Comscore Tracker

5 Dampak jika Enggan Membahas Keuangan dengan Pasangan Sebelum Menikah

Bisa jadi sumber konflik, lho!

Komunikasi adalah sesuatu yang wajib hukumnya dalam sebuah hubungan. Gak terkecuali bagi kalian yang ingin melangkah ke pelaminan. Salah satu yang penting untuk dibicarakan adalah masalah keuangan. 

Pembicaraan seputar keuangan ini mencakup berapa penghasilan setiap bulannya, jumlah tabungan yang dimiliki, jumlah pengeluaran, apakah kalian punya aset, dan lain sebagainya. Keterbukaan soal keuangan ini akan membuat semua jadi lebih jelas sebelum kalian hidup berumah tangga. Sebab, jika gak jujur soal keuangan sedari awal, lima dampak negatif berikut akan kalian rasakan nantinya, lho. 

1. Munculnya kekecewaan karena gak sesuai ekspektasi

5 Dampak jika Enggan Membahas Keuangan dengan Pasangan Sebelum Menikahilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Alex Green)

Kebanyakan orang pasti menginginkan punya pasangan yang mapan. Minimal, dia punya pekerjaan dengan penghasilan cukup setiap bulannya. Sebab, dalam hidup berumah tangga, akan ada banyak kebutuhan dan keperluan yang perlu dipenuhi. 

Cinta aja jelas gak cukup untuk membiayai keperluan rumah tangga. Makanya, pembicaraan soal keuangan diperlukan agar pasangan tak berekspektasi terlalu tinggi. Sebab kekecewaan bisa hadir karena harapan akan memiliki pasangan yang punya penghasilan sekian rupiah setiap bulannya. 

2. Menjadi pemicu konflik di rumah tangga nantinya

5 Dampak jika Enggan Membahas Keuangan dengan Pasangan Sebelum Menikahilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Keira Burton)

Diakui atau gak, kondisi keuangan dalam rumah tangga adalah salah satu faktor penentu keharmonisan. Meski gak selalu jadi yang utama, terkadang uang bisa menyebabkan munculnya pertengkaran. Terlebih, jika gaya hidup gak seimbang. 

Pasangan seromantis apa pun sebelum menikah bisa terlibat konflik soal keuangan, lho. Apalagi jika masalah ini gak pernah dibicarakan sebelumnya. Bisa-bisa setiap hari akan dipenuhi perdebatan soal keuangan. 

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Tanyakan pada Diri Sendiri sebelum Menikah

3. Pasangan mungkin akan merasa dibohongi seumur hidup

5 Dampak jika Enggan Membahas Keuangan dengan Pasangan Sebelum Menikahilustrasi pasangan (pexels.com/cottonbro)

Tak pernah memberitahu si dia soal kondisi keuanganmu yang sebenarnya, serta bagaimana nantinya kamu akan mengelola pemasukanmu, bisa membuat pasangan merasa dibohongi seumur hidup. Misal, meski pendapatanmu di atas rata-rata, tapi ternyata kamu ingin mengelolanya sendiri, atau membagi 50 persennya untuk orangtua tanpa membahas sebelumnya dengan pasangan, tentu dia akan sakit hati. 

Bagaimanapun juga, masalah keuangan adalah hal yang sangat krusial. Meski terasa tabu untuk dibicarakan, nyatanya menutupinya juga bukan tindakan yang bijak. 

4. Hilangnya rasa hormat pada pasangan

5 Dampak jika Enggan Membahas Keuangan dengan Pasangan Sebelum Menikahilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Timur Weber)

Perihal keuangan juga erat kaitannya dengan rasa hormat yang dimiliki antar pasangan, terutama dari istri ke suami. Pihak laki-laki memang selalu menjadi tulang punggung keluarga yang diharapkan memiliki penghasilan yang lebih banyak. Jika gak jujur dari awal dan ternyata penghasilan yang didapat tak seimbang, bisa-bisa sang istri akan kehilangan rasa hormatnya pada suaminya. 

Maka dari itu, penting untuk membicarakan hal ini agar kejadian semacam ini gak terjadi. Rasa hormat pun bisa tetap terjaga dan gak ada yang merasa ditipu karena menikah dengan orang yang gak sesuai seperti yang diharapkan. 

5. Berkurangnya kebahagiaan dalam rumah tangga

5 Dampak jika Enggan Membahas Keuangan dengan Pasangan Sebelum Menikahilustrasi pasangan bertengkar (Pexels.com/RODNAE production)

Bukannya gak bersyukur dengan kondisi keuangan pasangan. Namun, jika Tak jujur dari awal siapa pun bisa aja merasa kecewa, kan? Beda ceritanya jika sejak sebelum menikah semua itu sudah dibahas dan kedua belah pihak sama-sama sudah menerima kondisi keuangan masing-masing. Untuk selanjutnya bersama-sama berusaha mencapai kondisi keuangan yang lebih stabil nantinya. 

Kalau dari awal masalah keuangan ini terus ditutup-tutupi, justru itu akan mengurangi kebahagiaan dalam rumah tangga. Rasanya seperti dibohongi dari sebelum menikah oleh orang yang sebelumnya sangat kita percaya. 

Apa pun hal seputar keuangan harus dibahas secara terbuka dengan orang yang akan kamu habiskan sisa umur bersama. Sebab, ini akan membuat kalian bisa sama-sama membuat tujuan dan visi yang sama terkait masalah finansial. Bukankah lebih indah jika menjalani pernikahan yang penuh kejujuran? 

Baca Juga: 5 Alasan Mapan Finansial Tak Membuat Orang Auto Menikah

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya