Comscore Tracker

7 Fakta & Sejarah Unik Soal Cincin Kawin yang Jarang Orang Ketahui

Kenapa dipakai di jari manis?

Tradisi mengenakan cincin kawin sudah ada sejak masa lampau, tapi kapan persisnya tradisi ini dimulai tak seorangpun mengetahui. Hanya saja, para arkeolog percaya bahwa cincin kawin berasal dari zaman Mesir kuno, sekitar 4800 tahun silam. 

Sebagian besar orang meyakini cincin kawin menjadi perlambang cinta, pengabdian, kepemilikan dan janji suci yang harus dipenuhi. Tradisi bertukar cincin sangat berakar dalam banyak budaya, khususnya dalam pesta perkawinan. 

Cincin kawin pun menjadi salah satu simbol penting dalam budaya modern umat manusia. Tak heran jika banyak orang yang tertarik untuk mengetahui sejarah di balik cincin kawin. Berikut sejumlah fakta menarik tentang cincin kawin. Check these out!

1. Melingkari jari manis

7 Fakta & Sejarah Unik Soal Cincin Kawin yang Jarang Orang KetahuiPexels.com/Anastasiya Lobanovskaya

Sebanyak 70 persen pengantin mengenakan cincin di jari manis kirinya. Ini merupakan tradisi yang berasal dari kepercayaan Romawi yang menganggap vena amoris atau vena cinta terletak di sana. Namun di Norwegia, Yunani, Ukraina, Rusia, Bulgaria, Polandia, Austria, Portugis dan Spanyol, cincin kawin dipasang di jari manis tangan kanan. Sedangkan dalam tradisi Yahudi, cincin disematkan di jari telunjuk pengantin wanita, bukan di jari manis.

2. Mengingatkan pada istri di rumah

7 Fakta & Sejarah Unik Soal Cincin Kawin yang Jarang Orang Ketahuiaknottedlife.com

Kaum pria mulai memakai cincin kawin di masa Perang Dunia II, untuk mengingatkan mereka pada istri di rumah. Itu sebabnya cincin kawin pria lebih populer di kalangan militer. Setelah Perang Korea, baru deh tradisi tersebut menular pada warga sipil.

3. Dibuat dari tanaman

7 Fakta & Sejarah Unik Soal Cincin Kawin yang Jarang Orang KetahuiPexels.com/Pixabay

Cincin kawin pertama kali dikenakan pada zaman Mesir kuno. Di masa itu cincin kawin terbuat dari papirus dan alang-alang yang dianyam. Pasangan pengantin akan bertukar cincin sebagai simbol keabadian serta melambangkan dewa matahari dan bulan.

Baca Juga: 15 Cincin Nikah Gak Biasa buat Hari Bahagiamu, Pilih Safir atau Emas?

4. Kawin perak dan kawin emas

7 Fakta & Sejarah Unik Soal Cincin Kawin yang Jarang Orang KetahuiPexels.com/Pixabay

Di Rumania, dikenal tradisi memperingati ulang tahun perkawinan ke 25 (kawin perak), suami istri akan bertukar cincin kembali dengan cincin berbahan perak. Jika usia pernikahan mencapai 50 tahun, mereka akan bertukar cincin yang terbuat dari emas seraya mengulang janji perkawinan.

5. Cincin berhias kunci

7 Fakta & Sejarah Unik Soal Cincin Kawin yang Jarang Orang KetahuiJared

Zaman Roma kuno, pria sering memberikan cincin yang dihiasi dengan kunci kecil yang melambangkan cincin tersebut sebagai kunci untuk hatinya.

6. Terbuat dari emas

7 Fakta & Sejarah Unik Soal Cincin Kawin yang Jarang Orang KetahuiPedes.com/Ana Paula Lima

Secara tradisional cincin kawin terbuat dari emas karena emas dianggap logam yang paling murni dan berharga. Sebab itulah cincin emas dianggap melambangkan pernikahan yang sempurna.

7. Belasan ton emas untuk cincin kawin

7 Fakta & Sejarah Unik Soal Cincin Kawin yang Jarang Orang KetahuiPexels.com/ Pixabay

Sebanyak 17 ton emas dilebur untuk dijadikan cincin kawin setiap tahunnya di Amerika Serikat. Bayangkan berapa banyak orang yang mengikuti tradisi memakai cincin kawin di seluruh dunia, tentu jumlah keseluruhan emas yang dilebur akan sangat besar.

Hmm, unik dan menarik ya fakta-fakta seputar cincin kawin. Tak heran kalau banyak orang selalu menggali sejarah tentang tradisi memakai cincin kawin.

Yeni Umardin Photo Writer Yeni Umardin

Complicated

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya