5 Tips Atasi Rasa Cemburu dalam Persahabatan, Ubah Jadi Motivasi!

Merasa cemburu itu wajar, tapi jangan berlebihan

Bukan hanya terjadi pada hubungan romantis, nyatanya kecemburuan juga dapat terjadi dalam hubungan persahabatan. Menurut Kathy Nickerson, Ph.D., seorang psikolog klinis berlisensi dan pakar hubungan, dikutip Shape, ada berbagai alasan yang menyebabkan kecemburuan muncul dalam pertemanan.

Biasanya, ini terjadi karena teman yang cemburu memiliki harga diri dan rasa percaya diri yang rendah ataupun merasa terancam. Selain itu, mereka juga kerap membandingkan diri mereka dengan orang lain, percaya bahwa mereka kurang beruntung dibandingkan yang lain, serta merasa takut akan ditinggalkan.

Meskipun rasa cemburu merupakan hal yang umum dalam sebuah persahabatan, tapi bukan berarti tidak memiliki dampak negatif jika tidak dapat dikendalikan. Bukan hanya memperburuk diri sendiri, melainkan juga mengancam hubungan persahabatan secara keseluruhan.

Oleh sebab itu, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa cemburu dalam hubungan persahabatan. Berikut di antaranya yang perlu kamu ketahui.

1. Identifikasi rasa cemburu beserta pemicunya

5 Tips Atasi Rasa Cemburu dalam Persahabatan, Ubah Jadi Motivasi!ilustrasi perempuan bersedih (pexels.com/Karolina Grabowska)

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi rasa cemburu dalam persahabatan adalah dengan mengidentifikasi kecemburuan tersebut beserta faktor pemicunya. Dikutip SocialSelf, seorang konselor kesehatan mental berlisensi dan supervisor klinis di Raleigh, NC, Hailey Shafir, M.Ed, LCMHCS, LCAS, CCS, mengatakan, bahwa umumnya rasa cemburu dikaitkan dengan ketakutan dan rasa tidak aman yang kamu miliki tentang diri sendiri ataupun persahabatanmu.

Selain itu, Pauline Yeghnazar Peck, Ph.D., selaku psikolog berlisensi, menyebut, bila penting untuk mengetahui perbedaan antara rasa cemburu dan iri hati. Hal ini bertujuan agar kamu bisa memahami penyebab pasti dari respons emosionalmu, mengapa hal itu bisa terjadi serta bagaimana cara untuk mengatasinya.

“Mengajukan beberapa pertanyaan pada diri sendiri akan membantu kamu memahami perasaanmu, sehingga kamu bisa mengambil tindakan dan menghadapinya dengan cara yang sehat,” jelas Peck, dikutip Shape.

2. Jangan bersikap keras terhadap diri sendiri

5 Tips Atasi Rasa Cemburu dalam Persahabatan, Ubah Jadi Motivasi!ilustrasi perempuan menyeka air mata dengan tisu (pexels.com/Liza Summer)

Perasaan cemburu yang berlebihan memang menyiksa diri. Gak heran, bila orang yang cemburu sering kali terlihat murung, merasa sedih terus-menerus, dan kehilangan motivasi. Meskipun begitu, kamu tidak boleh bersikap keras terhadap diri sendiri.

Dilansir Shape, seorang konselor profesional klinis berlisensi di Maryland, Shawnessa Devonish, MA, mengatakan, “Kecemburuan adalah hal yang wajar dan banyak orang mengalaminya. Namun, ingatlah bahwa memiliki rasa cemburu bukan berarti mengahalangimu untuk merasa bahagia terhadap temanmu. Kamu dapat merasakan segala emosi di saat yang bersamaan dan itu bukan berarti dirimu adalah orang yang jahat”.

Sebagai solusi, luangkanlah sedikit waktu untuk memproses emosi yang ada di dalam diri daripada melawannya. Kamu juga bisa membuat jadwal untuk melakukan self compassion, seperti perawatan diri, relaksasi, dan menjalani aktivitas yang kamu sukai.

3. Bicarakan masalah secara terbuka dengan sahabat

5 Tips Atasi Rasa Cemburu dalam Persahabatan, Ubah Jadi Motivasi!ilustrasi berbicara dengan sahabat (unsplash.com/Jarritos Mexican Soda)
dm-player

Percakapan terbuka sangatlah diperlukan jika ada masalah atau hal-hal yang tidak mengenakkan dalam hubungan persahabatan. Namun, penting untuk melakukannya dengan cara yang benar.

Mengakui rasa cemburu kepada orang yang membuatmu cemburu adalah hal yang sangat sulit, tapi akan lebih sulit lagi jika kamu terus memendam kecemburuan itu. Dengan mengungkapkan perasaan, kamu dapat mencegah sesuatu yang lebih buruk terjadi dan juga kamu tidak terus diselimuti oleh bayang-bayang ketakutan.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengungkapkan perasaan kepada sahabatmu. Bisa melalui telepon, chat, atau bertemu secara langsung. Apa pun cara yang kamu lakukan, pastikan itu membuatmu nyaman karena ini tentang perasaanmu.

Namun, bila kamu merasa canggung, Devonish menyarankan untuk tidak perlu menggunakan kata ‘cemburu’ dalam percakapan. Mungkin, kamu bisa mengatakan, “Aku merasa bahwa diriku tidak berada dalam karier yang baik dan itu membuatku merasa tidak nyaman”. Pastikan juga bahwa pembicaraan tersebut adalah pembicaraan yang jujur dan terbuka.

Baca Juga: 6 Cara Memperbaiki Persahabatan yang Telah Rusak, Minta Maaf!

4. Luangkan waktu untuk menenangkan diri

5 Tips Atasi Rasa Cemburu dalam Persahabatan, Ubah Jadi Motivasi!ilustrasi perempuan bersantai sambil membaca majalah (pexels.com/ArtHouse Studio)

Sebagai manusia, kamu tentu tidak dapat mengendalikan perilaku orang lain. Sebab, yang bisa kamu kendalikan hanyalah diri sendiri. Jadi, ketika rasa cemburu itu datang, jangan biarkan emosi negatif menguasai dirimu. Berusahalah untuk tetap tenang dan coba temukan akar pemicu dari perasaan cemburu.

“Jika ketegangan menjadi sulit untuk diatasi, mungkin mengambil waktu untuk menenangkan diri adalah pilihan terbaik. Hal ini juga bisa membantumu melihat segala sesuatu dalam perspektif yang benar dan memungkinkan kamu untuk mengingat kembali tentang asal mula persahabatan. Sebab, terkadang banyak orang yang menganggap remeh suatu hubungan dan tidak mampu menyadari gambaran besar dari tindakan mereka,” terang James Thomas, seorang pakar hubungan, dilansir Happiful.

5. Ubah rasa cemburu menjadi motivasi

5 Tips Atasi Rasa Cemburu dalam Persahabatan, Ubah Jadi Motivasi!ilustrasi seorang wanita berbaju biru (pexels.com/Vika Glitter)

Cara terakhir yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa cemburu dalam persahabatan ialah mengubahnya menjadi sebuah motivasi. Kecemburuan kerap kali muncul karena pikiran negatif terhadap diri sendiri ataupun sahabatmu.

Apabila kamu terus berfokus pada pikiran negatif tersebut, maka akan sulit untuk melihat sisi positif yang ada di belakangnya. Padahal, di balik rasa cemburu yang kamu alami ada manfaat yang bisa didapat dari perasaan tersebut, misalnya dengan mengubah rasa cemburu sebagai dorongan untuk meraih kesuksesan.

“Cara terbaik untuk menggambarkan rasa cemburu adalah dengan mengakui bahwa perasaan tersebut menonjolkan suatu nilai atau sesuatu yang penting bagimu,” kata Peck.

“Misalnya, jika kamu melihat bahwa sahabatmu lebih dekat dengan teman baru, kamu bisa melakukan lebih banyak perhatian dan empati supaya sahabatmu bisa merasa nyaman denganmu. Jika kamu berhasil menggunakan rasa cemburu untuk mengidentifikasi nilai-nilai dan prioritasmu, maka kamu juga dapat mengambil langkah-langkah yang dapat ditindaklanjuti untuk memupuk hal tersebut dalam hidupmu,” pungkasnya.

Meskipun rasa cemburu merupakan hal yang wajar terjadi dalam hubungan persahabatan, namun bukan berarti dapat dibiarkan begitu saja. Seiring waktu, emosi tersebut bisa berdampak negatif terhadap kesejahteraan hubungan secara keseluruhan dan juga kesehatan mentalmu. Maka dari itu, berusahalah untuk mengendalikan diri sendiri serta jangan lupa untuk menerapkan tips di atas, ya!

Baca Juga: 5 Kunci Menjaga Persahabatan di Tengah Kesibukan, Aktif di Grup Chat?

Delvi Ayuning Photo Verified Writer Delvi Ayuning

Menulis bukan sekadar menuangkan kata-kata lewat tulisan, tapi lebih dari itu.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto

Berita Terkini Lainnya