Comscore Tracker

5 Tanda Hubunganmu Bebas Toxic, Relationship Goals Banget Nih!

Sudah merasakan tanda-tandanya?

Toxic relationship biasanya diartikan sebagai hubungan yang tidak sehat atau hubungan yang tidak menyenangkan, yang dapat merugikan diri sendiri maupun pasangan. Keberadaan toxic relationship sendiri juga sebenarnya tidak bisa terdeteksi dengan jelas, karena terkadang ada pasangan yang selalu tampak bahagia dan baik-baik saja, namun pada kenyataannya mereka merasa tertekan dan dan tidak merasa nyaman saat sedang berhadapan satu sama lain.

Maka dari itu, untuk bisa mengetahui apakah kamu terbebas atau temasuk ke dalam toxic relationship, ada baiknya jika kamu melihat beberapa tanda di bawah ini, yang menandakan bahwa hubungan yang sedang kamu jalani ternyata bebas dari toxic!

1. Kamu dan pasangan berani menyuarakan pendapat, serta tidak takut untuk berselisih paham

5 Tanda Hubunganmu Bebas Toxic, Relationship Goals Banget Nih!thebrunettediaries.com

Berselisih paham atau bertengkar di dalam sebuah hubungan itu adalah hal yang wajar, dan hal yang biasa untuk dilakukan setiap pasangan. Namun sebaliknya, menurut Sheila Tucker, seorang ahli terapis perkawinan dan keluarga, selalu menyembunyikan perasaan dan tidak berani untuk menyuarakan pendapat, dipercaya malah akan menimbulkan perasaan benci dan marah terhadap pasangan.

Maka dari itu, berani terbuka dan jujur dalam menyuarakan pendapat adalah salah satu tanda bahwa hubunganmu tidak tergolong ke dalam toxic relationship.

2. Tidak menjadikan pasangan sebagai ''center of your worlds''

5 Tanda Hubunganmu Bebas Toxic, Relationship Goals Banget Nih!unsplash.com/shamimnakhaei

Memperioritaskan pasangan memang bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk mempertahankan sebuah hubungan. Namun, bukan berarti kamu bisa mendedikasikan seluruh hidupmu untuk pasanganmu. Selain bisa membuat pasangan menjadi tidak nyaman, hal ini juga bisa menjadi salah satu pemicu toxic relationship.

Menurut Mitzi Bockmann, seorang Certified Life Coach, kamu harus tetap bisa membagi antara kehidupan asmara dan pribadi. Lakukan hal-hal yang menyenangkan bersama sahabat, menghabiskan waktu bersama teman kantor, dan juga menghabiskan waktu luangmu sendiran. 

3. Tidak selalu melakukan berbagai macam hal bersama

5 Tanda Hubunganmu Bebas Toxic, Relationship Goals Banget Nih!unsplash.com/jonathanborba

Saat sedang jatuh cinta, pasti rasanya selalu ingin bersama dan melakukan banyak hal bersama, bukan? Meski hal itu wajar untuk dilakukan, namun jika hal itu membuatmu menjadi ketergantungan dan seperti tidak bisa melakukan banyak hal tanpanya, maka hubungan yang sedang kamu jalani itu bisa termasuk ke dalam toxic relationship.

Sebenarnya, kamu dan pasangan tidak perlu selalu bertemu dan melakukan banyak hal bersama setiap hari. Memberi sedikit jarak dan waktu sendirian di dalam hubungan, juga sangat dibutuhkan untuk menghindari rasa bosan dan jenuh antar satu sama lain.

Baca Juga: Mau Gak Mau, Terimalah 6 Kenyataan Ini Saat Jalani Toxic Relationship

4. Bisa menerima apa adanya, dan tidak pernah berusaha untuk mengubah pasangan

5 Tanda Hubunganmu Bebas Toxic, Relationship Goals Banget Nih!pexels.com/@vera-arsic

Berusaha untuk mengubah pasangan menjadi seseorang yang lebih sempurna di matamu adalah salah satu tanda toxic di dalam hubungan. Ketika kamu mencintai seseorang, maka kamu juga harus bisa menerima segala kekurangan dan kelebihan yang dimilikinya.

Jika tidak bisa, maka tinggalkan dia dan cari orang yang lebih tepat untukmu. Daripada terus menyuruh pasangan untuk berubah menjadi lebih sempurna, akankah lebih baik jika kalian berdua bisa saling melengkapi satu sama lain

5. Tidak mengikuti tren untuk bisa disebut sebagai ''couple goals''

5 Tanda Hubunganmu Bebas Toxic, Relationship Goals Banget Nih!unsplash.com/itsmiki5

Dengan adanya media sosial di zaman sekarang ini, banyak sekali pasangan yang berlomba-lomba untuk bisa terlihat sempurna layaknya ''couple goals'' yang diidam-idamkan semua orang. Berlomba-lomba untuk menjadi pasangan yang paling terbaik, seakan-akan sudah menjadi hal yang lumrah untuk dilakoni.

Namun tahukah kamu, bahwa hal seperti ini bisa menjadi salah satu pemicu toxic relationship. Karena tidak semua hal yang terlihat bagus pada hubungan orang lain, bisa terlihat bagus juga pada hubunganmu, lho.

Maka dari itu, kamu dan pasangan tidak perlu mengikuti tren untuk bisa disebut sebagai ''couple goals'', misalnya mengumbar kemesraan di media sosial secara berlebihan. Lebih baik kalian fokus, dan jalani saja hubungan yang sudah kalian miliki saat ini.

Nah, jadi itu dia 5 hal yang menandakan kalau hubunganmu bebas dari toxic. Bagaimana? Kira-kira kamu dan pasangan sudah merasakan tanda-tanda di atas?

Baca Juga: Tanpa Harus Putus, 7 Hal Baik Saat Keluar dari Toxic Relationship

Topic:

  • Diana Ekawati
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya