Comscore Tracker

5 Alasan Pentingnya Restu Orangtua, Izin Dulu lalu Menikah!

Di dalam restu ada doa terbaik orangtua

Memasuki hubungan yang serius pasti kita mengharapkan restu dari orangtua untuk membangun rumah tangga. Namun jika orangtua tak kunjung memberikan restu hubunganmu dengan kekasih, pasti bisa membuat frustasi akan pilihan berat melanjutkan hubungan tanpa restu orangtua atau melepaskan?

Supaya kamu tak salah ambil keputusan, pertimbangkan dulu alasan orangtua ogah memberi restu dan sebisa mungkin untuk tak melanjutkan pernikahan sebelum restu dikantongi. Berikut ini alasan pentingnya restu orangtua sebelum melanjutkan pernikahan.

1. Dalam restu ada doa orangtua

5 Alasan Pentingnya Restu Orangtua, Izin Dulu lalu Menikah!ilustrasi orangtua (pexels.com/RODNAE Productions)

Restu bukan sekedar orangtua memberi izin atas hubunganmu dengan calon pasangan. Makna restu orangtua lebih dari itu, di dalam restu ada doa orangtua untuk kebaikan hubungan kalian agar rumah tanggamu nanti dipenuhi keberkahan, dan setiap masalah dapat diselesaikan dengan baik.

Nah, jadi ketika orangtua tak kunjung memberi restu perlu dipikirkan ulang apa hubunganmu dengan pacar masih perlu dipertahankan.

2. Jadi anak yang berbakti 

5 Alasan Pentingnya Restu Orangtua, Izin Dulu lalu Menikah!ilustrasi ibu dan anak (pexels.com/Elina Fairytale)

Memilih pasangan memang hak kita sendiri karena nanti yang menjalani rumah tangga adalah diri sendiri. Terkadang orangtua ikut campur karena ingin anaknya tak memilih pasangan yang salah. Setidaknya orangtua tahu garis besar pasangan pas dijadikan menantu.

Tak ada salahnya untuk urusan jodoh jika kita belum mendapatkan calon untuk dicarikan calon orangtua. Pastinya siapa pun yang dipilih orangtua adalah orang yang pasti direstuinya dan bisa menjadi tanda bakti sebagai anak.

3. Orangtua bisa menyeleksi calon menantu terbaik

5 Alasan Pentingnya Restu Orangtua, Izin Dulu lalu Menikah!ilustrasi keluarga (pexels.com/MART PRODUCTION)

Pikiran orangtua walau kadang tak seirama dengan anaknya bisa jadi jauh lebih logis. Beda halnya jika kita terlalu cinta dengan pacar pasti ingin selalu bersama dan lupa bahwa rumah tangga tak hanya butuh cinta. Orangtua pasti akan melihat seberapa bertanggung jawab calon pasanganmu nanti hingga mampu atau tidak menjaga anaknya.

Jika orangtua merasa calon yang dipilih anaknya tak mampu membimbing dan membahagiakan pasti orangtua tak mau memberi restu.

Baca Juga: 5 Sikap yang Harus Dihindari ke Orangtua Pacar, Biar Dapat Restu!

4. Menciptakan keharmonisan antara kamu, pasangan dan orangtua

5 Alasan Pentingnya Restu Orangtua, Izin Dulu lalu Menikah!ilustrasi wanita (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ya jika orangtua merestui hubunganmu dengan pacar otomatis hubunganmu dengan orangtua akan terjalin semakin erat. Berbeda jika kamu ngeyel melanjutkan hubungan padahal orangtua melarang keras dengan alasan logis, pasti ada kerenggangan antara kamu, pasangan dan orangtua. Hal ini menyebabkan kalian merasa tak akan pernah nyaman.

5. Memperjuangkan restu membentuk pribadi sabar dan pantang menyerah

5 Alasan Pentingnya Restu Orangtua, Izin Dulu lalu Menikah!ilustrasi wanita (pexels.com/Marcus Aurelius)

Untuk mendapatkan restu orangtua tak setiap orang menemukan jalan yang mudah. Seperti saat hubunganmu tak direstui baik kamu dan pasangan masih ingin memperjuangkan restu. 

Sekeras-kerasnya hati orangtua melihat keseriusanmu dengan pasangan dan perubahan menjadi lebih baik diantara kalian berdua cepat atau lambat hatinya akan luluh. Mendapatkan restu bisa mengajarkan arti dari sabar dan pantang nyerah sebelum menang.

Sudah tahukan betapa pentingnya restu untuk membangun sebuah pernikahan. Jadi, kantongi dulu restu orangtua dan calon mertua sebelum melenggang maju ke pelaminan.

Baca Juga: 5 Tips agar Hubungan Cintamu Tidak Sampai Terhalang Restu

Atul Hamdalah Photo Verified Writer Atul Hamdalah

Selalu mencoba bahagia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya