lagi.

Kamu berhak untuk melakukan apa yang kamu mau, kamu berhak bahagia, kamu berhak atas dirimu sendiri. Mulai bahagiakan dirimu dengan hal-hal sederhana seperti menekuni hobi, traveling, hang out dengan teman dan sebaginya.

5. Tata kembali hidupmu dan fokus masa depan

5 Tips Move On Bagi Kamu yang Masih Terbayang Sama MantanUnsplash.com/Jen Theodore

Setelah melewati semua fase kini tibalah kamu untuk mulai menata lagi kehidupanmu dan fokus dengan masa depan. Kamu bisa fokus dalam pendidikan maupun karir. Ada atau tanpa dia kamu bisa meraih itu semua, kok.

Lakukan sesuatu untuk meningkatkan kualitas dirimu. Lakukan tanpa motivasi apa pun benar-benar karena kamu ingin mewujudkannya bukan karena ingin membuktikan ke si dia “ini lho aku sekarang, nyesel kan dulu putusin aku”. Kamu pasti bisa, kok mewujudkan semua mimpi dan cita-cita kamu.

Move on itu perihal waktu dan juga pilihan. Jika kamu benar-benar ingin lepas dari bayang-bayang mantan segeralah putuskan untuk melanjutkan kehidupan. Kamu pasti tidak mau kan terus terjebak dalam bayangan masa lalu sedang dia sudah bahagia dengan pasangan barunya, tuh.

Nah, itu tadi 5 tips move on agar kamu terlepas dari bayang-bayang mantan. Semangat move on-nya guys. Dunia ini gak cuma ada dia aja, kok!

Baca Juga: 5 Alasan Masih Tetap Menjomblo, Bukan Hanya Belum Move On

Annisa Nur Fitriani Photo Community Writer Annisa Nur Fitriani

a talkative who loves to write and tweeting | “Even a falling star still shines” - Tablo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You