Comscore Tracker

6 Tanda Nyata Kamu Terjebak dalam Hubungan Kodependen, Hati-hati!

Ini masalah yang gak banyak orang pahami

Mungkin istilah kodependen ini masih cukup baru dan bahkan cenderung asing untuk di dengar. Nah, makanya kita telusuri dulu apa itu kodependen. Codependency atau kodependen adalah bentuk ekstrim mengorbankan kesejahteraan diri sendiri untuk orang lain.

Jika kamu mendapati dirimu terus-menerus mengorbankan apa yang kamu inginkan dan butuhkan untuk menyenangkan pasanganmu atau menutupi perilaku buruknya. Hal itu bisa menjadi tanda peringatan bahwa kamu berada dalam hubungan kodependen. Nah, untuk lebih jelasnya coba cek tanda-tanda berikut ini.

1. Kamu berani menutupi kebiasaan buruk pasanganmu

6 Tanda Nyata Kamu Terjebak dalam Hubungan Kodependen, Hati-hati!ilustrasi mengkonsumsi alkohol (pexels.com/cottonbro)

Kebiasaan buruk pasangan itu banyak. Ada yang bisa kamu toleransi dan ada juga yang sebaliknya. Namun, jika misalnya yang kamu tutupi adalah kebiasaan buruk yang orang-orang bahkan tidak bisa mentolerir, kamu sudah terbuai di hubungan yang kodependen.

Misalnya pasanganmu memiliki kecanduan alkohol, obat-obatan, atau apa pun yang berbahaya bagi kesehatannya. Kamu mungkin merasa telah membantunya dengan membantunya untuk meringankan beban pikirannya lewat hal berbahaya ini.

Padahal sebenarnya itu adalah hal buruk. Sebab yang paling parah adalah, jika kamu mau membantu seorang pecandu menghindari konsekuensinya dari perilaku buruknya ini. Kamu sudah terjebak fatal dalam hubungan kodependen.

2. Rela kehilangan yang kamu ingin demi nyamannya pasangan

6 Tanda Nyata Kamu Terjebak dalam Hubungan Kodependen, Hati-hati!ilustrasi seseorang sedang menghitung uang (pexels.com/KarolinaGrabowska)

Kebutuhan pasanganmu bisa menjadi lebih penting daripada kebutuhanmu sendiri dalam hubungan kodependen. Hal seperti ini pada akhirnya dapat melemahkan hubungan dan melelahkan pikiran dan energi mu secara perlahan.

Misalnya, kamu sampai rela untuk memberikan uang hasil kerjamu untuk melunasi hutang pasangan yang jelasnya kamu sendiri tidak tahu dia berhutang karena apa.

3. Melakukan hal yang lebih dari kata adil di dalam hubungan

6 Tanda Nyata Kamu Terjebak dalam Hubungan Kodependen, Hati-hati!ilustrasi merenung (pexels.com/SHVETSproduction)

Dalam hubungan kodependen, satu pasangan cenderung melakukan lebih banyak pengorbanan ketimbang pasangannya yang lain. Kondisi ini mungkin karena salah satu pasangan merasa tidak mampu melakukan hal yang lebih lagi.

Bisa jadi juga karena pasangannya manipulatif atau egois dan lebih memilih untuk tidak melakukan pengorbanan yang sebanding. Apa pun situasinya, tidak pas bagi satu hubungan yang di dasarkan pada cinta untuk melakukan pasangannya melakukan satu hal hanya sendiri.

Baca Juga: 5 Tanda Doi Gak Anggap Kamu Spesial meski Kalian Menjalin Hubungan

4. Merasa ingin pergi namun tak sanggup untuk melepas

6 Tanda Nyata Kamu Terjebak dalam Hubungan Kodependen, Hati-hati!ilustrasi putus cinta (pexels.com/RODNAE Productions)

Jika mungkin kamu mulai merasa terjebak dalam hubungan, perhatikan baik-baik nilai apa yang sebenarnya ada dalam hidupmu itu apa. Sadar atau tidak, hubungan yang baik itu membutuhkan otonomi.

Meskipun mencurahkan seluruh waktu untuk pasanganmu bisa terasa seperti hanya untuk menikmati momen berdua, tapi niatan yang tertunda untuk meninggalkan perlahan akan mencekikmu. Intinya, dengarkan kata hatimu.

5. Sangat takut di tinggalkan pasangan

6 Tanda Nyata Kamu Terjebak dalam Hubungan Kodependen, Hati-hati!ilustrasi takut (pexels.com/NothingAhead)

Memang kita boleh saja sangat sayang dan cinta pada pasangan kita. Namun, jika sampai kamu berada di level sangat takut hidup tanpa dia, jelas kamu berada di hubungan kodependen.

Orang yang terjebak di hubungan kodependen sering mengalami ketakutan yang besar ketika pasangannya harus meninggalkannya. Jika memang harus dia pergi, maka relakan. Jika memang memaksakan bertahan di rumah yang gak nyaman untuk ditinggali hanya membuat bangunan itu seperti ruangan toksik.

6. Sangat sulit berkata tidak

6 Tanda Nyata Kamu Terjebak dalam Hubungan Kodependen, Hati-hati!ilustrasi kata yes (pexels.com/SHVETSproduction)

Jika kamu selalu mengatakan "ya" kepada pasangan, bahkan ketika sangat ingin mengatakan "tidak", maka kamu menghadapi masalah yang cukup serius.

Jika pasangan mu memang selalu mengharapkan untuk kamu selalu setuju dengannya, ini berarti dia tidak adil dalam memperlakukan hak dan perasaan yang kamu punya.

Terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah kesulitan akan menjaga batasan. Baik itu batasan dengan keluarga atau bahkan hubungan personal mu. Jika kamu tidak bisa menjaganya, kamu berada di hubungan kodependen.

Penting banget kamu ketahui bahwa kalau kamu berkorban untuk suami atau istri itu hal yang normal. Namun, akan sangat merugikan jika memang berkorban pada pasangan atau pacar yang masih belum jelas tujuan dan kurangnya komitmen yang dibentuk.

Baca Juga: 5 Alasan Cowok Lakukan Pocketing dalam Hubungan Cintanya

Basri W Pakpahan Photo Verified Writer Basri W Pakpahan

Menulis untuk Memperbaiki Diri

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya