Comscore Tracker

Ini 5 Hal yang Gak Boleh Dijadikan Bahan Candaan sama Sahabatmu

Bisa bikin tersinggung, lho!

Bercanda sama sahabat pastinya jadi kegiatan yang paling asik dan seringkali menciptakan moment-moment gak terlupakan. Eits, tapi jangan sampai kamu malah membuat moment gak terlupakan dengan cara yang negatif ya. Maksudnya, kamu membuat dia tersinggung dengan becandaanmu.

Meski berniat bercanda, kadang kita tanpa sadar sudah menyakiti hati orang lain nih. Jadi, jika kamu gak ingin membuat sahabatmu merasa marah, kecewa, apalagi sedih dengan becandaanmu, ada baiknya kamu jauhi 5 topik berikut saat sedang becanda dengannya.

1. Kekurangan fisiknya

Ini 5 Hal yang Gak Boleh Dijadikan Bahan Candaan sama Sahabatmupexels/Helena Lopes

Siapa pun gak pernah suka saat kekurangan fisiknya dijadikan bahan becandaan. Apalagi, jika kamu sampai membuat lelucon ini bersama teman-teman yang lain. Jika sedari awal dia sudah menunjukan ekspresi gak suka atau terlihat kecewa, ada baiknya kamu segera minta maaf dan gak menggunakan hal ini sebagai lelucon lagi.

2. Kelemahan akademiknya

Ini 5 Hal yang Gak Boleh Dijadikan Bahan Candaan sama Sahabatmupexels/Hannah Nelson

Semua orang punya kekurangan, salah satunya juga dalam bidang akademis. Kepintaran seseorang mungkin sesuatu yang membanggakan, namun kekurangannya dalam hal ini juga bukan hal yang bijak untuk dijadikan bahan becandaan. Siapa pun bisa saja merasa tersinggung karena hal ini.

3. Pilihan hidup yang diambilnya

Ini 5 Hal yang Gak Boleh Dijadikan Bahan Candaan sama Sahabatmupexels/Andrea Piacquadio

Sahabatmu mungkin juga adalah orang yang peka terhadap pilihan hidup yang diambilnya. Jika dia masih berjuang dan meniti karir, menjadikan hal ini sebagai becandaan hanya akan membuat dia kehilangan motivasi dan berhenti berjuang. Gak mau kan jadi penyebab menyerahnya seseorang dalam meraih impiannya?

Baca Juga: 5 Situasi Ini Kurang Tepat untuk Bercanda, Sebaiknya Hindari

4. Masa lalunya yang pahit

Ini 5 Hal yang Gak Boleh Dijadikan Bahan Candaan sama Sahabatmupexels/Andrea Piacquadio

Kamu sebagai sahabat tentu mengenal sahabatmu dan juga kisah masa lalunya yang sudah dia bagi denganmu. Jika memang hal ini merupakan sesuatu yang pahit dan gak ingin dia kenang lagi, membuatnya sebagai bahan becandaan merupakan kesalahan besar yang harus kamu hindari. Kamu juga gak senang kan kalau masa lalumu dijadikan guyonan oleh orang yang kamu anggap sahabat?

5. Hobi dan kegemarannya

Ini 5 Hal yang Gak Boleh Dijadikan Bahan Candaan sama Sahabatmuunsplash/Gradikaa Aggi

Menjadikan hobi atau kegemaran seseorang sebagai topik guyonan juga bukan tindakan yang disarankan. Kita gak tau seberapa serius seseorang menganggap hobinya sebagai sesuatu yang menghibur. Jika kamu sampai menyakiti hatinya dengan menjadikan ini sebagai lelucon, bisa jadi dia akan menghindar dan menjaga jarak darimu.

Meski sudah bersahabat dekat dan seolah gak perlu merasa tersinggung lagi terhadap becandaan satu sama lain, sahabatmu tetaplah orang yang punya perasaan. Daripada membuat dia merasa tersinggung, lebih baik hindari lima topik di atas meski kalian sedang becanda, ya!

Baca Juga: 5 Kerugian Jika Terlalu Kelewatan dalam Bercanda, Yuk Koreksi Diri!  

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya