Comscore Tracker

5 Alasan Gak Perlu Memaksa Sahabatmu Agar Terus Bersikap Positif

Kadang yang negatif juga gak bisa dihindari

Emosi yang kita rasakan memang selalu bergonta ganti. Ada masanya kita merasa begitu positif dan melihat segala hal dengan sudut pandang yang indah. Namun di waktu yang lain, kita juga bisa mudah terpancing emosi dan kemudian merasa sangat marah atau sangat sedih pada suatu kejadian.

Hal ini tentu juga terjadi pada sahabat kita. Tapi bagaimana cara menghadapinya? Yang pasti, kita gak boleh langsung memaksa sahabat agar bersikap dan berpikir positif.

Selain karena hal itu akan sulit dilakukan oleh sahabat kita, lima alasan berikut juga jadi penyebabnya nih.

1. Kamu justru akan membuat dia merasa tertekan

5 Alasan Gak Perlu Memaksa Sahabatmu Agar Terus Bersikap Positifpexels/Immortal shots

Emosi yang gak disalurkan dengan tepat justru bisa membuat seseorang merasa depresi, lho. Jika gak ingin hal ini terjadi pada sahabatmu, maka ada baiknya kamu mengajak dia melakukan kegiatan yang bisa membuat emosinya tercurah. Misal, dengan berolahraga, menyanyikan lagu sedih di tempat karaoke atau bahkan sekadar menangis bersama di tempat yang tenang.

2. Mungkin saja, dia juga jadi menyimpan kesedihan atau emosinya sendirian

5 Alasan Gak Perlu Memaksa Sahabatmu Agar Terus Bersikap Positifpexels/Marcelo Chagas

Sahabat yang baik justru adalah yang mau mendengarkan sahabatnya berkeluh kesah. Meminta dia untuk terus bersikap positif bukanlah solusi karena dia bisa jadi malah memilih untuk memendam semuanya sendirian. Ini bisa bahaya banget karena emosi negatif yang terpendam itu ibarat bom waktu yang bisa meledak kapan saja.

Baca Juga: 5 Sikap Teladan dari Usman bin Affan, Sahabat Nabi yang Paling Pemalu

3. Kamu juga akan dihapus dari daftar orang yang dijadikan tempat curhatnya

5 Alasan Gak Perlu Memaksa Sahabatmu Agar Terus Bersikap Positifpexels/Lisa Fotios

Jika saran yang kamu berikan pada sahabat hanyalah soal menghapuskan emosi negatif dan menggantinya dengan yang positif, ini sama sekali bukan solusi. Sahabatmu mungkin akan kesal dan gak lagi menjadikanmu sebagai orang yang dia percaya. Gak mau kan kalau sahabatmu justru malah enggan curhat sama kamu?

4. Selain menutup diri darimu, dia juga jadi menjaga jarak

5 Alasan Gak Perlu Memaksa Sahabatmu Agar Terus Bersikap Positifpexels/Elojah O'Donnell

Saat seseorang merasa begitu sedih namun terus dipaksa bahagia oleh sahabatnya, pasti akan ada rasa sebal kan? Hal ini wajar banget, karena sahabat yang dia kira akan bisa menghibur dan menyemangatinya, malah membuatnya merasa bersalah dengan emosi yang dia rasakan. Nah, kalau sudah begini, sahabat tersebut bisa saja lebih memilih untuk menjaga jarak. 

5. Emosi negatif harus disalurkan untuk menjaga kewarasan

5 Alasan Gak Perlu Memaksa Sahabatmu Agar Terus Bersikap Positifpexels/Daria Shevtsova

Jadi, ketika sahabatmu sedang marah, atau sedih, atau apapun yang berkaitan dengan emosi negatif, kamu gak harus buru-buru memaksanya berpikir positif. Biarkan dia menyalurkan emosi negatif tersebut dengan cara yang tepat. Misalnya, menulis sebuah ungkapan kemarahan, atau merangkai puisi penuh air mata, atau juga cara lain yang bermanfaat.

Intinya, emosi negatif harus dikeluarkan dari diri kita dan dengan sendirinya semua itu akan terganti dengan emosi positif. Sahabat yang baik pasti tau deh cara terbaik untuk membuat sahabatnya menyalurkan emosi negatifnya dengan tepat. Iya gak?

Baca Juga: Pertanyaan yang Sebaiknya Gak Kamu Sampaikan Pada Orang Selain Sahabat

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya