Comscore Tracker

5 Tips Menghadapi Teman yang Tiba-tiba Menjaga Jarak dari Kamu

Jangan buru-buru emosi dan gelisah

Punya sahabat yang bisa diajak sharing dan selalu bersama memang hal yang indah dan membahagiakan. Tapi, kok tiba-tiba sikapnya jadi berubah ya, dia jadi lebih pendiam bahkan terkesan menjauh. Jangan-jangan ada yang salah dalam diri kamu atau jangan-jangan dia mulai merasa risih bersahabat dengan kamu.

Kamu pasti bingung apa yang harus kamu lakukan. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi teman yang mulai menjauh.

1. Tetap berpikir positif

5 Tips Menghadapi Teman yang Tiba-tiba Menjaga Jarak dari KamuUnsplash.com/Broke Cagle

Ketika kamu sadar bahwa temanmu mulai menjaga jarak, jangan langsung berpikir yang tidak-tidak. Coba pikirkan kemungkinan yang positif misalnya dia sedang sibuk sehingga tidak punya waktu untuk mengobrol dengan kamu. Jangan pikirkan hal-hal yang negatif karena itu hanya akan membuat kamu jadi tidak tenang.

2. Beri dia waktu sendiri

5 Tips Menghadapi Teman yang Tiba-tiba Menjaga Jarak dari KamuUnsplash.com/Slava Bowman

Terkadang seseorang memang butuh ruang sendiri dan jadi lebih sedikit bicara untuk mendapat ketenangan. Kalau temanmu tiba-tiba menjauh. Biarkan dulu selama beberapa saat, bisa jadi dirinya memang sedang membutuhkan ketenangan. Kalau moodnya sudah pulih, dijamin dia akan jadi bawel seperti biasanya.

Baca Juga: 6 Perilaku Ini Bisa Jadi Indikasi Temanmu Mengalami Mental Disorder

3. Tanyakan secara baik-baik

5 Tips Menghadapi Teman yang Tiba-tiba Menjaga Jarak dari KamuUnsplash.com/Andrea Tummons

Bertanya kenapa dia tiba-tiba berubah dan terkesan menjaga jarak kadang perlu dilakukan. Penting untuk kamu ketahui, kamu harus bertanya dengan hati-hati dan jangan langsung menohok atau menuduh yang tidak-tidak. Bisa saja penyebab tiba-tiba dirinya berubah adalah masalah keluarga, tapi kamu juga harus siap saat dia mengatakan bahwa masalahnya ada pada diri kamu.

4. Kamu harus sadar bahwa kamu tidak bisa mengendalikan dirinya

5 Tips Menghadapi Teman yang Tiba-tiba Menjaga Jarak dari KamuPexels/Ba Phi

Kamu mungkin sudah bersahabat dengannya dalam waktu yang lama. Tapi itu bukan berarti kamu bisa mengendalikannya dan ikut campur dalam urusannya. Kalau temanmu memang sudah merasa tidak nyaman denganmu, kamu tidak perlu marah atau memaksanya menjelaskan alasannya. Kamu harus tahu, dia punya hak untuk berteman dengan siapapun yang dia mau.

5. Mencari teman baru

5 Tips Menghadapi Teman yang Tiba-tiba Menjaga Jarak dari Kamuunsplash.com/Helena Lopes

Walaupun rasanya sedih, bingung, dan kecewa. Tapi kamu juga tidak boleh berlarut-larut. Kamu juga makhluk sosial yang perlu berteman, maka segera cari teman baru. Tidak lagi berteman dengan sahabatmu bukan berarti lantas kamu tidak bisa memiliki teman. Kamu bisa menciptakan lingkungan pergaulan seluas mungkin dan menemukan sahabat yang benar-benar cocok denganmu.

Dijauhi sahabat pasti rasanya sedih dan membingungkan. Tapi kamu tetap harus berpikir positif dan melakukan sesuatu. Semoga 5 tips di atas bisa berguna mengatasi perasaan dilema saat sahabat mulai menjauh.

Baca Juga: Meski Terasa Nyaman, 5 Tanda Ini Tunjukkan Bahwa Temanmu Merugikan!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya