Comscore Tracker

5 Alasan Merahasiakan Sesuatu dari Pasangan Adalah Awal Kehancuran

Bahkan bisa merusak hubungan

Setiap manusia pasti menyimpan rahasia pribadi yang tidak boleh diceritakan kepada siapa pun, termasuk pasangan. Apalagi statusnya sudah menikah. Beberapa rahasia yang tidak boleh disimpan, di antaranya; keuangan, kesehatan, pekerjaan, tersandung kasus hukum, kecanduan, bahkan selingkuh.

Maksud hati tidak ingin membuat hati pasangan gusar atau menyakiti malah akan merusak hubunganmu. Pastinya kamu tidak menginginkan hal tersebut, kan? Nah, berikut ada beberapa alasan mengapa menutup rahasia dari pasangan sangat tidak baik

1. Kamu dihantui oleh rasa cemas, bersalah, dan tidak tenang

5 Alasan Merahasiakan Sesuatu dari Pasangan Adalah Awal KehancuranUnsplash/kevin laminto

Tentunya kamu sudah paham dari orang yang sudah kamu temui bagaimana ekspresi wajah ketika sedang menyimpan rahasia. Jika kamu sering menyimpan rahasia, ekspresi wajah kamu bahkan gestur tubuhmu juga akan kelihatan dari pasanganmu. Akhirnya kamu tiba-tiba memberi jarak kepada pasanganmu tanpa alasan.

Kemungkinan akan berdampak pada menurunnya keintiman dan kedekatan kamu dengannya karena ada perasaan tidak tenang. Hal ini bisa menggerogoti fondasi hubungan yang telah dibangun dengan susah payah.

2. Masalah menjadi lebih banyak

5 Alasan Merahasiakan Sesuatu dari Pasangan Adalah Awal Kehancuranpexels/David Garrison

Semakin banyak waktu yang berlalu, semakin sulit untuk terbuka. Biasanya ketika satu persoalan bisa dirahasiakan dengan baik, nantinya akan timbul persoalan lain yang bisa membuat kamu untuk menutup rapat lagi. Jika terus menunda untuk memberi tahu kepada dia, itu akan menjadi lebih besar perkara yang didapat.

3. Menyimpan rahasia sama dengan tidak jujur

5 Alasan Merahasiakan Sesuatu dari Pasangan Adalah Awal Kehancurantheaustralian.com.au

Kejujuran adalah hal penting dalam menjalin sebuah hubungan agar tetap awet. Tentunya kamu pun bisa membedakan antara privasi dan rahasia. Jika privasi, hal-hal yang tidak bisa membuat hubungan kamu hancur. Sementara rahasia jika tidak dibicarakan akan menjadi bom waktu.

Beberapa orang mungkin memilih untuk menyimpan rahasia karena ingin menyelamatkan sebuah hubungan. Hal ini jika dibicarakan akan membuat hubungan menjadi berakhir. Namun, sebelum semua terlambat usahakan jujur dari awal.

Baca Juga: Ini Lho Rahasianya Pernikahan Bahagia dan Suami Betah Di Rumah

4. Sulit mendapatkan kepercayaan jika terbongkar

5 Alasan Merahasiakan Sesuatu dari Pasangan Adalah Awal Kehancuranhancinema.net

Seahli apapun menyimpan rahasia, suatu saat nanti pasti akan terungkap dengan sendirinya. Apabila sudah terungkap, maka pasanganmu akan sulit mempercayaimu lagi. Akhirnya timbul rasa curiga darinya. Bisa dibayangkan seperti apa suatu hubungan yang di dalamnya ada rasa curiga dan tidak percaya lagi.

Biasanya hal seperti ini adalah kasus perselingkuhan dan masalah mengatur keuangan jika dalam rumah tangga. 

5. Pasanganmu merasa tidak berguna

5 Alasan Merahasiakan Sesuatu dari Pasangan Adalah Awal Kehancuranverywellmind.com

Semua rahasia kamu simpan, seolah-olah tidak terjadi apa-apa dan bisa menyelesaikannya. Jika ini dibiarkan, pasanganmu akan merasa menjadi seorang pendamping yang tidak berguna kalau dia tahu dengan sendiri. Terlebih lagi kalau kamu mempunyai penyakit, terutama berkaitan dengan mental. 

Nah, itu tadi ada 5 alasan mengapa merahasiakan sesuatu dari pasangan sangat tidak baik. Meski nanti ada suatu rahasia yang apabila jujur bisa mengakhiri hubungan, seperti selingkuh.

Baca Juga: 5 Perbedaan Nyata Hubungan yang Sehat vs Hubungan Beracun

Dyan Yudhistira Photo Community Writer Dyan Yudhistira

Terima kasih sudah mau membaca. Semoga kalian bahagia. Aamiin..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You