Comscore Tracker

Gak Selalu Romansa, 5 Sumber Cinta Terbesar Selain Kekasih

Jangan lupakan kehadiran Tuhan!

Bicara soal cinta sering banget dikaitkan dengan romantisme hubungan antar dua sejoli. Seolah-olah satu-satunya yang berhak menyandang kata cinta itu adalah perasaan kita pada kekasih aja. Hal lain di luar itu dianggap bukanlah bentuk cinta.

Sementara, ada banyak sumber cinta lain yang justru keberadaannya sering kita abaikan. Padahal tanpanya kita bukanlah apa-apa. Berikut lima sumber cinta selain romansa yang perlu kita pahami bersama. Sudahkah kamu bersyukur memiliki banyak cinta dari berbagai sumber ini?

1. Tuhan, cintanya sungguh gak berbatas

Gak Selalu Romansa, 5 Sumber Cinta Terbesar Selain Kekasihilustrasi orang beribadah (pexels.com/PNW Production)

Sang Pencipta adalah salah satu sumber di mana kita gak hanya bisa menemukan cinta ketika mendekatkan diri kepada-Nya, tapi juga ketenangan dan kedamaian. Berbagai permasalahan hidup dari yang ringan hingga yang paling berat sekalipun bisa kita ceritakan kepada Tuhan tanpa perlu takut gak didengar atau bocor kemana-mana.

Berbeda dengan dekat pada makhluk-Nya, dekat dengan Tuhan gak akan membuat kita kecewa. Akan selalu ada bukti cinta-Nya yang bisa kita rasakan jika mau melihat lebih detail.

2. Sahabat, kepedulian adalah cara mereka menunjukkan cintanya

Gak Selalu Romansa, 5 Sumber Cinta Terbesar Selain Kekasihilustrasi berkumpul dengan teman (pexels.com/Kampus Production)

Gak cuma kekasih, sahabat justru bisa menunjukkan kepedulian dengan cara yang sangat romantis bak drama Korea. Diam-diam, mereka bisa begitu perhatian dan gak bertele-tele langsung melakukan tindakan nyata sebagai bentuk kasih sayangnya pada kita.

Meskipun kebanyakan sahabat mungkin gengsi dan bilang bahwa mereka gak sepeduli itu sama kita, nyatanya setiap tingkah lakunya justru berkata sebaliknya. Kita bahkan bisa merasakan kepeduliannya ini terutama di saat-saat paling menyedihkan dalam hidup.

3. Orangtua dan keluarga, kehangatannya bikin kita selalu ingin bersama

Gak Selalu Romansa, 5 Sumber Cinta Terbesar Selain Kekasihilustrasi keluarga besar (pexels.com/Craig Adderley)

Sumber cinta berikutnya yang sering diabaikan karena keberadaannya yang selalu ada adalah keluarga. Saking seringnya kita bersama dan bertemu mereka, cinta dan kasih sayangnya seolah tak terlihat. Memang, kalau sudah terlalu nyaman dengan seseorang kita jadi lupa mengapresiasi keberadaannya.

Saat nanti mereka sudah gak ada, baru deh kita merasakan kehilangan dan penyesalan. Duh, jangan sampai deh, ya. Segera tunjukkan dan berikan cinta yang tulus sebelum terlambat.

Baca Juga: 5 Makna Keluarga Suportif di Twenty-Five Twenty-One, Hangat Banget!

4. Hewan peliharaan, gemas dan bikin jatuh cinta

Gak Selalu Romansa, 5 Sumber Cinta Terbesar Selain Kekasihilustrasi hewan peliharaan (pexels.com/Zen Chung)

Meski gak dimiliki semua orang, namun mereka yang memiliki hewan peliharaan pasti tau banget rasanya mencintai dan dicintai oleh hewan lucu dan menggemaskan ini. Walaupun hanya hewan yang tampaknya gak memahami apapun, nyatanya banyak orang yang berhasil dibikin jatuh cinta berkali-kali oleh hewan peliharaannya.

Bahkan, beberapa jenis hewan yang umum dipelihara seperti kucing dan anjing, mampu mengenali perasaan tuannya dan menghibur mereka saat sedih. Ini yang bikin kebanyakan orang serasa gak bisa hidup tanpa hewan peliharaannya. Kamu punya, gak?

5. Diri sendiri, satu-satunya yang bisa diandalkan dalam situasi apapun

Gak Selalu Romansa, 5 Sumber Cinta Terbesar Selain Kekasihilustrasi orang tersenyum (Pexels.com/Engin Akyurt)

Last but not least, sumber cinta paling valid yang wajib kita hargai keberadaan dan ketangguhannya adalah diri kita sendiri. Bagaimana bisa kita memberikan cinta kepada orang lain jika diri sendiri aja gak kita cintai. Makanya, jangan sepelekan atau anggap remeh sumber cinta yang satu ini karena tanpanya kita jelas gak bisa berbuat apa-apa.

Cinta yang hadir untuk diri sendiri akan terpancar dari bagaimana kita memperlakukan dan menghargai setiap usaha yang dibuat. Gak peduli seberapa hancur atau terlukanya kita saat itu, tetap mencintai diri sendiri akan membuat kita bertahan.

Sumber cinta bukan hanya datang dari kekasih. Lima hal berikut justru lebih valid cintanya dan gak mengharapkan balasan apa pun. Sudahkah kamu bersyukur atas berbagai sumber cinta yang sudah diterima?

Baca Juga: 5 Manfaat yang Pasti Kamu Dapat Saat Menerapkan Kebiasaan Bersyukur

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya