Comscore Tracker

5 Cara Hadapi Sahabat yang Terlalu Bergantung Padamu dalam Segala Hal

Ayo bikin dia lebih mandiri!

Punya sahabat tentu menyenangkan. Kita jadi punya orang lain yang dapat dipercaya dan dapat diandalkan dalam berbagai kondisi dan situasi. Namun, apa jadinya jika sahabatmu lambat laun mulai berubah jadi orang yang suka bergantung padamu dalam segala hal?

Pada awalnya, kamu mungkin gak akan keberatan dengan hal ini. Namun, seiring berjalannya waktu dan seiring banyaknya keperluan dan kegiatanmu sendiri yang harus kamu lakukan, kamu bisa jadi jengah juga akhirnya.

Lalu, apa saja yang harus kamu lakukan terhadap sahabatmu, nih? Coba lima tips di bawah ini, yuk.

1. Berikan batasan yang jelas

5 Cara Hadapi Sahabat yang Terlalu Bergantung Padamu dalam Segala Halpexels.com/Cliff Booth

Pertama, kamu harus memberikan batasan yang jelas padanya. Baik itu terkait waktu, kondisi-kondisi tertentu yang kamu gak bisa ikut campur dalam hidupnya, atau situasi dimana kamu juga perlu fokus pada dirimu sendiri terlebih dahulu.

Apapun itu, pastikan dia menyadari bahwa kamu bukan cuma hidup untuk dirinya, dan bahwa kamu juga punya kehidupan sendiri yang sedang kamu perjuangkan.

2. Jangan segan untuk menolak dan berkata tidak padanya

5 Cara Hadapi Sahabat yang Terlalu Bergantung Padamu dalam Segala Halunsplash.com/Mimi Thian

Meski sahabat, bukan berarti kamu harus selalu mengatakan iya dan menyetujui apapun yang dia minta padamu. Kamu juga boleh untuk menolak dan mengatakan tidak, jika dia memintamu melakukan hal-hal yang menurutmu gak wajar atau bertolak belakang dengan prinsipmu. Dengan begini, dia gak mulai mengurangi intensitas ketergantungan padamu.

Baca Juga: 5 Cara Elegan Menghadapi Teman yang Datang Kalau Ada Perlunya Saja

3. Perlihatkan padanya cara agar bisa lebih mandiri

5 Cara Hadapi Sahabat yang Terlalu Bergantung Padamu dalam Segala Halpexels.com/Samson Katt

Selanjutnya, penting juga bagi kamu untuk memberi tahu dia bahwa ada beberapa hal yang harus bisa dia lakukan sendiri. Tunjukkan cara menjadi mandiri dengan perlahan-lahan mengajak dia melakukan aktivitas yang memacu kemandirian dalam dirinya. Yakinkan juga padanya bahwa dia pasti bisa untuk mandiri, kok.

4. Berikan pujian dan apresiasi saat dia berhasil menghadapi masalahnya sendiri

5 Cara Hadapi Sahabat yang Terlalu Bergantung Padamu dalam Segala Halunsplash.com/Ben Hershey

Sahabat yang selalu bergantung padamu, mungkin dia punya rasa percaya diri yang rendah bahwa dia sebenarnya bisa melakukan beberapa hal sendirian. Peranmu adalah untuk menumbuhkan keyakinan itu dalam dirinya. Salah satu caranya adalah dengan memberi pujian dan apresiasi ketika dia berhasil menghadapi masalahnya sendiri.

5. Terus berikan dukungan dan jangan mudah menyerah

5 Cara Hadapi Sahabat yang Terlalu Bergantung Padamu dalam Segala Halunsplash.com/Yanapi Senaud

Kamu tentu sangat menyayangi sahabatmu, kan? Tapi di sisi lain, kamu juga tahu bahwa gak selamanya kamu bisa ada dan selalu jadi tempat bergantung baginya. Makanya, kamu gak boleh menyerah dan teruslah berikan dukungan pada sahabatmu ini.

 

Sahabat yang terlalu bergantung pada kita gak cuma akan membuat kita kesulitan, tapi ini juga gak baik untuk dirinya. Jadi, demi kebaikan bersama, lima poin di atas bisa kamu coba agar sahabatmu bisa lebih mandiri, ya. Siap mencoba?

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Teman yang Posesif, Bikin Gak Betah!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya