Comscore Tracker

Menyakitkan, Ini 5 Alasan Mutlak Kamu Tidak Boleh Ghosting

Ghosting adalah cara paling jahat untuk mengakhiri hubungan

Saat ini, ghosting seperti menjadi cara baru untuk mengakhiri hubungan. Tidak ada pembicaraan putus, tangisan, dan perdebatan sehingga kadang ghosting dianggap sebagai cara mengakhiri hubungan tanpa drama. Padahal, sebaliknya, ghosting adalah cara paling buruk dalam mengakhiri hubungan.

Baik hubungan pacaran maupun PDKT, siapa pun tidak berhak melakukan ghosting. Sebab, ghosting bukan hanya perilaku yang menyebalkan tapi juga bisa berdampak serius pada kehidupan orang lain.

Kalau selama ini kamu sering melakukan ghosting atau sedang terpikirkan untuk ghosting, yuk, baca baik-baik inilah beberapa alasan kenapa kamu tidak boleh melakukan ghosting.

1. Ghosting hanya akan merusak kepercayaan

Menyakitkan, Ini 5 Alasan Mutlak Kamu Tidak Boleh Ghostingpexels.com/Rafael Barros
Ghosting akan membuat orang lain mengira kamu menyembunyikan sesuatu. Ditambah, membuat orang lain kebingungan akibat ghosting sebenarnya hanya akan merusak reputasimu sendiri dan membuat kamu sulit mendapatkan kepercayaan dari orang lain.
 
Tak hanya itu, kadang dengan melakukan ghosting, ini akan membuat orang yang telah menjadi korban ghosting-mu jadi sulit mempercayai orang lain lagi.

2. Lebih baik terang-terangan jika ingin mengakhiri suatu hubungan

Menyakitkan, Ini 5 Alasan Mutlak Kamu Tidak Boleh Ghostingunsplash.com/Christin Hume
Perilaku tiba-tiba menghilang adalah hal yang buruk. Jadi, jangan perlakukan orang lain seperti itu. Kalau kamu tidak memiliki minat untuk melanjutkan hubungan dengan orang tersebut, katakan saja dengan terus terang. Jika nantinya dia terus berusaha menghubungimu, kamu boleh mengabaikannya. 
 
Walaupun menyakitkan, hal ini jauh lebih baik daripada melakukan ghosting. Sebab, jika kamu melakukan ghosting secara tiba-tiba, ini bisa membuat orang lain merasa digantungkan dan bingung.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Menghadapi Gebetan yang Hobi Ghosting  

3. Jika kamu punya masalah, seharusnya kamu membicarakannya baik-baik

Menyakitkan, Ini 5 Alasan Mutlak Kamu Tidak Boleh Ghostingpexels.com/Jack Sparrow

Jika ada hal yang membuatmu tidak senang dalam hubungan, bicarakan saja. Sebenarnya, banyak hal dapat diselesaikan dengan komunikasi yang baik. Namun, jika ghosting seseorang, kamu sudah melewatkan kesempatan untuk memperbaikinya. Ini semacam langkah buruk dalam menyia-nyiakan suatu hubungan hanya karena kamu memiliki sedikit masalah.

4. Ghosting menunjukkan kamu tidak memiliki rasa hormat

Menyakitkan, Ini 5 Alasan Mutlak Kamu Tidak Boleh Ghostingunsplash.com/Tina Markova
Jika kamu ghosting orang yang awalnya kamu beri perhatian, ini menunjukkan dengan jelas bahwa kamu tidak memiliki rasa hormat atau empati. Kamu jelas-jelas membuat orang lain merasa digantung dan kebingungan. Kamu pun sama sekali tidak boleh melakukannya, apa pun alasannya.
 
Terlebih, orang lain memiliki kehidupan pribadi. Melakukan ghosting akan membuat orang lain menghabiskan berminggu-minggu atau berbulan-bulan menunggu permintaan maaf dan penjelasan dari dirimu. Ya, korban ghosting akan bertanya-tanya apa yang terjadi atau apakah kamu akan kembali. Ia mencoba untuk bersabar dan pengertian. Sayangnya, pelaku ghosting biasanya tidak peduli akan hal itu.

5. Setiap orang berhak mendapatkan penjelasan

Menyakitkan, Ini 5 Alasan Mutlak Kamu Tidak Boleh Ghostingpexels.com/Polina Zimmerman
Tak peduli betapa buruknya suatu hubungan tersebut berjalan, setiap orang berhak mendapatkan alasan mengapa kamu ingin mengakhirinya. Entah karena kamu jatuh cinta pada orang lain atau tidak memiliki ketertarikan lagi pada orang tersebut, ia berhak mendapatkan penjelasan. Dengan menghilang secara tiba-tiba, kamu sudah menyita waktu orang itu dengan membuatnya merasa bingung, bersalah, hingga overthinking.
 
Sekarang, kamu sudah tahu kan kalau kebiasaan ghosting yang kamu anggap iseng atau hanya karena rasa bosan semata ternyata bisa merusak segalanya. Jadi, apa pun alasannya, jangan pernah ghosting, ya. Lagi pula, kamu sendiri pasti gak mau menjadi korban ghosting, kan?

Baca Juga: Biar Gak Tertekan, Ini 5 Tips Lepas dari Pasangan yang Suka Ghosting

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya