Comscore Tracker

Kamu Sering Putus? Inilah 5 Ciri Kamu Belum Siap Membina Hubungan

Mungkin kamu belum siap membina hubungan serius dengan doi

Setiap ada masalah dengan pacar, kamu hanya menyalahkan dia. Kegagalan dalam percintaan sekali atau dua kali lumrah, tetapi bila berkali-kali sampai membuatmu terus membina hubungan dengan orang berbeda tiap waktu, maka ini menjadi sebuah pertanyaan sendiri.

Apa benar kamu belum menemukan orang yang tepat, ataukah memang kamu belum siap untuk membina sebuah hubungan? Inilah 5 ciri seseorang yang belum siap secara mental untuk berada dalam hubungan serius dengan lawan jenis.

1. Kamu orang yang egois dan masih suka memikirkan diri sendiri 

Kamu Sering Putus? Inilah 5 Ciri Kamu Belum Siap Membina Hubunganpexels.com/pixabay

Ada perbedaan yang sangat kentara antara self-love dan selfish. Tidak salah untuk memikirkan kesehatan jasmani, kebutuhan finansial, dan kesukaan-kesukaanmu yang lain. Namun terikat dalam sebuah hubungan juga menuntut kepedulianmu terhadap pasanganmu. Ini berarti harus ada pengorbanan, walau pengorbanan kecil seperti saling berbagi makanan.

Tetapi bila kamu sendiri merasa keberatan dengan itu, maka bisa jadi kamu masih terlalu egois dan belum siap untuk terikat dalam sebuah hubungan yang lebih serius.

2. Kamu menanam ekspetasi tinggi pada pasanganmu, untuk selalu membuatmu bahagia 

Kamu Sering Putus? Inilah 5 Ciri Kamu Belum Siap Membina Hubunganpexels.com/Andre Furdato

Kebahagiaan yang kita rasakan saat awal menjalin hubungan tanpa sadar bikin candu yang membuat kita selalu berharap lebih pada doi. Padahal, pasangan kita juga manusia, bisa berbuat salah dan bisa mengecewakan. Namun mengabaikan fakta itu, kamu malah semakin menggantungkan hidupmu pada dia. Ini yang menimbulkan rasa posesif berlebih, yang berujung keinginan untuk mengekang pasanganmu.

Wah,wah, jadi kamu beneran cinta pasanganmu atau hanya memanfaatkan dia sebagai liang euforiamu?

Baca Juga: Urutan Zodiak Paling Agresif sampai Pasif dalam Asmara, Aries Pertama!

3. Kamu tidak mau dan tidak suka disalahkan 

Kamu Sering Putus? Inilah 5 Ciri Kamu Belum Siap Membina Hubunganpexels.com/vera arsic

Dalam hubungan, tak jarang ada masalah dan satu pihak terluka. Diskusi dengan pikiran terbuka adalah solusi terbaik untuk mencari jalan keluar. Tetapi ketika kita memprioritaskan harga diri di atas kebahagiaan pasangan, alih-alih meminta maaf saat kamu memang berbuat salah, kamu malah menyalahkan pasanganmu lebih dalam. Bukannya mendapat jalan keluar, hubungan kalian bisa-bisa lebih buruk dari semula.

4. Kamu tidak dapat menerima perbedaan dari pasanganmu 

Kamu Sering Putus? Inilah 5 Ciri Kamu Belum Siap Membina HubunganPexels/Vera Arsic

Tidak satu pun dari kita diciptakan sama. Bahkan kebiasaan tiap orang yang sederhana dan tak terlihat mata seringkali unik dan berbeda. Namun kalau kamu berpikiran sempit dengan selalu mendambakan pasanganmu untuk mengikuti kebiasaanmu, mungkin kamu belum siap untuk membina hubungan dengan ranah lebih luas.

Selama kebiasaan pasanganmu tidak buruk dan tidak merugikan kalian berdua, apa salahnya untuk belajar menerima dia sebagai dirinya apa adanya?

5. Kamu berharap dia peka dan tahu masalahmu, bahkan sebelum kamu membicarakannya langsung 

Kamu Sering Putus? Inilah 5 Ciri Kamu Belum Siap Membina HubunganPexels/Pixabay

Beberapa dari kita barangkali tanpa sadar masih suka bersikap kekanakan seperti ini. Kita ingin pasangan kita tahu hal sulit yang bergulir dalam kehidupan kita, sehingga kita tidak perlu repot-repot menceritakannya pada mereka. Namun lagi-lagi, harus diingat bahwa pasangan kita juga manusia biasa, yang mana tak akan tahu tanpa kita memberi tahu. Komunikasi memang jembatan penting dalam sebuah hubungan.

Kalau kamu saja masih tidak mau berterus terang pada pasanganmu, lantas bagaimana mau membina hubungan yang baik dan sehat?

Itulah 5 tanda kamu belum siap untuk terikat dalam sebuah hubungan. Belum ada kata terlambat, selama kamu mau belajar untuk berubah.

Baca Juga: Kamu Cocoknya Pacaran Sama Introvert atau Ekstrovert Ya?

Caroline Graciela Photo Verified Writer Caroline Graciela

Cinta menulis sedari duduk di bangku SD, masih terus belajar agar dapat menerbitkan konten yang berguna bagi masyarakat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya