Comscore Tracker

5 Sebab Kita Butuh Saran Orang Lain untuk Mengatasi Masalah

Gak masalah, kok untuk minta bantuan

Memiliki masalah memang membuat kita pusing. Apalagi jika solusi tampaknya gak kunjung terlihat dan otak kita sudah buntu total dalam memikirkan semuanya. Terkadang, di posisi semacam ini, kita membutuhkan orang lain yang bisa membantu memberikan saran.

Bukan sebuah kesalahan, kok, jika kita gak bisa mengatasi masalah sendirian. Lagipula, ada lima alasan penguat lain kenapa terkadang kita butuh saran orang lain untuk mengatasi masalah.

1. Kita yang sedang kalut seringkali gak bisa berpikir jernih

5 Sebab Kita Butuh Saran Orang Lain untuk Mengatasi Masalahilustrasi orang curhat (Pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Masalah yang terasa begitu berat biasanya akan membuat pikiran kita kalut dan panik. Kita jadi gak bisa berpikir dengan jernih karena rasanya dunia sudah akan berakhir. Jangankan memikirkan solusi, bahkan untuk menenangkan diri aja rasanya sulit sekali.

Saat begini, saran dari orang lain bisa sangat berguna dan membantu kita keluar dari masalah yang ada. Jangan langsung menerima saran begitu aja, ya. Tetap pertimbangkan baik dan buruknya juga. 

2. Orang lain mampu melihat gambaran lebih jelas dari masalah yang kita punya

5 Sebab Kita Butuh Saran Orang Lain untuk Mengatasi Masalahilustrasi orang berdebat (Pexels.com/Thirdman)

Seringkali, yang bisa melihat gambaran jelas dari masalah yang dihadapi justru adalah orang lain. Itu karena sudut pandang kita sudah tertutupi oleh berbagai hal. Kita jadi hanya fokus pada sesuatu yang gak seharusnya dijadikan perhatian utama.

Saran dari orang lain yang bisa melihat permasalahan kita dengan jeli justru bisa sangat membantu. Mereka gak memikirkan dari satu sisi saja, tapi juga banyak hal lainnya. 

Baca Juga: 5 Tips untuk Menerima Pemikiran Orang Lain dengan Bijaksana

3. Mungkin juga, pengalaman yang dimiliki orang lain membuat mereka lebih bijaksana

5 Sebab Kita Butuh Saran Orang Lain untuk Mengatasi Masalahilustrasi menilai kinerja (Pexels.com/cottonbro)

Gak cuma itu aja, pengalaman yang telah dilalui orang lain juga bisa menjadi penentu kenapa sarannya patut kita dengarkan. Masalah yang kita hadapi mungkin bukan hal besar baginya karena dia sudah berhasil melaluinya di waktu lampau. Meski gak bisa kamu terapkan sepenuhnya, paling gak ada beberapa hal yang bisa kamu ikuti dari sarannya tersebut.

Gak ada salahnya kok untuk sesekali minta saran seperti ini. Terutama jika kamu tahu bahwa orang tersebut memang lebih berpengalaman. 

4. Seringkali, masalah kita sebenarnya ringan tapi kitalah yang terlalu berlebihan memikirkannya

5 Sebab Kita Butuh Saran Orang Lain untuk Mengatasi Masalahilustrasi orang punya masalah (Pexels.com/Craig Adderley)

Masalah kita bisa dibantu selesaikan oleh orang lain karena mereka gak menganggapnya berat. Sementara, kesalahan kita saat ditimpa masalah adalah sudah langsung berpikiran negatif sedari awal. Inilah yang justru mengalihkan kita dari solusi yang sebenarnya ada di depan mata.

Pikiran kita perlu banget dilatih untuk gak menarik hal-hal negatif dan langsung berpikir bahwa masalah yang dimiliki begitu berat. Semakin kita berpikir demikian, semakin semesta membenarkannya dan menjadikannya berat banget untuk dihadapi. 

5. Ego diri sendiri seringkali menutup mata kita dari solusi yang ada

5 Sebab Kita Butuh Saran Orang Lain untuk Mengatasi Masalahilustrasi seseorang menolak (Pexels.com/lil artsy)

Ego adalah sesuatu yang harusnya bisa kita kalahkan. Sayangnya, saat masalah muncul, ego ini pun ikut muncul ke permukaan dan membuat kita tersesat semakin dalam. Masalah yang ada pun jadi terasa berat dan gak ada penyelesaiannya.

Bahkan permasalahan internal seperti antar saudara dan keluarga, bisa jadi susah terselesaikan karena ego yang berlebihan. Disinilah saran orang lain kita perlukan. Demi membimbing kita untuk mengesampingkan ego.

Gak semua masalah harus kita hadapi sendirian. Sesekali kita juga butuh saran orang lain untuk mengatasi masalah. Apapun itu, yakinlah bahwa setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Setuju? 

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Keputusan Sendiri, Stop Andalkan Saran Orang Lain!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya