Comscore Tracker

5 Alasan Kuat Kenapa Hubungan Persahabatan Bisa Berakhir Begitu Saja

Sudah beda visi?

Hubungan persahabatan ketika sedang terjalin dengan indah akan terasa begitu erat. Seakan-akan, gak ada apapun yang bisa memisahkan. Bahkan, sahabat terasa lebih dekat ketimbang saudara atau keluarga sendiri.

Apa aja bisa kita ceritakan kepada sahabat. Berbagi kebahagiaan dan kesedihan juga sudah bukan hal yang canggung untuk dilakukan. Namun, nyatanya gak semua hubungan persahabatan bisa bertahan selamanya.

Ada berbagai hal dan faktor yang bisa membuat sebuah persahabatan kandas di tengah jalan. Gak terjadi secara tiba-tiba, justru perpisahan ini seringkali terasa secara perlahan. Kira-kira dari lima faktor berikut, mana nih yang bikin persahabatanmu putus? 

1. Bertemu sahabat baru

5 Alasan Kuat Kenapa Hubungan Persahabatan Bisa Berakhir Begitu Sajailustrasi orang berteman (Pexels.com/kat wilcox)

Pertemuan dengan seseorang yang baru dan lebih nyambung serta membuat nyaman bisa banget bikin persahabatan sebelumnya jadi bubar jalan. Pertemanan baru memang terasa menyenangkan terutama karena ada banyak hal yang bisa diceritakan. Berbagai pengalaman baru juga bisa dicoba dengan sahabat yang baru ditemui.

Terkesan seperti sebuah pengkhianatan, namun nyatanya kejadian seperti ini sering banget kita temui. Bisa dibilang, ini adalah hal yang wajar dan sangat manusiawi. Kamu sendiri pernah mengalaminya? 

2. Hilangnya rasa nyaman dan aman dengan sahabat

5 Alasan Kuat Kenapa Hubungan Persahabatan Bisa Berakhir Begitu Sajailustrasi sahabat (Pexels.com/Renzy Atibagos)

Mulai sering dinilai negatif dan gak lagi didukung dalam setiap keputusan yang dibuat, bisa bikin kita perlahan menjauhi sahabat. Siapa sih yang bakal betah menjalin hubungan dekat dengan orang yang cuma memberikan masukan negatif? Selain gak nyaman, ini juga bikin kita gak bisa maju dan meraih kesuksesan, iya kan?

Sementara dalam sebuah persahabatan tentunya kita membutuhkan dukungan dan berbagai saran yang positif. Jikapun memang harus di kritik, cara memberitahukannya tentu berbeda dibanding orang yang gak mengenal kita dengan baik. 

Baca Juga: 5 Faktor yang Mengganggu Hubungan Persahabatan, yuk, Hindari!

3. Komunikasi yang mulai terbatas

5 Alasan Kuat Kenapa Hubungan Persahabatan Bisa Berakhir Begitu Sajailustrasi orang menatap sinis (Pexels.com/Carlos de Jesus)

Semakin bertambah usia, kesibukan kita tentu semakin bertambah. Belum lagi jika sudah mulai berumah tangga. Waktu untuk dihabiskan dengan sahabat jelas akan berkurang. Berkurangnya waktu untuk berkomunikasi baik secara langsung ataupun gak, akan membuat hubungan persahabatan semakin merenggang.

Lambat laun kamu dan sahabatmu akan hidup di dunia masing-masing yang mungkin aja jadi jauh berbeda. Gak heran kalau kalian jadi merasa nyaman tanpa sahabat tersebut dan baik-baik aja meskipun hubungan persahabatan kalian bubar di tengah jalan. 

4. Munculnya salah paham

5 Alasan Kuat Kenapa Hubungan Persahabatan Bisa Berakhir Begitu Sajailustrasi siluet dua orang (Pexels.com/Duong Nhan)

Gak bisa dipungkiri, salah paham menjadi salah satu faktor terbesar yang bikin persahabatan jadi gak bisa dipertahankan. Ego yang terlalu dijunjung tinggi dan rasa enggan mengalah sangat berpotensi bikin kamu dan sahabat memilih untuk berpisah. Hubungan persahabatan yang berakhir dengan cara ini amat sangat gak menyenangkan, lho.

Ada baiknya kamu meminta maaf dan mencari jalan tengah sebelum berpisah dengan cara bermusuhan. Bukankah sebelumnya kalian begitu dekat dan saling menyimpan rahasia masing-masing? 

5. Sudah gak satu frekuensi

5 Alasan Kuat Kenapa Hubungan Persahabatan Bisa Berakhir Begitu Sajailustrasi sahabat pemalu (Pexels.com/Ida Rizkha)

Beda jalan hidup yang dipilih, tentu berbeda pula lingkungan pergaulan yang kemudian diambil. Alhasil, topik obrolan sehari-hari kalian pun jadi berbeda juga. Pada akhirnya, kalian jadi beda sudut pandang serta sudah gak satu frekuensi.

Perbedaan semacam ini akan membuat hubungan persahabatan jadi menjauh seiring waktu. Karena merasa sudah gak nyambung lagi saat ngobrol, serta gak menemukan kesamaan dalam pola pikir, perpisahan pun jadi solusi yang kalian ambil.

Hubungan persahabatan sedekat apapun itu bisa aja bubar tanpa aba-aba. Meski sebelumnya kalian seolah seperti saudara, tiba-tiba berubah jadi orang asing bukanlah hal yang gak mungkin. Agar hal ini gak terjadi, penting banget lho untuk menjaga hubungan persahabatan agar bisa bertahan selamanya. Setuju? 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Perlu Keluar dari Zona Nyaman Persahabatan

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya