Comscore Tracker

Hati-hati Dijauhi, Ini 5 Tanda Kamu Teman yang Egois Banget!

Temanmu wajib memahami kondisimu?

Ada banyak kasus di mana seorang teman merasa bahwa temannya adalah orang yang egois. Namun, sedikit banget orang yang mau melihat ke dalam dirinya sendiri dan menyadari bahwa dirinya juga punya keegoisan serupa. Sayangnya, ini gak cuma terjadi pada satu atau dua orang aja. Hampir semua orang sibuk saling menuduh bahwa temannya lah yang egois.

Mental seperti inilah yang bikin kita semua cuma bisa menghakimi dan menyudutkan orang lain. Padahal, kita juga perlu banget nih untuk mengintrospeksi diri. Yuk cek seberapa egois dirimu sebagai teman melalui lima poin di bawah ini!

1. Kamu meminta temanmu membenci orang yang kamu gak suka

Hati-hati Dijauhi, Ini 5 Tanda Kamu Teman yang Egois Banget!pexels/Huy ProShoot

Saat kamu membenci seseorang, apakah kamu juga meminta temanmu membenci orang tersebut? Jika iya, maka fix banget kamu termasuk orang yang egois dalam pertemanan. Padahal, yang punya masalah dengan orang tersebut kan cuma kamu, terus kenapa mesti bawa-bawa temanmu dalam hal itu?

2. Kamu toksik banget dan gak membuat temanmu berkembang

Hati-hati Dijauhi, Ini 5 Tanda Kamu Teman yang Egois Banget!pexels.com/Lisa Fotios

Teman yang toksik adalah teman yang selalu punya cara untuk membuat temannya gak berkembang. Berbagai kalimat-kalimat menjatuhkan akan dengan mudah dilontarkan oleh teman yang toksik seperti ini. Kamu secara gak sadar bisa bikin temanmu gampang menyerah begini, gak? Kalau iya, wajib segera diubah ya!

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Harus Segera Turunkan Ekspektasimu, Jangan Egois!

3. Kamu gak suka melihat temanmu bahagia dan sukses

Hati-hati Dijauhi, Ini 5 Tanda Kamu Teman yang Egois Banget!pexels.com/Min An

Saat temanmu sukses dan berhasil apa yang kamu rasakan? Senang atau justru sedih? Jujur aja deh, guys pada dirimu sendiri. Kalau memang yang kamu rasakan adalah sedih, maka wajib banget untuk segera introspeksi diri ya. Jangan sampai kamu keterusan jadi teman yang egois.

4. Kamu selalu menganggap temanmu cuma datang saat butuh, padahal kamu juga sama aja

Hati-hati Dijauhi, Ini 5 Tanda Kamu Teman yang Egois Banget!pexels/Retha Ferguson

Kejadian satu ini juga cukup sering terjadi nih. Ada banyak orang yang merasa dimanfaatkan temannya karena cuma dihubungi saat mereka sedang ada perlunya aja. Padahal, kamu juga sering melakukan ini. Hayo, siapa yang begini? Jangan bisanya cuma menghakimi aja ya. Lihat juga ke dirimu sendiri!

5. Gak pernah berusaha memahami kondisi teman, tapi selalu minta dipahami

Hati-hati Dijauhi, Ini 5 Tanda Kamu Teman yang Egois Banget!pexels/Sheep .

Yang pasti, kamu adalah teman yang egois kalau gak pernah memahami kondisi teman tapi selalu minta dipahami. Kamu drama ini itu dan minta diperhatikan oleh semua temanmu tapi gak pernah meluangkan sedikit pun waktumu untuk mereka. Orang egois seperti ini temannya sedikit, lho.

Memiliki teman yang perhatian, selalu ada saat dibutuhkan, gak egois dan asyik pastinya jadi impian banyak orang. Namun, daripada terus bermimpi dan berekspektasi bahwa teman-temanmu akan begitu, kenapa gak kamu aja yang jadi teman yang seperti itu? Setuju?

Baca Juga: Ini 5 Tanda Kamu Sahabat yang Egois, Suka Memaksakan Kehendak!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya