Comscore Tracker

Yuk, Beraksi! Lakukan 5 Hal Ini saat Temanmu Berniat Bunuh Diri

Tidak hanya artis yang pernah berpikir untuk bunuh diri

Menghebohkan dunia hiburan Korea, Sulli eks member f(x) meninggal dunia karena bunuh diri di apartemennya pada 14 Oktober 2019. Sebelum berita mengenai kematiannya menyebar, Sulli dikabarkan sempat mengalami depresi. Padahal, perempuan anggun ini selalu menebar senyum dan sempat jadi cameo di drama Hotel Del Luna.

Tidak hanya artis saja yang memiliki pikiran untuk mengakhiri hidup. Orang biasa juga banyak yang pernah berpikir untuk bunuh diri dan bisa jadi salah satunya adalah temanmu. Jika kamu memiliki teman yang pernah mengutarakan niat untuk bunuh diri, lekas lakukan lima hal ini, ya.

1. Jangan menjadi hakim di hadapan temanmu

Yuk, Beraksi! Lakukan 5 Hal Ini saat Temanmu Berniat Bunuh Diriinstagram.com/jelly_jilli

Mereka yang memiliki niatan untuk bunuh diri, tidak butuh yang namanya dihakimi. Jika kamu datang kepadanya kemudian mengutarakan kalimat seperti, "Kamu kurang ibadah," atau, "Kamu kurang bersyukur," ini hanya akan menambah bebannya.

Coba ganti kalimatmu dengan, "Kamu istimewa," atau, "Aku tahu kamu pasti bisa!" yang akan terdengar lebih menyenangkan untuk temanmu. 

2. Temanmu butuh didampingi dan didengarkan

Yuk, Beraksi! Lakukan 5 Hal Ini saat Temanmu Berniat Bunuh Diriinstagram.com/jelly_jilli

Sebaik-baiknya teman untuk seseorang yang punya keinginan atau riwayat bunuh diri adalah menjadi pendengar yang baik. Orang yang berniat untuk bunuh diri biasanya mengalami depresi. Sayangnya, ia jarang didampingi oleh teman yang mau diajak untuk berbagi cerita.

Yuk, peluk temanmu dan dengarkan apa yang ia rasakan tanpa menyela. Semoga saja dengan cara ini bebannya bisa berkurang.

Baca Juga: 7 Faktor Risiko yang Mendorong Bunuh Diri, Cobalah Pahami dan Kenali

3. Menawarkan untuk bertemu seorang psikolog

Yuk, Beraksi! Lakukan 5 Hal Ini saat Temanmu Berniat Bunuh Diriinstagram.com/jelly_jilli

Ajak dan dukung temanmu untuk bertemu dengan psikolog. Katakan padanya bahwa ia bisa melakukan konseling dan mendapatkan saran yang lebih baik dari seseorang yang lebih mampu di bidangnya. Sesekali, temani ia melakukan terapi. Dengan begitu, ia merasa tidak sendiri.

4. Always keep in touch!

Yuk, Beraksi! Lakukan 5 Hal Ini saat Temanmu Berniat Bunuh Diriinstagram.com/jelly_jilli

Jika kamu sedang tidak bisa menemaninya secara langsung, usahakan untuk selalu menghubunginya melalui chat ataupun telepon. Tanyakan bagaimana keadaannya sampai ke hal sepele, seperti jadwal makannya. Membuat temanmu merasa diperhatikan pasti akan menjadikannya lebih berarti.

5. Beri dukungan untuk memulai hari baru

Yuk, Beraksi! Lakukan 5 Hal Ini saat Temanmu Berniat Bunuh Diriinstagram.com/jelly_jilli

Tidak mudah dan pasti membutuhkan waktu yang tidak sebentar bagi kamu untuk bisa mendampingi teman yang berniat bunuh diri. Namun, jangan lupakan bahwa temanmu pun perlu bangkit. Sesekali, ajak bicara mengenai masa depan, tentang ketertarikan, dan tentang renjananya (passion). Bagaimana pun, temanmu wajib bisa mandiri.

Kita belajar dari Sulli bahwa seseorang yang selalu memamerkan senyumnya tidak menjadi jaminan bahwa hidupnya baik-baik saja. Ya, depresi hingga akhirnya bunuh diri bisa terjadi pada siapa saja. Yuk, lebih waspada dan peduli kepada sekelilingmu!  

Baca Juga: Stop Nyinyir & Bully! Ini Tanda-tanda Orang Mau Bunuh Diri

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Hai, mari kunjungi saya di instagram.com/dyarayu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya