Comscore Tracker

Biar Gak Over, 5 Hal yang Pantang Dilakukan saat PDKT sama Crush!

Bukannya menarik, malah bikin risih

Siapa sih yang tidak ingin membuat doi terkesan? Rasanya dalam setiap pertemuan, kamu selalu ingin menunjukkan versi terbaik diri sendiri di depan si dia. Kamu ingin selalu tampil keren, cerdas, jenaka, dan penuh percaya diri sampai merebut hati doi.

Namun terkadang, dengan beban untuk menjadi “sempurna” itulah yang malah membuatmu gugup setengah mati. Alih-alih membuat terkesan, gebetanmu malah gak simpatik dengan sikapmu yang over. Jangan gegabah, lebih baik hindari lima sikap ini yang berpotensi membuat doi ilfeel:

1. Berusaha overanalyzing semua gerak-geriknya

Biar Gak Over, 5 Hal yang Pantang Dilakukan saat PDKT sama Crush!ilustrasi wanita (pexels.com/RODNAE Production)

Mungkin kamu pikir, ini akan membuat doi kagum oleh kepekaanmu. Tapi hasilnya, gebetan malah kesal dengan sikapmu yang terlalu baper. Well, gak salah untuk bersikap peka. Namun ingatlah, tidak semua hal yang doi lakukan memiliki makna tersembunyi. Bisa jadi itu kebetulan, bisa jadi itu memang tidak berarti apa-apa.

Contoh sederhana, ketika ia lambat membalas pesan. Kamu langsung berpikir bahwa ia tidak menyukaimu, ia bosan denganmu, atau parahnya, ia memiliki gebetan lain yang lebih menarik. Kebiasaan berpikiran negatif inilah yang bisa mendorongmu bersikap obsesif, lambat laun malah membuat crush-mu merasa tidak nyaman. Jadi, jangan diulangi, ya!

2. Membatasi ruang gerak doi 

Biar Gak Over, 5 Hal yang Pantang Dilakukan saat PDKT sama Crush!ilustrasi pasangan (pexels.com/Keira Burton)

Paham kalau orang kasmaran selalu ingin berdua. Sayangnya, ini malah berdampak buruk untuk hubungan kalian, lho! Gak ada salahnya untuk memberi diri sendiri atau pasangan waktu me-time.

Toh, kalian pasti butuh privasi dan waktu healing pribadi. Kalau kamu terus memaksa pasanganmu untuk menghabiskan waktu denganmu, jangan salahkan dia jika merasa terkekang dan pergi meninggalkanmu.

3. Berharap dia bisa membaca pikiranmu 

Biar Gak Over, 5 Hal yang Pantang Dilakukan saat PDKT sama Crush!ilustrasi pasangan (pexels.com/cottonbro)

Sebelum kamu kecewa karena hal-hal tidak perlu, ingatlah satu hal: manusia tidak bisa membaca pikiran. Kamu tidak bisa terus berharap doi akan melakukan sesuatu persis seperti yang kamu harapkan tanpa berkomunikasi dengannya. Saat kamu marah atau kesal dengan sikapnya, alih-alih mendiamkannya, coba untuk mengkomunikasikan masalah itu.

Bilang padanya apa yang tidak kamu suka, agar kalian bisa mencari solusi bersama. Komunikasi adalah kunci hubungan yang paling penting. Kalau kamu saja enggan berkomunikasi, bagaimana bisa berharap doi akan terbuka denganmu?

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Komunikasi dengan Pasangan Jadi Sulit Dilakukan

4. Berharap dan memberi terlalu banyak di awal 

Biar Gak Over, 5 Hal yang Pantang Dilakukan saat PDKT sama Crush!ilustrasi pasangan (pexels.com/Ron Lach)

Ingat, status kamu dan dia belum resmi. Masih pendekatan, masih sepasang gebetan. Jangan terlalu banyak memberi di awal! Bisa jadi gebetanmu belum siap untuk hubungan yang lebih serius.

Lagipula, penting untuk memikirkan matang-matang sebelum berkomitmen. Jangan gegabah untuk langsung memberi syarat dan permintaan pada doi—yang bahkan belum tentu setuju untuk mengikat komitmen denganmu.

5. Bersikap over-controlling 

Biar Gak Over, 5 Hal yang Pantang Dilakukan saat PDKT sama Crush!ilustrasi pria cemburu (pexels.com/RODNAE Production)

Biasanya, seseorang tidak menyadari ketika ia mulai bersikap over-controlling. Kamu pikir itu wajar dilakukan untuk kepentingan pasangan. Namun, sadarkah kamu bahwa itu hanya demi keegoisanmu sendiri?

Misal, kamu cemburu ketika doi hang out bersama teman perempuannya. Kamu pun akhirnya melarangnya untuk pergi ke komunitas kampus. Sikap seperti ini hanya akan membuat gebetanmu terkekang dan perlahan menjauh darimu. Tentunya kamu tidak ingin hal itu terjadi, bukan?

Saat kamu hendak menjalin sebuah relasi, jangan pernah memikirkan diri sendiri sebagai subjek tunggal. Pikirkan juga perasaan pasangan atau calon pasanganmu. Jangan pernah menyuruh mereka berubah untuk keuntunganmu sendiri.

PDKT itu gampang-gampang susah. Walau kamu ingin selalu dekat dengan gebetan, tetap ingat batasan, ya! Jangan sampai doi malah risih dengan sikapmu yang terlalu needyGood luck!

Baca Juga: 5 Trik Supaya Kamu Gak Cepat Bucin di Awal PDKT, Bisa Dicoba

Caroline Graciela Harmanto Photo Verified Writer Caroline Graciela Harmanto

Cinta menulis sedari duduk di bangku SD, masih terus belajar agar dapat menerbitkan konten yang berguna bagi masyarakat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya