Comscore Tracker

6 Peraturan Pernikahan saat Pandemik Ini Perlu Diketahui Calon Manten

Meski serba terbatas, khidmat akan tetap terasa

Pernikahan adalah sebuah hal baik yang jika sudah menemukan jodohnya, baiknya memang disegerakan. Sayangnya, adanya corona mesti mengubah segalanya, termasuk rencana-rencana yang semula sudah dipersiapkan dengan indahnya. Berikut ini adalah peraturan yang penting diketahui calon manten tentang pernikahan pandemik corona. Tenang, tetap bisa khidmat kok!

1. Meski ingin semua hadir, pernikahan di masa corona tak boleh undang banyak tamu

6 Peraturan Pernikahan saat Pandemik Ini Perlu Diketahui Calon Mantenunsplash.com/Samantha Gades

Namanya juga momen bahagia, rasanya ingin mengundang banyak orang untuk turut hadir dan merasakan kebahagiaannya. Walau begitu, hasrat satu ini perlu ditahan. Seperti yang kamu ketahui bahwa untuk menekan lonjakan persebaran corona, semua orang baiknya di rumah saja dan tidak membentuk perkumpulan.

Jika ingin mengumumkan kabar gembira, masih ada banyak cara kok. Salah satunya adalah dengan menggunakan media sosial. Silkan posting foto selepas akad dengan menambahkan caption yang mengatakan bahwa kamu dan pasangan sudah sah sebagai suami dan istri. Lagipula, teman-teman pasti akan mengerti dengan keadaan, kok.

2. Ingat untuk tetap jaga jarak dan tidak ada anak-anak selama perayaan

6 Peraturan Pernikahan saat Pandemik Ini Perlu Diketahui Calon Mantenunsplash.com/ Nick Fewings

Tujuan diadakannya perayaan pernikahan tidak hanya untuk mengabarkan perihal berita gembira, tapi menjadi bentuk syukur atas terlaksananya agenda hebat. Sayangnya, karena ada pandemik corona, perayaan tidak bisa dilakukan dengan besar-besaran. Peraturan pernikahan pandemik corona yang perlu diingat adalah untuk menjaga jarak.

Tata kursi tamu sedemikian rupa supaya mereka tetap bisa berbincang walau tidak saling berdekatan. Jangan lupa, sebisa mungkin jangan libatkan anak-anak dan lansia dalam perayaan pernikahan. Sebab, anak-anak dan lansia lebih rentan terpapar virus. Peraturan pernikahan pandemik corona ini wajib kamu ingat benar, ya!

Baca Juga: 5 Tip Keluar Rumah Bebas Waswas saat New Normal, Hadapi Pandemik

3. Hindari memilih venue yang tertutup nan sempit  

6 Peraturan Pernikahan saat Pandemik Ini Perlu Diketahui Calon Mantenunsplash.com/Samantha Gades

Kamu dan pasangan sebelumnya pasti sudah punya rencana, di mana pernikahan kalian akan digelar. Hotel berbintang hingga di rumah saja, salah satunya menjadi pilihan kalian sebelum corona datang. Sayangnya, kamu dan pasangan perlu pikir-pikir lagi nih, kalau memang berencana menggelar pernikahan di dalam ruangan.

Di masa seperti ini, tempat pernikahan yang baik justru diadakan di ruang terbuka, lebar, dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Selain itu, pastikan orang yang hadir tidak lebih dari setengah kapasitas ruangan.

4. Sebisa mungkin untuk tidak memilih katering dengan konsep prasmanan

6 Peraturan Pernikahan saat Pandemik Ini Perlu Diketahui Calon Mantenunsplash.com/Samantha Gades

Yang ditakutkan dari pernikahan yang mengundang banyak orang adalah jika salah satunya ada yang terkena COVID-19 dan menyebabkan penularan ke lebih banyak orang. Upaya agar tidak adanya penularan bukan hanya dengan pemakaian masker dan jaga jarak, tapi meminimalisir orang-orang memegang banyak benda yang sama.

Bayangkan jika dalam pernikahanmu nanti menggunakan katering dengan model prasmanan, orang-orang akan memegang sendok, mangkuk, piring, dan alat makan lain secara bersamaan. Ini memungkinkan penularan lebih besar, ‘kan? Saran, gunakan katering dengan konsep piring terbang dan pastikan menggunakan vendor katering yang memastikan tenaga kerjanya semua sehat.

5. Ingat untuk tidak banyak bersentuhan dengan orang lain

6 Peraturan Pernikahan saat Pandemik Ini Perlu Diketahui Calon Mantenunsplash.com/BRUNO EMMANUELLE

Kita tidak pernah tahu siapa yang membawa virus ini, bisa dari tamu, teman, keluarga, atau bahkan diri sendiri. Setiap orang bisa menjadi pembawa, makanya perlu ada kesadaran untuk tidak banyak melakukan sentuhan dengan orang lain karena dengan ini, bisa menjadi jembatan virus untuk saling menulari.

Tidak masalah jika nanti kamu harus menolak bersalaman atau cium pipi, karena lebih baik mencegah daripada mengobati ‘kan? Ini juga perlu diingat saat berfoto, tetap jaga jarak dan baiknya bergantian sehingga tidak membentuk perkumpulan.

6. Tanpa mengurangi rasa hormat pada tamu yang hadir, protokol kesehatan tetap perlu ada

6 Peraturan Pernikahan saat Pandemik Ini Perlu Diketahui Calon Mantenunsplash.com/Elisabeth Arnold

Mulai dari penggunaan masker atau face shield, pengukuran suhu badan, hingga sering-sering cuci tangan jangan sampai ditinggalkan sekalipun pada acara seformal pernikahan. Protokol kesehatan penting untuk semua orang yang hadir karena ini upaya saling jaga. Tamu yang paham bahayanya virus pasti tidak akan keberatan untuk melakukan hal-hal tersebut.

Memang banyak peraturan pernikahan pandemi corona di atas yang perlu dilakukan. Namun, ini semata-mata demi kebaikan bersama dan acara yang bahagia tidak berakhir buruk. Semoga, pandemik ini bisa segera hilang dan kehidupan bisa berjalan selaiknya sedia kala.

Baca Juga: 7 Keahlian yang Wajib Dimiliki Sebelum Menikah

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Hai, mari kunjungi saya di instagram.com/dyarayu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya