Comscore Tracker

5 Langkah Tepat Akhiri Hubungan Tanpa Status, Gak Perlu Bimbang

Jangan mau terus digantung, ya!

Siapa nih yang pernah berada pada hubungan tanpa status atau malah sedang mengalaminya? Memang membina sebuah hubungan tanpa status itu, sangatlah sulit. Selain itu, perlu kamu ketahui juga bahwa hubungan tanpa status itu memanglah terlihat nyaman dan menyenangkan.

Namun sebenarnya hubungan ini bukanlah hubungan yang sehat dan bisa dikatakan sebagai hunbungan yang sesaat. Nah, jika saat ini kamu sedang menjalani hubungan tanpa status, tapi bingung bagaimana cara mengakhirinya, jangan khawatir! Sebab, berikut ini akan ada ulasan mengenai 5 langkah tepat untuk mengakhiri hubungan tanpa status. Untuk informasi lebih lanjut, yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Jelaskan keinginanmu dalam hubungan  

5 Langkah Tepat Akhiri Hubungan Tanpa Status, Gak Perlu BimbangUnsplash/Priscilla Du Preez

Apabila dirimu terjebak dalam suatu hubungan tanpa status, hal itu bukanlah sesuatu yang terjadi kebetulan saja. Sebenarnya sejak awal dirimu harus bisa menghindari hubungan seperti ini dengan bersikap terbuka terhadap pasangan. Saat kamu mulai nyaman bersama seseorang dan orang tersebut memiliki perasaan yang sama juga, maka jangan biarkan hubungan tersebut mengalir begitu saja.

Setelah beberapa waktu, cobalah beranikan diri untuk tanyakan bagaimana sebenarnya perasaan dirinya kepadamu. Jika memang dirinya serius, dan ada kemungkinan untuk menjalani hubungan yang jelas, maka ungkapkan saja keinginanmu. Ingat! untuk jangan tunda-tunda apalagi dengan alasan gengsi. Sebab semakin lama perasaan sayang itu akan tumbuh, dan sangat membutuhkan kejelasan untuk bisa melangkah lebih lanjut.

2. Hindari terlalu memikirkan alasan di balik hubungan tanpa status  

5 Langkah Tepat Akhiri Hubungan Tanpa Status, Gak Perlu BimbangUnsplash/Anthony Tran

Mungkin saja dirimu pernah bertanya-tanya, mengapa kamu harus terjebak dalam hubungan tanpa status ini. Terutama perasaan kamu semakin dalam kepada dirinya dan merasa bahwa dunia seolah-olah tidak berpihak kepadamu. Ingatlah, bahwa tidak ada gunanya dirimu terus memikirkan alasan tersebut.

Sebab, tidak ada jawaban yang pasti tentang hal itu. Memang, cinta itu bisa datang kepada siapa saja dan di mana saja. Bukan salah dirimu atau dia, tetapi hanya saja cinta itu datang di saat yang tidak tepat. Bisa saja cinta datang di antara dua perbedaan keyakinan, atau bisa juga cinta datang di saat salah satu dari kalian telah memiliki pasangan yang resmi dan sebagainya.

Apapun itu jelas tak ada gunanya bagi kamu terus menanyakan pada diri sendiri. Sebab, semakin kamu memikirkannya, maka akan semakin sulit juga bagi kamu untuk melepaskan hubungan ini.

3. Mantapkan niat dan putuskan sendiri  

5 Langkah Tepat Akhiri Hubungan Tanpa Status, Gak Perlu BimbangUnsplash/Laurenz Kleinheider

Memang tidak ada yang lebih paham dari yang kamu rasakan kecuali dirimu sendiri. Saat kamu sadar bahwa hubungan tanpa status ini hanyalah merugikanmu dan membuang-buang waktu saja, maka mantapkan niatmu untuk berpisah darinya. Bisa saja kamu ingin berbagi cerita dengan sahabat atau orang terdekat, dan mendengarkan saran mereka.

Tapi, jangan lupakan suara hati kecil kamu. Percayalah, bahwa kamu yang lebih paham dengan situasi dan kondisi yang kamu lalui. Bila dirimu sudah bulat keinginan untuk berpisah, cobalah untuk mantapkan niat dan putuskan sendiri. Kamu harus memberanikan diri untuk merasa terluka lebih awal, daripada menunda-nunda dan terluka jauh lebih dalam lagi.

Baca Juga: 5 Zodiak yang Nyaman Jalani Hubungan Tanpa Status, Gak Suka Terikat!

4. Berikan alasan yang jelas untuk mengakhirinya  

5 Langkah Tepat Akhiri Hubungan Tanpa Status, Gak Perlu BimbangUnsplash/Christin Hume

Saat kamu sudah mengutarakan maksud untuk mengakhiri hubungan tanpa status ini, tapi pasanganmu tidak bisa menerimanya, maka dirimu harus memberikan alasan yang jelas kepada dirinya. Walau sulit berada pada pihak yang memutuskan hubungan.

Tapi, cobalah sampaikan alasanmu dengan jelas dan mudah dipahami. Dengan begitu, bila kamu terlihat mantap, percaya diri, dan memberikan alasan yang masuk akal, maka pasangan bisa menerimanya meskipun dengan berat hati.

5. Beri batasan waktu  

5 Langkah Tepat Akhiri Hubungan Tanpa Status, Gak Perlu BimbangUnsplash/Kev Costello

Setelah dirimu mengutarakan keinginan untuk mengakhiri hubungan, maka cobalah beri waktu kepadanya untuk berpikir. Ingat! untuk jangan memaksa pasangan memberikan jawaban saat itu juga, sebab bisa saja keputusan itu diambil berdasarkan emosi sesaat.

Oleh karena itu, supaya dia tidak terlalu lama berpikir dan menjadi penantian tak berujung, maka cobalah untuk berikan batasan waktu. Sehingga, dalam rentang waktu penantian, ada baiknya untuk hindari dahulu bertemu dan berkomunikasi. Sebab, hal ini dimaksudkan agar dia bisa berpikir serius dan memutuskan yang terbaik untuk kalian berdua.

Intinya, jangan pernah takut untuk bertindak dalam menyikapi hubungan yang tidak jelas arahnya dan satusnya. Yuk, segera lakukan kelima langkah di atas, daripada dirimu terus menderita! Semoga dapat bermanfaat, ya!

Baca Juga: 5 Langkah Keluar dari Jebakan Hubungan Tanpa Status

Berkat Prima Photo Verified Writer Berkat Prima

InstaGram: @lieprimaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya