Comscore Tracker

5 Tips Meningkatkan Empati kepada Pasangan agar Hubunganmu Makin Erat

Empati dapat membantu kamu untuk memahaminya

Untuk memiliki hubungan yang sehat pasti sangat penting untuk kita merasa terhubung satu sama lain. Salah satu caranya adalah memperkuat ikatan emosional dengan berempati.

Menjadi lebih empatik berarti kamu harus menyadari emosi seseorang dengan dari sudut pandang mereka. Kamu harus merasakan apa yang ia rasakan. Namun, pasti jika harus berempati seperti ini, bukan?

Tenang, kamu bisa meningkatkan rasa empati kamu ke pasangan dengan mengikuti beberapa cara ini, lho. Penasaran apa saja? Yuk simak selengkapnya!

1. Tempatkan diri kamu di posisi mereka

5 Tips Meningkatkan Empati kepada Pasangan agar Hubunganmu Makin EratIlustrasi pasangan saling berhadapan (pexels.com/Marco Irodistan)

Menunjukkan empati dalam suatu hubungan dapat mempererat ikatan hubunganmu. Untuk menunjukkan empatimu pada pasangan adalah membayangkan diri kamu di posisi mereka.

Melansir dari Bustle menurut Columbia Laurel Steinberg, Ph. D selaku ahli terapis dan hubungan berbasis di New York, orang-orang yang kurang berempati tidak memahami tentang bagaimana mereka merasakan siatuasi yang bervariasi. Maka daripada itu, belajar untuk memahami perasaan orang lain.

2. Sering ajukan pertanyaan

5 Tips Meningkatkan Empati kepada Pasangan agar Hubunganmu Makin EratIlustrasi pasangan sedang mengobrol (pexels.com/Alex Green)

Mengajukan pertanyaan kepada pasangan tentang emosinya dapat memberikan rasa senang dan berusaha empati kepada pasangan, lho. Jangan lupa, berikan respons saat ia menceritakan perasaannya.

Menurut Columbia Laurel Steinberg, Ph. D, pasangan sangat suka ditanyakan bagaimana keadaan mereka tanpa harus diberitahu dahulu. Jadi, kamu harus peka dengan keadaan si dia, ya!

3. Menahan penilaian

5 Tips Meningkatkan Empati kepada Pasangan agar Hubunganmu Makin EratIlustrasi pasangan sedang mengobrol (pexels.com/Andres Ayrton)

Apakah saat pasanganmu menceritakan masalahnya, kamu merasa ia yang sebenarnya salah? Berhenti! Jangan kasih tahu pendapatmu tentang itu, karena pasangan sehat saling membantu tanpa menghakimi orang lain yang dapat membuatnya merasa kecil.

Columbia Laurel Steinberg, Ph. D, menyarankan untuk menahan penilaian atas pilihan atau masalah mereka. Anggaplah pilihan itu telah dibuat berdasarkan pertimbangan yang cermat, terlepas dari berhasil atau tidaknya.

Baca Juga: 5 Cara Mengembangkan Empati dalam Diri, Kamu Harus Melakukannya!

4. Berikan perhatian yang tulus

5 Tips Meningkatkan Empati kepada Pasangan agar Hubunganmu Makin EratIlustrasi laki-laki memperhatikan pasangannya (pexels.com/Andres Ayrton)

Ketika mendengarkan cerita pasangan kita tidak boleh sibuk sendiri atau hanya menjawab iya saja. Jika seperti itu, dia akan merasakan empati darimu. Jadi kamu harus mendengarkan secara seksama.

Melansir dari Psychcenter, Goldstein selaku pencipta Bethesmartwife.com mengatakan ketika kamu mendengarkan dengan perhatian tulus, kamu dapat memahami si dia. Jadi, biasakan untuk tidak sibuk sendiri saat pasanganmu bercerita, ya!

5. Mencari sisi positif

5 Tips Meningkatkan Empati kepada Pasangan agar Hubunganmu Makin EratIlustrasi pasangan sedang tertawa (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Ketika kita berhubungan dengan seseorang, terkadang kita hanya fokus tentang apa yang salah dengan kehidupan pasangan. Hal ini, bisa menghalangimu untuk berempati dengannya, lho.

Cindy Sigal AMFT selaku psikoterapis menyarankan kamu untuk lebih sering mencari hal yang baik dalam pasanganmu setiap harinya. Hal ini, bisa meningkatkan empati kamu terhadap pasangan.

Itu dia tips meningkatkan empati kepada pasanganmu. Semoga tips ini membantu kamu untuk meningkatkan empati kepada pasanganmu dan semua orang, ya!

Baca Juga: 5 Manfaat Jadi Cowok yang Tak Segan Meningkatkan Empati pada Sekitar

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya