Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Cincin Pernikahan Dipakaikan di Jari Manismu

Ada maknanya lho!

Cincin pernikahan seakan sudah menjadi atribut wajib yang harus disediakan dalam sebuah prosesi pernikahan. Wajarnya kita tahu bahwa cincin tunangan diletakkan di jari manis tangan kiri, sedangkan cincin pernikahan dipasangkkan di jari manis tangan kanan. Namun tahu kah kamu kenapa baik di pertunangan atau pernikahan, keduanya harus memasangkan cincin di jari manisnya? Nah, berikut ini adalah 5 alasan di antaranya!

1. Penduduk zaman Romawi kuno percaya bahwa jari manis adalah satu-satunya jari di tangan yang memiliki pembuluh darah vena, yang langsung mengalir menuju jantung

5 Alasan Kenapa Cincin Pernikahan Dipakaikan di Jari Manismushape.com

Ini merepresentasikan cinta yang menghubungkan kedua jantung kalian, seakan kalian berada dalam satu nyawa hidup yang sama. Vena tersebut disebut vena amoris atau vena cinta. Meskipun pada akhirnya ilmu medis modern membuktikan bahwa semua jari tangan memiliki vena yang terhubung langsung ke jantung, banyak orang gak menggubris ini. Karena filosofi yang diangkat oleh penduduk Romawi kuno ini dianggap so sweet.

2. Semua jari memiliki fungsi "sosial"nya sendiri-sendiri, sampai akhirnya fungsi jari manis diresmikan pada tahun 1549

5 Alasan Kenapa Cincin Pernikahan Dipakaikan di Jari Manismuamericanhealthtip.org

Setiap jari di tangan mewakili sesuatu dan kamu pasti bisa langsung menebak yang mana berdasarkan fungsinya: jari setuju, jari penunjuk, jari menentang dan jari untuk berjanji. Jari manis ditetapkan sebagai jari cincin hubungan ditetapkan pada tahun 1549 di daerah Eropa. Keputusan sekitar 500 abad yang lalu ini akhirnya menyebar ke seluruh dunia, karena dibawa atas nama salah satu agama besar di dunia.

Baca juga: 6 Hal Ini Cuma Akan Dikatakan oleh Orang yang Narsis Akut

3. Indonesia mengaplikasikannya secara berbeda dengan memakaikan cincin di jari manis tangan kanan, bukan tangan kiri, karena demi kekokohan rumah tangga

5 Alasan Kenapa Cincin Pernikahan Dipakaikan di Jari Manismuthemighty.com

Banyak negara meletakkan cincin pernikahannya di jari manis tangan kiri karena merupakan tangan yang jarang digunakan, sehingga cincin tersebut tetap aman terjaga. Berbeda dengan kebanyakan negara lain, Indonesia justru meletakkannya di jari manis tangan kanan, justru karena sering digunakan. Ini menandakan bahwa seseorang akan selalu teringat pasangannya dalam beraktivitas apapun.

4. Karena secara ilmu anthropometri, jari manis adalah jari yang bisa memiliki standar dimensi terukur

5 Alasan Kenapa Cincin Pernikahan Dipakaikan di Jari Manismufacebook.com

Berbeda dengan besar atau lebar jari lainnya di tangan yang bisa sangat bervariasi, jari manis punya standar ketebalan atau besar yang bisa diukur. Mungkin inilah sebabnya jari manis diciptakan, tubuh kita secara alami telah menyambut cincin pernikahan di jari manis. Ukuran besarnya cincin bisa kamu sesuaikan dengan ukuran jari manismu.

5. Jawaban klasik: ketika semua ujung jari kedua tanganmu dirapatkan (kedua tanganmu dikatupkan), jari manis adalah pasangan jari yang paling susah untuk dibuka lebar tanpa mengganggu jari lainnya

Secara filosofi (yang berasal dari Tiongkok), ini menandakan bahwa cincin pernikahan yang melambangkan cintamu dengan pasanganmu harus diletakkan di tempat yang susah terpisahkan. Dalam hal ini adalah jari manis kalian berdua. Memang ada yang bisa membuka jari manisnya dengan lebar, tapi gak akan selebar pasangan jari lainnya, kecuali memiliki kelainan fisik tertentu.

5 Alasan Kenapa Cincin Pernikahan Dipakaikan di Jari Manismumentalfloss.com

Itulah beberapa sebab utama kenapa cincin pernikahan dipakaikan di jari manismu. Mulai dari jawaban filosofis, kebudayaan sampai medis ada dalam melatarbelakangi keputusan jari manis sebagai jari cincin. Semoga kamu cepat bisa dengan segera mengenakan cincin yang akan awet selama-lamanya seperti hubunganmu ya!

Baca juga: 7 Tanda yang Menunjukkan Kalau Temanmu Gak Pernah Pacaran

Topic:

Berita Terkini Lainnya