Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kehilangan Sahabat Bisa Lebih Sakit daripada Pacar 

Sahabat memang selalu punya tempat yang spesial di hati

Sebagian besar orang mungkin sudah mengalami sakitnya putus cinta beberapa kali dalam hidup mereka. Tapi, bagaimana dengan putus persahabatan? Mungkin, sudah banyak juga yang mengalami. Hanya saja, gak sesering putus dengan pacar atau kekasih.

Ada yang bilang, sakit hati karena putus cinta itu gak enak banget. Tapi ternyata, 'putus' dengan sahabat itu bisa jauh lebih menyakitkan lho! Kok bisa begitu? Langsung aja yuk disimak ulasannya di bawah ini!

1. Saat persahabatanmu berakhir, kalian gak saling berbicara mengenai kenapa hal itu terjadi

5 Alasan Mengapa Kehilangan Sahabat Bisa Lebih Sakit daripada Pacar unsplash.com/Kevin Laminton

Ketika putus cinta, biasanya ada penyebab jelas dan kedua pihak sering kali membicarakannya, terlepas itu secara baik-baik atau sebaliknya. Berbeda dengan sahabat, terkadang ada hal-hal yang membuat kalian berpisah begitu saja tanpa alasan yang jelas.

Sebagai contoh, ketika di masa sekolah, kamu punya sahabat karib. Tapi saat kuliah, kalian harus terpisah oleh jarak.

Bukan gak mungkin akan ada perubahan dalam ritme persahabatanmu dan amat jarang ada yang mau membicarakannya terlebih dahulu. Tanpa disadari, tiba-tiba saja hubungan persahabatan bertahun-tahun berakhir. 

2. Sahabatmu adalah orang yang justru paling ingin kamu ajak bicara mengenai permasalahan ini

5 Alasan Mengapa Kehilangan Sahabat Bisa Lebih Sakit daripada Pacar unsplash.com/Elijahhenderson

Banyak orang percaya bahwa sahabat adalah tempat teraman untuk berbagi cerita tanpa perlu khawatir dihakimi. Dengan sahabat, kamu bisa bebas bercerita dari A sampai Z. Mulai dari hal-hal menyenangkan, memalukan, hingga menyedihkan sekali pun.

Bahkan, kamu mungkin sering curhat soal urusan cinta ke sahabat sendiri. Tapi saat hubungan rusak, kamu pasti langsung merasakan kehilangan yang teramat besar. Pasalnya, cuma dia yang ingin kamu ceritakan soal kesedihanmu saat ini.

3. Kamu merasa bersalah atas gagalnya persahabatan yang telah kalian bina bertahun-tahun

5 Alasan Mengapa Kehilangan Sahabat Bisa Lebih Sakit daripada Pacar pixabay.com/Free-Photos

Menemukan sahabat itu bukan hal yang mudah, lho! Bukan hanya kita perlu memastikan kalau mereka memang tulus bersahabat dengan kita, tapi kecocokan kepribadian juga jadi salah satu faktor yang bisa menentukan masa persahabatan itu sendiri.

Ketika hubungan seseorang dengan sahabatnya rusak, selalu ada kemungkinan kalau perasaan menyesal dan bersalah akan timbul. Apalagi jika persahabatan tersebut sudah berlangsung sejak lama, rasa sakitnya bisa lebih parah daripada kehilangan kekasih!

Baca Juga: 5 Alasan Logis Kamu Gak Boleh Terlalu Bebas Dekat dengan Pacar Sahabat

4. Hanya di depan sahabatmu sendiri, kamu benar-benar bisa tampil sebagai dirimu sendiri 100 persen

5 Alasan Mengapa Kehilangan Sahabat Bisa Lebih Sakit daripada Pacar unplash.com/Bewakoof.com Official

Gak semua orang bisa menjadi 100 persen dirinya ketika berhadapan dengan sang pacar. Tapi, lain cerita kalau sudah menghabiskan waktu bareng sahabat sendiri.

Biasanya, kamu bisa langsung auto gak tahu malu. Kamu pun merasa lebih nyaman untuk melakukan hal-hal yang memang 'kamu' banget.

Saat hubunganmu dengan mereka retak, kamu pasti bakal merasakan kehilangan yang amat besar. Apalagi setiap teringat momen-momen berkesan yang pernah kalian lalui, cuma di depan mereka saja kamu gak perlu menutup-nutupi siapa kamu sebenarnya.

5. Kamu gak yakin apakah kamu bakal bisa menemukan seseorang yang lebih baik dari sahabatmu dulu

5 Alasan Mengapa Kehilangan Sahabat Bisa Lebih Sakit daripada Pacar pexels.com/Andrew Neel

Gak mudah untuk benar-benar bisa mendapatkan seorang sahabat yang tulus sekaligus cocok dengan kepribadianmu. Jika sudah menemukan satu yang benar-benar klop, sering kali kita pasti merasa ingin menjaga persahabatan tersebut untuk seterusnya.

Sayangnya, gak semua hal bisa terwujud sesuai keinginan dan manusia juga bisa berubah. Kala status sahabatmu berubah jadi 'mantan sahabat', kamu mungkin akan bertanya-tanya apakah kamu bisa menemukan seseorang yang lebih baik darinya.

Itulah kelima alasan mengapa kehilangan seorang sahabat, bisa lebih menyakitkan ketimbang pacar. Ikatan emosional dengan sahabat yang biasanya lebih dalam, juga bisa membuat seseorang lebih sulit move on dari hubungan persahabatan yang rusak.

Kalau menurutmu, gimana? Apakah kamu merasakan hal yang sama dengan poin-poin di atas?

Baca Juga: 5 Pasang Zodiak Jarang Pamer Kemesraan, Lebih Nyaman Seperti Sahabat  

Topic:

  • Ayuningtyas Juliana Putri
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya